Saturday, December 24, 2016

9 Manfaat daun serai untuk pengobatan dan kecantikan

Advertisement
Serai merupakan sejenis tanaman yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan rumput-rumputan. Indonesia adalah salah satu negara yang mempopulerkannya selain Malaysia, Thailand, Vietnam, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Serai sangat popular untuk kebutuhan masakan serta pengobatan, tidak hanya itu bahkan sekarang serai juga digunakan sebagai bahan dasar untuk produk kecantikan. Untuk para wanita yang aktif berada di dapur, serai (sereh) sudah menjadi penyedap rasa yang sunat harus selalu ada. Untuk kasus serai sebagai penyedap rasa bagian serai yang biasanya digunakan adalah batangnya, akan tetapi bukan hanya batang bahkan hampir seluruh bagian dari serai bisa dimanfaatkan, baik itu batangnya bahkan juga daunnya. Selanjutnya akan dibahas mengenai satu bagian dari serai yang memiliki berbagai manfaat dan kegunaan yang menakjubkan, yaitu daun serai. 

manfaat daun serai
image by wikimedia.org

Berdasarkan penelitian, daun serai rupanya memiliki beberapa zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah zat anti-mikroba dan zat anti bakteri yang memiliki peran penting dalam pengobatan infeksi pada usus, lambung, saluran kandung kemih, dan lain-lain. Selain mengandung zat anti-mikroba dan zat anti bakteri, serai juga mengandung analgesik yang berfungsi untuk meredakan sakit kepala, nyeri sendi, dan nyeri otot. Masih banyak hal menakjubkan lainnya yang terkandung dalam serai yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kebutuhan hidup manusia, berikut beberapa manfaat daun serai:

Manfaat daun serai untuk pengobatan

Daun serai sering dijadikan sebagai salah satu bahan dasar dalam meracik ramuan obat-obatan demi menjaga kesehatan karena manfaatnya yang sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dari beberapa zat yang terkandung dalam daun serai seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

1. Obat bagi penderita diabetes

Siapa yang tahu jika daun serai ternyata bisa diracik hingga menyerupai bentuk teh, orang biasanya menyebutnya sebagai teh serai. Dari hasil riset, ditemukan jika kandungan yang terdapat dalam teh serai di anggap mampu untuk membersihkan pankreas (detoksifikasi pankreas) serta juga mampu untuk meningkatkan fungsinya. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan terhadap tingkat gula darah pada orang yang memiliki penyakit diabetes. Benar-benar hal yang menakjubkan.

2. Obat bagi penderita anemia

Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun serai adalah zat besi. Perlu diketahui jika ada beberapa anemia yang ternyata disebabkan oleh kekurangan zat besi, maka dari itu zat besi yang ada pada daun serai dianggap mampu untuk membantu mengatasi anemia, hal ini karena karena zat besi memiliki fungsi dalam proses sintesis hemoglobin, dimana protein yang ada pada sel darah merah berperan sebagai kurir yang membawa dan memperlancar oksigen ke seluruh tubuh.

3. Obat bagi penderita kanker

Penelitian membuktikan jika salah satu kandungan yang dimiliki oleh daun serai adalah citral, yaitu zat atau senyawa yang dianggap dapat membunuh dan melumpuhkan sel kanker yang diderita oleh seseorang, meski demikian citral akan tetap menjaga dan mempertahankan jaringan atau sel yang dianggap sehat bagi tubuh. Citral yang terkandung dalam daun serai (biasanya dijadikan sebagai teh serai) tidak dapat membunuh jaringan kanker secara permanen (menyembuhkan secara total), tetapi citral hanya berperan sebagai salah satu obat untuk membantu dalam penyembuhan penyakit kanker.

4. Obat bagi penderita tekanan darah tinggi

Serai juga merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk merangsang sirkulasi darah serta bisa juga untuk menurunkan hipertensi. Cara megkonsumsinya adalah dengan merebusnya terlebih dahulu atau menjadikannya sebagai teh.

