6 Manfaat memiliki berat badan ideal

Meskipun kebanyakan orang tahu bahwa mengontrol berat badan merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, tetapi masih banyak orang yang enggan dan tidak mempedulikannya. Hal ini terbukti dari masih banyaknya orang yang kurang memperhtikan faktor-faktor penyebab kenaikan berat badan termasuk kurangnya aktivitas fisik, mengkonsumsi makanan tinggi lemak dsb. Untuk membuat anda memahami manfaat memiliki berat badan ideal berikut ulasannya:
gambar cristiano ronaldo dengan berat badan ideal
image by wikimedia.org

1. Terhindari dari penyakit jantung: Salah satu alasan kenapa harus menjaga kestabilan berat badan adalah untuk mencegah penyakit jantung. Obesitas memang dapat menempatkan sesorang pada risiko tinggi mengalami penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dapat menghindarkan seseorang dari penyakit tekanan darah tinggi. Data menunjukkan bahwa penurunan berat badan antara 5 sampai 10 pon dapat membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

2. Lebih percaya diri: Semua orang baik itu pria maupaun wanita pasti menginginkan tubuh ideal. Karena selain lebih sehat memiliki berat badan ideal juga bisa membuat mereka lebih percaya diri dan berenergi. Belum lagi sekarang ini pria ataupun wanita lebih suka memiliki pasangan dengan tubuh ideal.

3. Mengurangi tekanan pada sendi. Sebuah studi di Arthritis & Rheumatism menemukan jika orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin mengalami osteoarthritis lutut, sedangkan setelah mereka kehilangan berat badan 10 pon akan mengurangi tekanan pada lutut sehingga akan meringankan osteoarthritis.

4. Mengurangi risiko diabetes: Data dari Diabetes Prevention Program yang dipimpin CDC menunjukkan bahwa penurunan berat badan sekitar 14 pon  dapat menurunkan risiko pengembangan diabetes tipe 2 sebesar 58 persen. Mengurangi berat badan juga bermanfaat menurunkan risiko beberapa penyakit lain termasuk kanker dan arthritis.

5. Mengurangi rematik: Hasil dari sebuah studi pada tahun 2010 lalu di University of Paris yang dipublikasikan dalam Annals of Rheumatic Disease mengindikasikan bahwa penurunan berat badan dapat mengurangi rasa sakit, dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan lemak merupakan jaringan aktif yang menciptakan dan melepaskan bahan kimia pro-inflamasi. Para penulis penelitian berjudul Effects of Exercise and Physical Activity on Knee Osteoarthritis mencatat bahwa olahraga yang berguna menurunkan berat badan dapat membantu mengelola dan mengurangi rasa sakit akibat gejala arthritis.

6. Mempermudah pernapasan: Rena Wing, PhD, profesor psikiatri dan perilaku manusia di Brown University Alpert Medical School dan direktur the Weight Control and Diabetes Research Center di Rumah Sakit Miriam di Providence, RI, mengatakan bahwa memiliki 10 persen berat badan berlebih dari berat tubuh seseorang telah terbukti mengarah pada sleep apnea (jeda nafas saat tidur yang terjadi ketika saluran nafas tertutup sehingga membuat udara terhalang mencapai paru-paru). Temuan dalam laporan dari American Heart Association juga mencatat bahwa mengurangi obesitas adalah cara utama untuk mencegah sleep apnea.

Tentunya selain di atas masih banyak lagi keuntungan memiliki berat badan ideal yang tidak bisa satu-persatu penulis ulas dalam artikel ini. Tetapi setidaknya beberapa poin di atas sudah cukup untuk membuat kita memahami pentingnya menjaga kestabilan berat badan. 

Share this

Kandungan nutrisi dan manfaat kacang pinto

Kacang pinto atau bisa juga disebut kacang berbintik adalah salah satu makanan yang sering dijumpai pada masakan di negara Meksiko. Kacang pinto secara ilmiah disebut vulgaris Phaseolus. Umumnya kacang pinto memiliki dasar warna krem, dengan bercak cokelat kemerahan. Saat direbus warna cokelat kemerahan ini akan hilang dan berubah menjadi pink. Kacang pinto bisa dijadikan camilan sehat pengganti kue manis karena sangat padat akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan protein nabati. Beberapa manfaat kacang pinto diantaranya:

image by public-domain-image.com, kacang pinto

1. Menurunkan kolesterol: Kacang adalah makanan sehat untuk jantung karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat juga dapat menghindarkan anda dari segala macam masalah pencernaan.

