7 Top Manfaat kunyit yang mengagumkan

Advertisement
Manfaat kunyit sangat luar biasa salah satunya sebagai agen anti-kanker dan tumor. Kunyit atau yang lebih dikenal dengan curcuma domestica/ curcuma longa adalah tanaman herba yang berupa semak dan masih satu famili dengan jahe. Tanaman ini sifatnya tahunan dan dapat tumbuh bahkan sudah tersebar di daerah tropis. Tanaman kunyit ini biasanya tumbuh bercabang. Tinggi mencapai 40 hingga 100 cm dengan bentuk batang semu, tegak, bulat. Lebih dari itu, batangnya juga membentuk rimpang dengan warna kekuning- kuningan. Daunnya tunggal dan bertangkai, bagian tepinya rata, bertulang menyirip, panjang daun sekitar 20-40 cm dan lebarnya sekitar 15-30 cm.

Manfaat kunyit
image by pixabay.com

Sebagai tanaman rimpang, bagian utama kunyit adalah rimpangnya dan di rimpang itu pula tunas dapat tumbuh. Bentuk induk rimpang adalah bulat panjang, kemudian induk ini membentuk cabang lagi yang bentuknya seperti jari. Kunyit ini beragam jenisnya, namun yang paling banyak di temukan di Indonesia adalah jenis curcuma domestica. Penyebutan nama kunyit juga beragam di setiap daerahnya.

Tanaman rimpang ini memiliki banyak manfaat yang sudah tidak diragukan lagi, bahkan sudah dipercaya sejak nenek moyang. Karena manfaat kunyit tersebutlah, banyak minuman yang menjadikan kunyit ini sebagai salah satu komposisinya. Dunia kedokteran yang semakin maju juga tidak dapat menghilangkan kunyit ini di tengah masyarakat. Banyak di antara mereka yang masih lebih memilih minum jamu kunyit sebagai obat tradisional.

Kandungan senyawa aktif kunyit


Ada banyak senyawa yang terkandung dalam tanaman rimpang kunyit ini dan senyawa utamanya adalah kurkuminoid dan minyak atsiri. Kandungan kurkuminoid sekitar 3 - 5 %, sementara minyak atsiri sekitar 2,5 – 6 %. Senyawa kurkuminoid yang menjadikan warna kunyit berwarna kuning, jingga hingga warna jingga kuat. Selain dua senyawa utama yang telah disebutkan, senyawa lain yang terkandung di dalam kunyit yaitu resin, pati, lemak, kalsium, fosfor, protein, zat besi dan gom.

Apa saja manfaat kunyit?
Setelah mengetahui kandungan yang terdapat di dalam kunyit, berikut beberapa manfaat kunyit yang bisa anda ketahui.

1. Sebagai obat tradisional


Masyarakat Indonesia khususnya masih sering menggunakan kunyit sebagai jamu sebagai obat tradisional. Kandungan kurkumin dan minyak atsiri yang memang bisa menjadi obat untuk berbagai jenis penyakit. Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan di negara- negara lain juga masih memanfaatkan kunyit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan kunyit antara lain, gatal- gatal, penyakit hati, sembelit, diare, mengurangi rasa nyeri, dll.

Karena salah satu fungsi kunyit adalah mengurangi rasa nyeri, maka banyak para wanita Indonesia yang minum jamu kunyit ketika sedang datang bulan/ menstruasi. Hal ini dikarenakan, dengan minum jamu tersebut rasa nyeri ketika menstruasi akan berkurang. Bahkan saat ini juga sudah banyak produk minuman instan untuk meredakan nyeri menstruasi yang di dalamnya pasti ada kandungan kunyit sebagai bahan dasarnya.

2. Sebagai Antioksidan 

Kunyit ini juga berfungsi sebagai antioksidan, maksudnya ialah mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan senyawa kurkumin sebagai senyawa utama merupakan antioksidan tinggi. Bahkan, vitamin E sebagai antioksidan masih kalah dengan senyawa kurkumin di kunyit. Kurkumin ini dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke tubuh karena struktur kimia yang dimilikinya. Tidak hanya itu, kurkumin ini juga dapat meningkatkan aktivitas enzim aktioksidan sehingga dapat membunuh dan juga memberi perlamawan terhadap radikal bebas yang merusak.


