Saturday, December 17, 2016

16 Manfaat daun kemangi dan kandungan nutrisinya

Advertisement
Apakah anda tahu apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan? jika belum mari simak ulasan berikut ini. Kemangi merupakan tumbuhan kecil yang daunnya bisa dimakan untuk lalap. Kemangi memiliki nama latin Ocimun Bacillicum yang memiliki arti tumbuhan beraroma. Hal ini menuju pada aroma yang khas yang keluar dari daun kemangi. Daun kemangi memiliki aroma limau dan juga aroma yang kuat tetapi lembut. Daun kemangi juga biasa digunakan sebagai bumbu untuk pepes. Daun kemangi yang biasanya disajikan bersamaan dengan kubis dan juga irisan mentimun serta sambal untuk dimakan bersama ayam goreng, ikan goreng, atau yang lainnya.

Manfaat daun kemangi
image by wikimedia.org

Kemangi merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk ditanam dengan berbagai kontur tanah di Indonesia, dan juga bisa ditanam di lokasi dengan cuaca yang panas. Dengan perbedaan iklim dalam suatu daerah tidak akan membuat tanaman kemangi mati dan juga tidak akan menghambat  pertumbuhan kemangi. Walaupun penampilan daun kemangi berbeda.

Untuk daun kemangi yang ditanam pada daerah dengan suhu dingin, bentuk dari daunnya akan lebih berwarna hijau dan juga lebih lebar. Sedangkan untuk kemangi yang ditanam pada daerah panas, bentuk daunnya akan lebih kecil dan juga lebih tipis, serta warnanya hijau pucat. Untuk menanam daun kemangi, tidak memerlukan waktu lama, hanya memerlukan waktu kurang lebih 50 hari dari mulai ditanam hingga masa panen.

Pada umumnya, cara memetik daun kemangi tidak beda jauh dengan cara memetik daun teh, yaitu dengan diambil pucuknya. Hal ini ditujukan, dengan memetik daun maka akan merangsang tumbuhnya cabang - cabang baru yang membuat semakin banyaknya tunas - tunas baru yang muncul.

Kandungan Gizi daun Kemangi

Daun kemangi mengandung beta karotin yang membantu fungsi penglihatan, meningkatkan antibodi dan sebagai antioksidan. Kemangi juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membentuk kolagen, menyembuhkan luka dan infeksi, membantu dalam menyerap besi dan kalsium.

Yang membuat manfaat daun kemangi sangat banyak ialah kandungan senyawa dan nutrisi penting yang ada di dalamnya. Selain menagndung vitamin dan mineral kemangi juga mengandung non gizi, yaitu berupa senyawa eugenol dan flavonoid, anetol, boron, arginine, dan juga minyak atsiri.  Senyawa eugenol dan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, mencegah radikal bebas, anti kanker, dan juga menetralkan kolesterol. Selain itu juga bersifat antimikroba yang dapat mencegah masuknya virus, bakteri, ataupun jamur ke dalam tubuh.

Minyak atsiri dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan mikroba yang menyebabkan penyakit. Anetol dan boron dapat digunakan untuk merangsang kerja dari hormon androgen dan estrogen, serta mencegah tulang keropos. Arginine dapat mencegah kemandulan.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kemangi juga bisa memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut merupakan beberapa contoh manfaat daun kemangi untuk kesehatan:

1. Mengobati Demam

Daun kemangi mengandung minyak penyembuhan dan juga fitonutrien. Sehingga daun kemangi efektif untuk digunakan mengobati demam berdarah dan juga malaria. Caranya cukup mudah, yakni dengan merebus daun kemangi yang sudah dihaluskan dan juga tambahkan teh. Untuk demam tinggi anda bisa meminum rebusan daun kemangi yang ditambah dengan susu, gula, dan dicampur dengan bubuk kepulaga ditambah air ½ liter.

2. Mengobati Batuk Pilek

Daun kemangi dapat dijadikan obat pilek dan juga batuk dengan cara menjadikan daun kemangi sebagai teh atau sebagai lalap.

3. Antiseptik Alami

Daun kemangi mempunyai sifat penyembuh yang sangat baik dan cepat terhadap infeksi dan juga luka. Dengan sifat antiseptik nya tersebut, daun kemangi dimanfaatkan untuk mengobati segala macam luka dan juga infeksi, seperti pada cacar air.

2. Melancarkan ASI

Untuk anda ibu menyusui, anda bisa mengonsumsi daun kemangi dengan cara menjadikannya lalap. Hal ini dipercaya dapat melancarkan ASI.