2. Sumber protein nabati: Mengimbangi sumber protein dari produk hewan ke protein nabati dapat menjadi cara yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan sumber protein nabati umumnya lebih rendah lemak sehingga tidak akan menimbulkan masalah kesehatan lain. Sekitar 1/2 cangkir kacang pinto menyediakan hingga 7 gram protein, jumlah yang sama seperti dalam 1 ons ayam, daging atau ikan.

3. Mengontrol berat badan: Kacang-kacangan adalah jenis karbohidrat kompleks sehingga akan dicerna secara bertahap oleh tubuh kita. Hal ini akan membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi kebiasaan ngemil. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tentunya akan terbantu dengan mengkonsumsi kacang pinto.

4. Tinggi serat: Salah satu nutrisi yang membuat manfaat kacang pinto mengesankan adalah serat. Seorang wanita dewasa harus mengkonsumsi setidaknya 21 sampai 25 gram serat setiap hari, sedangkan laki-laki harus mendapatkan antara 30 sampai 38 gram serat setiap hari. Serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan yang akan membuat buang air besar lebih teratur, sehingga dapat mencegah risiko sembelit. Mencukupi kebutuhan serat dari kacang pinto juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Dalam 1 cangkir kacang pinto rebus mengandung sekitar 15 gram serat.

5. Mencegah penyakit jantung: Kacang pinto dapat meningkatkan sistem kardiovaskular anda karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Kacang pinto membantu mencegah penyakit jantung karena mengandung tinggi asam folat, magnesium dan kalium. Magnesium bermanfaat meningkatkan aliran darah, oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sedangkan kalium adalah mineral yang diperlukan untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Folat membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah. Peningkatan kadar homosistein menjadi salah satu faktor peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Proses pengalengan dapat mengurangi beberapa nutrisi yang terdapat dalam kacang pinto. Kacang pinto kaleng mengalami penurunan tingkat zat besi, magnesium dan kalium. Mereka juga memiliki empat kali lebih sedikit tiamin dan riboflavin dibandingkan kacang pinto rebus. Selain itu, kacang pinto kaleng juga memiliki kandungan asam folat tujuh kali lebih sedikit dibandingkan kacang pinto rebus. Di sisi lain, kebanyakan produk yang sudah dikalengkan seperti kacang pinto juga mengandung natrium lebih tinggi. Natrium harus dikurangi bagi mereka yang memiliki risiko tinggi mengalami hipertensi, bahkan bagi anda yang sehat juga harus menjaga asupan natrium.

Share this

10 Manfaat kacang tanah dan kandungan nutrisinya

Kacang tanah adalah salah satu dari jenis kacang-kacangan yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Kacang tanah cukup populer dan sering dikreasikan menjadi berbagai bentuk makanan khas. Sayangnya reputasi kacang tanah tidak begitu baik karena terdapat berbagai macam anggapan yang menyebutkan jika kacang tanah dapat menimbulkan jerawat bahkan penyakit jantung. Rumor tersebut diduga terjadi akibat informasi yang mengatakan jika kacang tanah mengandung tinggi lemak sehingga dapat memicu kolesterol. Padahal kenyataanya kacang tanah justru baik untuk kesehatan jantung dan tidak menyebabkan jerawat. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat kacang tanah mari simak ulasan berikut:
kacang tanah
image by pixabay.com, kacang tanah

1. Mengurangi risiko dibetes: Menurut hasil dari sebuah penelitian mengganti satu porsi daging merah dengan satu porsi kacang setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes hingga 23%. Hal ini dikarenakan nutrisi dalam kacang dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat, dan ketika mereka dikonsumsi di pagi hari, tingkat gula darah akan tetap rendah sepanjang hari.

2. Meningkatkan energi: Kacang tanah adalah makanan sumber karbohidrat kompleks yang dikemas dengan berbagai macam nutrisi penting termasuk protein nabati, mineral, serat dan antioksidan. Fakta tersebut menjadikan kacang tanah sebagai sumber energi yang ideal bagi anda. Mengkonsumsi 50 gram kacang tanah, dapat memberikan tenaga bagi tubuh selama minimal 18 jam.