3. Sebagai Antikanker dan antitumor

Manfaat kunyit lainnya yaitu sebagai antikanker/ tumor. Senyawa kurkumin kunyit membantu tubuh dapat menghancurkan sel kanker sehingga sel tersebut tidak menyebar. Tidak hanya menghancurkan saja, senyawa tersebut juga dapat menghambat pertumbuhannya serta mengurangi rasa gatal, bau, dan luka dari kanker tersebut. Lebih dari itu, kurkumin ini juga dapat menghambat co-2 enzymes yang dapat mengobati kanker, inflamasi, dll.

4. Bahan kosmetik

Selain sebagai obat dari penyakit tertentu, kunyit juga memberikan sumbangsih besar pada dunia kosmetik. Kunyit yang sifatnya dingin, anti bakteri dan dapat menghilangkan bau tak sedap ini sering digunakan untuk perawatan kecantikan tradisional. Bahkan pada produk kecantikan tertentu, kunyit sudah dijadikan material dasarnya agar lebih praktis. Kunyit yang dihaluskan dan sudah dikeringkan biasanya dijadikan lulur. Produk lainnya yang menyertakan kunyit di dalamnya misalnya bedak, foundation, hand body lotion, dll.

Fungsi kunyit ini dapat menghilangkan noda jerawat, menjadikan kulit menjadi lebih halus, mengobati jerawat, mencegah terjadinya penuaan dini, melembabkan kulit yang kering, Membuat kulit menjadi lebih cerah, dapat mengurangi minyak yang berlebih pada kulit, kulit bisa lebih kencang dan awet muda, dan masih banyak lagi fungsi kunyit untuk kecantikan.

5. Pewarna alami 

Hal menarik lainnya manfat kunyit yaitu sebagai pewarna alami makanan dan industri tekstil. Jika pewarna makanan lainnya, terutama yang mengandung bahan kimia sangat membahayakan, hal ini tentu berbeda dengan kunyit. Kunyit sebagai pewarna alami sudah dipercaya secara turun temurun. Dalam industri tekstil kunyit bisa dijadikan pewarna wool, tikar, sutera, kertas, dll.

6. Bahan Pangan, bumbu dan rempah

Tentu anda sudah tidak heran lagi dengan kunyit karena mungkin tanaman yang satu ini sering ada di dapur. Masakan seperti kari, rendang, opor, nasi kuning tidak akan lepas dari kunyit ini. Kunyit ini banyak digunakan untuk memasak ikan dan daging sehingga bau amis dapat dihilangkan.Tidak hanya itu saja, rimpang kunyit yang mengandung pati (karbihidrat) juga dapat dijadikan bubur untuk makanan bayi umur 7-12 bulan. Di negara dan daerah tertentu juga sudah banyak memanfatkan untuk di jadikan makanan.

7. Pengawet makanan


Kunyit juga bisa dijadikan sebagai pengawet makanan alami dan tidak berbahaya. kunyit sebagai tanaman yang mengandung anti bakteri kuat bagus untuk bakteri positif maupun negatif. Dengan menggunakan kunyit sebagai pengawet, bakteri positif tidak akan rusak kandungannya sehingga tetap bermanfaat. Penggunaan bumbu kunyit pada makanan menjadikan makanan tersebut tidak cepat membusuk akibat bakteri makanan yang mencemar. Selain rasa makanan yang enak, harum, makanan tersebut juga bisa tahan lama.

Ramuan Kunyit untuk pengobatan

Untuk pengobatan demam, gunakan 20 gram rimpang dan ½ gelas air hangat. Kemudian, kunyit tersebut diparut dengan ditambahkan air secukupnya. Aduklah hingga rata, kemudian peras dan letakkan di tempat tertentu. Air perasan tersebut dapat diminum sehari 2x secara teratur. Ramuan tersebut secara efektif dapat meredakan demam. Baca juga 10 manfaat jahe merah yang luar biasa

Ramuan lainnya untuk penyakit disentri. Siapkan 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya dan 2 gelas air putih. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan dua bahan tersebut dengan 2 gelas air putih. Kemudian, rebus hingga mendidih. Setelah dirasa cukup, kira- kira setelah air tersisa 1 gelas, saringlah rebusan itu ke dalam gelas. Minum air rebusan tersebut secara teratur hingga disentri sembuh.

Itulah beberapa manfaat kunyit serta ramuan kunyit untuk pengobatan penyakit. Ramuan tersebut bisa menjadi tambahan referensi untuk anda jika mungkin anda mengalami penyakit itu. Kunyit memang kaya manfaat dan sebagai obat alami yang khasiatnya sudah tidak diragukan lagi. Pencegahan, perawatan dan pengobatan suatu penyakit bisa dengan kunyit ini.

Share this