5. Obat bagi penderita kolesterol

Zat lainnya yang terkandung dalam daun serai adalah zat anti kolesterol dan anti aterosklerosis, fungsi dari kedua zat ini adalah membantu proses untuk penurunan terhadap penyerapan kolesterol di usus, dan juga membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah.

Masih banyak sekali manfaat daun serai untuk manusia, diantaranya daun serai juga bisa dimanfaatkan menjadi penghilang angin (menyembuhkan rasa sakit akibat masuk angin), peningkat nafsu makan, sebagai obat pasca melahirkan, pereda kejang serta obat penurun panas.

Manfaat daun serai untuk kecantikan 

Tidak hanya untuk kesehatan, daun serai nyatanya memiliki fungsi spesial khususnya bagi para wanita salah satunya untuk membantu merawat dan menjaga kecantikan kita. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut beberapa manfaat daun serai untuk para wanita dan kecantikannya.


6. Meredakan rasa nyeri ketika haid

Selain bisa dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan penyakit-penyakit yang berbahaya, serai rupanya juga memiliki khasiat untuk meredakan rasa sakit yang hampir tiap bulan di landa oleh setiap wanita, yaitu rasa nyeri dan mual ketika datang bulan.

7. Memperindah kulit

Pemanfaatan serai sekarang ini sudah sampai ke bidang kosmetik (produk kecantikan). Kegiatan yang sangat disukai dan disenangi kaum hawa ini menjadikan serai sebagai salah satu elemen dalam pembuatan kosmetik berbahan alami. Kandungan dalam serai mampu memperindah kulit, memusnahkan jerawat serta juga memiliki fungsi sebagai penyegar wajah sehingga wajah tampak selalu segar.

8. Membantu menurunkan berat badan

Mengapa menurunkan berat badan dikatakan kebutuhan khusus bagi wanita, hal ini karena kaum hawalah yang sangat ketat dalam menjaga pola makan demi memiliki tubuh ideal yang memang menjadi dambaan setiap wanita, seorang wanita akan menjadi sangat sensitif saat berhubungan dengan timbangan berat badan. Namun tidak perlu khawatir, bahan dapur yang satu ini rupanya bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan secara alami, yaitu dengan meminumnya (bisa dijadikan teh serai). Teh serai bisa mencairkan lemak dengan membantu melancarkan BAB.

9. Memutihkan gigi

Gigi kuning dan memiliki plak menjadi masalah untuk banyak orang, beberapa penyebabnya adalah karena jarang menggosok gigi, minum kopi, dan merokok. Serai bisa menjadi andalan bagi anda yang mengalami beberapa hal tersebut, caranya adalah dengan menumbuk serai hingga halus kemudian tambahkan arang dan gosokkan ke bagian gigi.

Beberapa Tips Mengolah Serai

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengkonsumsi serai, seperti dengan menumbuk dan menghancurkannya agar menghasilkan aroma lemon, memasukkannya ke dalam sup, kari, saus, kaldu, memotong tipis-tipis untuk dimasukkan ke dalam salad, hingga mengubahnya menjadi teh. Untuk hasil yang lebih maksimal, serai sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk teh serai karena minyak esensial dan fitonutrien yang keluar dan terlepas saat serai direbus bersama teh dalam air yang mendidih memiliki banyak manfaat dan khasiat yang diperlukan tubuh.

Cara membuat teh serai yang simpel:

Bahan : serai 8 batang (lebih baik yang sudah tua), gula batu, dan teh tabur
Cara membuat : pertama, cuci serai hingga bersih, kemudian haluskan atau juga bisa dipotong dengan ukuran kecil-kecil, selanjutnya rebus dengan tiga sampai empat gelas air hingga mendidih, jangan lupa masukkan teh tabur dan gula batu. Biarkan satu sampai tiga menit, kemudian saring dan siap disajikan. Lebih cocok diminum saat cuaca dingin atau pada malam hari.
loading...