3. Mencegah penyakit jantung: Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian yang sangat ganas. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang (dan jenis kacang lainnya termasuk kacang tanah) dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Salah satu alasannya, kacang tanah mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk jantung termasuk magnesium, niasin, tembaga, asam oleat, dan berbagai antioksidan seperti resveratrol

4. Anti-aging: Kacang tanah telah ditemukan mengandung resveratrol fitokimia yang juga ditemukan dalam anggur merah. Penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol dapat melawan proliferasi sel-sel lemak dan meningkatkan penyerapan gula dari darah. Selain kacang tanah sebagai besar jenis kacang juga memilik kandungan resveratrol yang tentunya memiliki efek anti-penuaan juga.

5. Menurunkan kolesterol: Meskipun kacang tanah sering dihindari banyak orang karena dianggap tinggi lemak, tetapi kandungan lemak dalam kacang tanah didominasi oleh lemak sehat. Penelitian menemukan saat wanita postmenopause dengan kolesterol tinggi diberi lemak sehat dari kacang, kolesterol mereka berangsur membaik. Pitosterol yang terdapat dalam kacang tanah disebut-sebut bertanggung jawab menurunkan kolesterol.

6. Sifat anti-kanker: Kacang tanah mengandung B-sitosterol, sebuah phytosterol yang memiliki sifat melawan sel kanker, khususnya kanker usus besar, prostat, dan kanker payudara. Kacang tanah dan produk-produk lainnya termasuk selai, minyak kacang tanah merupakan sumber ideal pitosterol.

7. Mengurangi hipertensi: Selai kacang mengandung hingga 70 mg kalium dalam 100g. Kalium bertindak sebagai elektrolit dan elemen penyeimbang dalam tubuh. Kalium dalam kacang tanah juga bermanfaat mendukung kesehatan sistem kardiovaskular dengan menyeimbangkan irama detak jantung, ini berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Mendukung kesehatan pencernaan: Kacang tanah merupakan makanan yang mengandung tinggi serat. Dimana satu cangkir atau sekitar 125 g kacang tanah memiliki sekitar 12 g gram serat makanan. Serat makanan adalah salah satu bagian yang paling penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kekurangan serat dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan penyakit seperti sembelit, diabetes, kolesterol, dan berbagai penyakit jantung.

9. Mengontrol berat badan: Jika anda berfikir jika kacang tanah dapat menyebabkan kegemukan, maka anda salah. Seperti yang sudah kita ketahui jika lemak dalam kacang tanah didominasi oleh lemak sehat sehingga anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi kacang tanah akan memicu kenaikan berat badan. Kacang tanah diperkaya dengan protein dan serat yang sangat baik untuk mendukung program diet anda. Pasalnya kedua nutrisi tersebut dapat membuat tubuh lebih terisi sehingga anda lebih merasa kenyang. Jika sudah demikian maka kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat bisa anda hindari.

10. Memiliki sifat antioksidan: Kacang tanah memiliki sifat antioksidan berkat kehadiran folat, niacin, asam pantotenat, pyridoxine, riboflavin, dan thiamin. Salah satu antioksidan yang ditemukan dalam kacang tanah adalah resveratrol. Resveratrol adalah antioksidan polifenol yang telah ditemukan dapat mengendalikan beberapa jenis kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, virus atau infeksi jamur, dan penyakit saraf degeneratif.

Share this

10 Manfaat kacang mete dan kandungan nutrisinya

Konsumsi kacang mete telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di sebagian besar negara-negara Barat, hal ini kemungkinan besar dipicu karena kacang dianggap menjadi pilihan makanan yang sehat. Semua kacang-kacangan pada umumnya sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung antioksidan, lemak sehat, dan mineral penting. Salah satu manfaat utama dari kacang mete adalah kemampuannya dalam membantu meringankan depresi dan gangguan mental lainnya.
kacang mete
image by commons.wikimedia.org,  kacang mete

Kandungan nutrisi kacang mete

Kacang mete diperkaya dengan nutrisi penting yang hadir dalam bentuk mineral dan lemak sehat. Kacang mete kaya asam lemak tak jenuh dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya, termasuk protein nabati, serat makanan, mineral seperti tembaga, seng dan magnesium, ditambah beberapa antioksidan dalam bentuk pitosterol dan senyawa fenolik.