3. Mengatasi Stress

Daun kemangi dipercaya sebagai obat anti stres. Dengan mengonsumsi daun kemangi untuk lalap, dipercaya dapat mencegah stres dan juga dapat mempertajam pikiran.

4. Mengobati Sakit Kepala

Daun kemangi dipercaya dapat mengobati sakit kepala. Caranya yaitu dengan menggunakan 1 sendok makan daun kemangi kering dan 2 cangkir air mendidih di panci besar atau wadah besar. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan hirup uap selama 10 hingga 15 menit sampai sakit kepala mulai mereda.

5. Menunda Menopause

Kandungan zat tiptofan pada kemangi berfungsi sebagai penunda menopause.

6. Mengobati Gigitan Serangga

Daun kemangi dapat anda gunakan untuk mengobati gigitan serangga, dengan cara menghaluskan daun kemangi kemudian mengaplikasikan ke daerah yang terkena gigitan serangga. dengan cara tersebut diketahui  dapat mengeluarkan racun.

7. Mengatasi Stroke

Manfaat daun kemangi yang mengagumkan yaitu datang dari Kandungan isoflavon di dalamnya dimana senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pasien stroke.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Ternyata kemangi juga bisa digunakan untuk pasta gigi dan berfungsi sebagai pencegah bau mulut, menyehatkan gigi, dan juga dapat membuat gusi rileks. Caranya yakni dengan menjemur kering daun kemangi, kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk dan digunakan sebagai pasta gigi. Selain menggunakan cara teresebut memanfaatkan daun kemangi sebagai lalapan juga bisa membantu anda mendapatkan nafas segar yang terbebas dari kuman

9. Sakit Tenggorokan

Anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai teh atau berkumur, hal ini berfungsi untuk membantu dalam mengobati sakit tenggorokan.

10. Gangguan Mata

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan mata di dapat dari kandungan vitamin A, dan daun kemangi dipercaya dapat membantu dalam mengobati infeksi pada mata, meredakan mata stres, dan juga dapat mencegah gangguan mata yang lainnya. Caranya cukup mudah, anda bisa menggunakan jus daun kemangi yang di tetes ke mata setiap hari sebelum tidur.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Kemangi mengandung beta karotin dan magnesium yang merupakan mineral penting dan berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

12. Meningkatkan Sistem Imun

Beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi daun kemangi sebagai lalap maka akan membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh karena kandungan senyawa kimianya dan juga dapat berfungsi melawan penyakit maupun infeksi pada tubuh.

13. Mencegah Jerawat

Daun kemangi juga dipercaya untuk mengatasi jerawat dan juga dapat digunakan untuk penyembuhan jerawat secara cepat. minyak daun kemangi segar terbukti dapat membantu menyumbat pori - pori wajah yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

14. Mencegah Komedo

Daun kemangi selain berfungsi untuk mencegah jerawat, juga berfungsi sebagai pencegah komedo. Caranya cukup mudah letakkan daun kemangi muda pada setiap bagian sisi hidung selama 5 menit, dan kemudian lepas dan cuci bersih wajah anda.

15. Mencegah Rambut Rontok 

Rambut rontok memang sudah menjadi masalah setiap orang. Rambut rontok biasanya disebabkan karena  kulit kepala gatal. Anda bisa menggunakan pasta daun kemangi yang ditambah dengan minyak rambut kemudian diterapkan pada kulit kepala. Hal ini akan membantu mengurangi rasa gatal, menjaga kulit kepala tetap dingin, dan juga dapat membantu pertumbuhan rambut.

16. Mencegah Uban Rambut

Untuk mencegah rambut beruban, anda bisa menggunakan ramuan daun kemangi kering yang sudah dijadikan bubuk, kemudian campurkan dengan bubuk amla, masukkan dalam air semalaman. Kemudian keesokan harinya anda bisa mencuci rambut anda menggunakan ramuan tersebut.

Efek Samping daun Kemangi

Meskipun kemangi dipercaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, kecantikan, kesehatan rambut, dan yang lainnya, namun juga tidak dianjurkan mengonsumsi kemangi dalam jumlah yang berlebih. Hal ini dikarenakan, dalam kemangi juga mengandung zat lain yaitu karsinogen yang berpotensi menimbulkan kanker. Jika anda tidak membersihkan kemangi sebelum dikonsumsi, maka akan membuat zat - zat kimia masuk kedalam tubuh. Olah sebab itu, sebelum mengonsumsi kemangi sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu menggunakan air mengalir, agar zat - zat kimia yang ada bisa hilang.

Semoga informasi mengenai manfaat daun kemangi ini dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.
loading...