Salah satu faktor kunci dari nutrisi kacang mete adalah kandungan lemak sehat mereka. Kacang mete terdiri dari lemak tak jenuh dalam bentuk asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs yang mengandung asam oleat) dan sejumlah kecil asam lemak tak jenuh ganda (PUFA sebagian besar dalam bentuk asam linoleat). Sekitar 62 persen dari lemak kacang mete ini adalah lemak tak jenuh tunggal, dan 18 persen nya merupakan lemak tak jenuh ganda dan sisanya campuran lemak jenuh.

Meskipun kandungan vitamin dalam kacang mete ini tidak sebanyak kandungan mineralnya, tetapi kacang mete masih memberikan kontribusi terhadap asupan Vitamin harian yang direkomendasikan.  Dalam 1 ons kacang mete mencukupi 10 persen dari kebutuhan vitamin K harian anda. Kacang mete juga menyediakan vitamin B, dalam jumlah yang lebih kecil, dan beberapa vitamin E.

Manfaat kacang mete bagi kesehatan

1. Mengurangi diabetes: Menurut hasil dari sebuah penelitian di University of Montreal yang diterbitkan dalam Molecular Nutrition and Research Food pada edisi Desember 2010 menunjukkan bahwa kacang mete bermanfaat untuk mengendalikan gula darah berkat kandungan asam anakardat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa asam anakardat dapat meningkatkan kemampuan gula untuk masuk ke dalam sel, sehingga menurunkan jumlah gula yang beredar dalam aliran darah. Kacang mete juga dapat meningkatkan metabolisme gula menjadi energi, proses yang disebut glikolisis. Hal ini menjadi peran kunci untuk mengontrol kadar gula darah yang pada gilirannya akan mengurangi risiko diabetes.

2. Mencegah kanker: Manfaat kacang mete yang cukup diperhitungkan adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Kacang mete mengandung jenis flavonoid yang disebut proanthocyanidins, dimana penelitian telah menunjukkan senyawa tersebut mampu membatasi pertumbuhan sel kanker dan tumor. Selain itu, kacang mete juga merupakan sumber tembaga, yang membantu menangkal efek buruk radikal bebas dari tubuh, yang berkontribusi besar terhadap pencegahan penyakit kanker.

3. Mengurangi stres: Kacang mete secara alami dapat membantu mengurangi beberapa masalah mental termasuk depresi dan stres. Bahkan satu genggam kacang mete disebut-sebut memiliki efek setara dengan obat anti-depresan. Kacang mete mengandung asam amino, yang disebut L-tryptophan, yang dipecah dalam tubuh menjadi niacin dan serotonin, senyawa penting untuk memperbaiki suasana hati sehingga sering disebut hormon bahagia.

4. Memperkuat tulang: Kandungan mineral dalam kacang mete cukup melimpah termasuk magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Meskipun selama ini kita menganggap kalsium menjadi salah satu faktor paling penting untuk menentukan kekuatan struktur tulang, tetapi ada beberapa nutrisi lain yang juga memiliki peran besar dalam menjaga kepadatan tulang, yaitu magnesium. 2/3 dari jumlah magnesium dalam tubuh manusia berada di tulang kita, jadi kita harus benar-benar mempertimbangkan pentingnya mineral ini jika kita ingin menjaga kekuatan tulang.  Salah satu cara memenuhi kebutuhan magnesium bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kacang mete.

5. Pembekuan darah: Dalam 100 gram kacang mete menyediakan sekitar 4,1 mg vitamin K. Vitamin K merupakan nutrisi penting untuk proses pembekuan darah saat kita terluka atau cidera. Tanpa kehadiran vitamin K yang memadai, darah tidak akan membeku dengan baik saat terjadi luka sehingga akan memicu pendarahan.

6. Menurunkan tekanan darah: Manfaat kacang mete banyak didapat dari kandungan magnesium di dalamnya. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan bahkan ke memicu berbagai macam masalah saraf termasuk kejang dan ketegangan. Karena kandungan magnesium tersebut kacang mete diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan memiliki dampak yang positif pada pasien hipertensi. Bukan hanya itu, magnesium dalam kacang mete juga akan membantu mengurangi ketegangan otot sekaligus merileksasi saraf.

7. Jantung yang sehat: Salah satu manfaat penting dari kacang mete adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sebagian besar lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak sehat, seperti asam oleat yang yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dapat mengurangi tingkat trigliserida, yang menjadi pemicu  penyakit jantung.

8. Berat badan ideal: Kacang mete memiliki kandungan  mineral penting dan asam lemak yang mendukung penurunan berat badan. Kacang mete juga tinggi serat dan protein yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bermanfaat untuk membatasi asupan kalori harian. Lemak pada umumnya membuat makanan lebih memuaskan dan meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin D.

9. Kesehatan otak: Otak kita sebagian besar terdiri dari lemak dan bergantung pada pasokan asam lemak sehat dari makanan yang kita konsumsi. Kacang mete adalah salah satu makanan nabati yang mengandung tinggi lemak baik sehingga akan membantu mendukung fungsi kognitif otak. Seiring bertambahnya usia fungsi otak akan mengalami penurunan yang itu bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak sehat seperti kacang mete. Beberapa komponen nutrisi dari kacang mete seperti lemak sehat, zinc, zat besi dan tembaga dapat mendukungan kemampuan kognitif dan beberapa proses otak dengan mengatur jalur neurotransmitter, transmisi sinaptik dan fluiditas membran.

Baca juga: 10 Manfaat gandum utuh dan kandungan nutrisinya

10. Mencegah terbentuknya batu empedu: Penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin termasuk kacang mete, dapat membantu menurunkan risiko terbentuknya batu empedu. Batu empedu disebabkan oleh kolesterol mengeras, yang dipicu terlalu banyak kolesterol dalam empedu. 

Share this

10 Manfaat gandum utuh dan kandungan nutrisinya

Mengkonsumsi  gandum utuh adalah cara mudah untuk meningkatkan kesehatan. Biji-bijian dikemas dengan nutrisi termasuk protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral  seperti zat besi, zinc, tembaga, dan magnesium. Gandum utuh memiliki kualitas lebih baik dibandingkan gandum olahan karena nutrisinya masih terjaga dengan baik. Mengkonsumsi produk bij-bijian utuh seperti gandum telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan beberapa bentuk kanker. Mengkonsumsi gandum juga akan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan membantu gerakan usus lebih teratur dan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar.
gandum utuh
image by publicdomainpictures.net, gandum utuh

Senyawa menguntungkan dalam gandum

  • Pati resisten, adalah jenis pati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, sebagai gantinya dia akan melewati usus halus secara utuh dan langsung menuju ke usus besar.
  • Polifenol seperti asam fenolik dan flavonoid, keduanya sangat penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas.
  • Lignan adalah senyawa polifenol.
  • Saponin merupakan senyawa sedang dipelajari untuk sifat antikanker mereka.
  • Alkylresorcinols adalah lipid fenolik yang hanya ditemukan di bagian luar dari gandum.
  • Asam fitat, hadir terdapat dalam gandum dan bijian lainnya yang disinyalir dapat mencegah kanker.
  • Inhibitor protease, diketahui dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker.
  • Tocotrienol adalah senyawa mirip dengan tokoferol.

Manfaat gandum utuh bagi kesehatan

1. Menurunkan kolesterol: Gandum dapat digunakan sebagai makanan penurun kolesterol alami. Biji-bijian kaya serat seperti gandum dapat menyerap kolesterol buruk yang berkontribusi besar terhadap penyakit jantung. Bahkan, gandum diketahui menurunkan risiko penyakit jantung secara keseluruhan. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan 2-3 porsi produk gandum setiap hari memiliki 30 persen lebih kecil kemungkinan untuk mengalami serangan jantung atau meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang makan kurang dari satu porsi perminggu.

2. Menurunkan tekanan darah:  Manfaat gandum untuk  kesehatan jantung tidak berhenti dengan menurunkan kolesterol.  Gandum diketahui juga berdampak positif pada tekanan darah, yang menjadi salah satu faktor penting pemicu penyakit jantung. Sebuah penelitian mengungkap bahwa risiko seorang laki-laki yang mengkonsumsi gandum sereal memiliki tekanan darah 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Studi yang dilakukan kepada perempuan juga memberikan efek yang sama.

3. Menurunkan gula darah: Bijian utuh termasuk jenis karbohidrat kompleks yang itu artinya sangat baik untuk mencegah diabetes. Pasalnya bijian utuh mengandung serat yang tinggi dan sangat rendah gula seperti gandum. Sebuah studi menemukan wanita yang mengkonsumsi 2-3 porsi biji-bijian setiap hari memiliki risiko 30 persen lebih rendah mengalami diabetes daripada wanita yang makan sedikit dari jumlah tersebut. Salah satu analisis menemukan jika risiko diabetes bisa dikurangi hingga 32 persen pada orang yang makan tiga porsi atau lebih gandum utuh.

4. Sumber vitamin B kompleks: Gandum kaya akan vitamin B kompleks termasuk thiamin, riboflavin dan niacin, kesemuanya terlibat dengan metabolisme. Vitamin B9 (asam folat), bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah dan sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam folat seperti halnya gandum akan mengurangi risiko melahirkan cacat.  Seorang wanita hamil setidaknya membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat per hari.

5. Mengurangi asma: Mengkonsumsi gandum pada waktu anak-anak  dapat menangkal asma dan kondisi alergi lainnya. Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang diberikan gandum sebagai menu harian memiliki asma atau alergi rhinitis lebih sedikit dibandingkan yang tidak. Sebuah penelitian di Belanda juga melaporkan temuan serupa di antara anak-anak berusia 8 sampai 13 tahun.

6. Menunda lapar: Diet dengan memilih gandum sebagai pengganti nasi putih sering dipilih karena gandum dianggap lebih rendah gula dan tinggi serat. Hal ini pada gilirannya akan membantu mengendalikan berat badan dengan membuat Anda merasa lebih kenyang dibandingkan biji-bijian olahan seperti kue atau roti putih.  Biji-bijian yang masih utuh umumnya memang dicerna secara bertahap sehingga memiliki efek yang lebih mengenyangkan. Belum lagi kandungan gulanya yang rendah juga akan membantu anda dalam mengontrol berat badan.

7. Mencegah alzheimer: Alzheimer adalah penyakit menurunnya fungsi kognitif otak secara perlahan, penyakit ini biasanya dialami oleh para lanjut usia. Dalam gandum mengandung vitamin B, vitamin E, magnesium, fosfor, zat besi dan zinc. Menurut University of Maryland Medical Center, beberapa studi telah menunjukkan bahwa vitamin B dan vitamin E dapat melindungi terhadap penyakit penurunan mental, seperti Alzheimer. Hal ini tentunya menjadi kabar baik. Sehingga kita bisa melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi vitamin E seperti gandum.

8. Menjaga kesehatan pencernaan: Seperti yang sudah kita ketahui jika salah satu manfaat gandum utuh didapat dari kandungan serat di dalamnya. Gandum utuh kaya akan serat yang akan meningkatkan gerakan usus sehingga akan membuat makanan lebih mudah untuk melewati usus Anda.  Hal ini selain membantu mengurangi perut buncit juga dapat mencegah berbagai macam masalah pencernaan. MayoClinic  merekomendasikan untuk meningkatkan asupan serat dalam melancarkan pencernaan dari pada mengambil obat pencahar. Laki-laki dewasa setidaknya membutuhkan 38 gram serat setiap hari, dan wanita 25 gram serat perhari. Perlu diingat, meskipun serat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jika terlalu banyak serat justru dapat menyebabkan gas dan kembung.

9. Mengurangi peradangan: Di dalam gandum terdapat sebuah nutrisi yang disebut betaine. Nutrisi dalam gandum ini bermanfaat mencegah peradangan kronis. Selain di gandum Betaine biasanya juga ditemukan dalam makanan lain termasuk buah bit dan bayam. Peradangan merupakan penyebab utama sebagian besar jenis nyeri rematik. Jadi bisa dikatakan gandum sebagai makanan untuk meringankan nyeri sendi dan masalah terkait lainnya.

10. Mencegah kanker: Ada bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi gandum secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker tertentu seperti kanker payudara, kolorektal, dan kanker pankreas. Menurut American Institute for cancer researsh Gandum dan biji-bijian lainnya merupakan makanan sumber serat, vitamin, mineral dan ratusan senyawa tumbuhan alami yang disebut phytochemical, senyawa ini berguna melindungi sel-sel dari jenis kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, manfaat gandum untuk mencegah kanker juga didapat dari zat tertentu termasuk antioksidan, fenol, lignan (yang merupakan jenis phytoestrogen) dan saponin.

Demikian tadi ulasan mengenai daftar manfaat gandum utuh bagi kesehatan tubuh, semoga bisa memberikan tambahan wawasan kepada para pembaca.

Share this

Makanan sumber zinc bagi vegetarian

Makanan yang mengandung tinggi zinc sangat diperlukan oleh tubuh untuk banyak fungsi penting. Zinc merupakan mineral yang memiliki peran kunci untuk kesehatan metabolisme dan banyak faktor kesehatan lainnya. kekurangan zinc bisa menyebabkan banyak masalah termasuk rambut rontok, menurunnya kesehatan kulit, hilangnya nafsu makan, penyembuhan luka yang lambat, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
buah dan sayur sumber zinc
image by reestockphotos.biz, makanan sumber zinc

Zinc juga dapat membantu kesehatan pria dewasa karena mampu meningkatkan produksi testosteron. Mencukupi kebutuhan zinc dari makanan ataupun suplemen bisa mengurangi berbagai macam masalah kesehatan termasuk flu, pilek, atau serangan infeksi.

Kebutuhan zinc untuk wanita dewasa rata-rata sekitar 8 miligram per hari sedangkan untu laki-laki sekitar 11 miligram per hari untuk pria. Zinc secara umum dapat dengan mudah ditemukan dalam produk hewani seperti daging, seafood dan produk susu. Tetapi beberapa jenis buah dan sayur ternyata juga mengandung zinc yang tidak kalah dengan produk hewani.

Sayuran sumber zinc

Mengonsumsi makanan kaya zinc sangat penting kesehatan tubuh dan pikiran. Beberapa sayuran merupakan sumber yang baik dari zinc meskipun jumlahnya tidak sebanyak produk hewani. Meskipun demikian, sayuran bisa menjadi alternatif yang sehat karena juga menyediakan vitamin dan mineral penting. Beberapa daftar sayuran yang menyediakan tinggi zinc diantaranya:

  • Kedelai
  • Kacang polong
  • Kacang lima
  • Kacang buncis
  • Kacang merah
  • Bawang putih
  • Asparagus
  • Kubis brussel
  • Jagung
  • Kentang
  • Labu, termasuk benihnya
  • Bayam
  • Jamur

Buah-buahan sumber zinc

Secara keseluruhan, buah juga merupakan sumber beberapa mineral termasuk zinc, tetapi hanya ada beberapa buah saja yang  dianggap memiliki kandungan zinc yang mumpuni. Bagi seorang vegetarian buah-buahan sumber zinc bisa dijadikan pilihan sangat rendah lemak dan tinggi serat.

Salah satu buah yang bisa dijadikan sumber zinc adalah kurma. Buah kurma sangat lezat dan juga memiliki manfaat yang sangat mengagumkan bagi kesehatan. Kurma diketahui memiliki kandungan nutrisi yang tinggi termasuk vitamin dan mineral penting.

Buah alpukat juga bisa menjadi pilihan lain. Selain tinggi zinc alpukat juga sangat baik untuk kesehatan jantung karena memiliki kandungan HDL (lemak baik) yang berguna menurunkan LDL (kolesterol buruk). Buah lainnya yang merupakan sumber zinc termasuk blackberry, delima, raspberry, dan loganberries.

Share this

Kesehatan jantung ternyata mempengaruhi fungsi otak

Kita tahu jika tubuh manusia bekerja secara keseluruhan dan organ tertentu bisa mempengaruhi organ yang lainnya. Di dalam tubuh manusia dibagi menjadi beberapa bagian berbeda yang juga melayani fungsi yang berbeda, tapi salah satu sistem besar memerlukan kontribusi yang optimal di sekitar tubuh. Contohnya jantung, jantung kita bekerja dengan hati, paru-paru dan otak, jadi ketika salah satu dari organ tersebut memiliki masalah, itu akan mempengaruhi seluruh sistem.
Gambar otak dan jantung
Gambar: otak dan jantung

Kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat akan semakin menurun seiring bertambahnya usia, hal ini sangat wajar, karena otak mengalami penurunan fungsi secara perlahan. Tetapi ada hubungan menarik antara jantung dan otak dimana salah satu kunci mempertahankan kemampuan fungsi kognitif otak adalah dengan  menjaga kesehatan jantung.

Hubungan antara kesehatan otak dan jantung

Pengaruh aktivitas jantung pada fungsi otak telah diteliti secara ekstensif selama sekitar 40 tahun terakhir. Para ilmuwan di HeartMath Institute telah melakukan penelitian ilmiah dengan melihat bagaimana pola skala yang lebih besar dari aktivitas jantung mempengaruhi fungsi otak.

Penelitian HeartMath telah menunjukkan bahwa pola yang berbeda dari aktivitas jantung (yang menyertai keadaan emosional yang berbeda) memiliki efek yang berbeda pada fungsi kognitif dan emosional. Selama stres dan emosi yang tidak terkontrol, di saat itu pula irama jantung menjadi tidak menentu dan tidak teratur, sehingga akan mempengaruhi sinyal saraf dari jantung ke otak yang pada gilirannya akan menghambat fungsi kognitif otak. Hal ini akan membatasi kemampuan kita untuk berpikir jernih, mengingat, belajar, dan membuat keputusan yang efektif.

3 Cara untuk meningkatkan kesehatan Jantung 

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa kesehatan otak sangat dipengaruhi oleh jantung, sehingga kita memerlukan langkah untuk melindungi fungsi jantung dan kesehatannya secara keseluruhan. Sebenarnya menjaga kesehatan jantung bukan hanya berpedoman kepada meningkatkan fungsi otak, mengingat jantung itu sendiri juga merupakan organ penting di dalam tubuh. Berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan jantung anda:

1. Olahraga cukup: Gaya hidup menjadi salah satu modal penting dalam menjaga kesehatan jantung kita. Kehidupan masyarakat moderen kadang menyisihkan aktivitas fisik sebagai kegiatan keseharian, entah karena kesibukan atau malas. Jika anda tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk berolahraga itu tidak terlalu masalah. Anda hanya membutuhkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah, hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu aktivitas fisik juga dapat membantu anda mengontrol berat badan dimana ini merupakan kunci penting dalam menjaga kesehatan jantung anda.

2. Konsumsi makanan sehat: Tidak bisa dipungkiri jika memulai hidup sehat selalu melibatkan makanan. Hal ini dikarenakan makanan itu sendiri merupakan bahan bakar dan pembangun tubuh manusia. Memilih makanan sehat seperti buah, sayur, jenis kacang, bijian utuh dan makanan rendah lemak menjadi cara brilian untuk menjaga kesehatan jantung yang pada gilirannya akan meningkatkan fungsi otak juga.

3. Dapatkan sinar matahari: Mencukupi kebutuhan Vitamin D dikaitkan dengan kesehatan jantung dan fungsi kognitif otak. Kekurangan nutrisi ini dapat menambah peningkatan risiko penyakit jantung dan penurunan fungsi otak termasuk alzheimer. Menghabiskan 20 sampai 60 menit di bawah sinar matahari per hari, dapat menjadi cara untuk memperoleh asupan vitamin D yang cukup.

Share this

15 Top Manfaat air kelapa hijau yang mengagumkan

Air kelapa adalah cairan yang dihasilkan oleh buah kelapa dimana di dalamnya terdapat banyak nutrisi penting bagi tubuh manusia. Air kelapa muda biasanya memiliki kuantitas air lebih banyak dibandingkan air kelapa yang sudah tua, karena seiring waktu, air di dalam buah kelapa akan digantikan menjadi daging buah.

Kandungan nutrisi air kelapa hijau

Cairan di dalam air kelapa mengandung sekitar 46 kalori per cangkir, 10 gram berasal dari gula alami, dengan sedikit protein dan bebas lemak. Air kelapa hijau juga diperkaya dengan beberapa vitamin, mineral, dan fitokimia yang ideal untuk kesehatan manusia. Nutrisi utama dalam air kelapa hijau adalah kalium. Dimana dalam air kelapa hijau menyediakan sekitar 600 mg (12% DV) sehingga membuatnya menjadi minuman elektrolit yang baik. Air kelapa hijau juga mengandung sejumlah kecil natrium, sekitar 40mg dan sekitar 10% kalsium dan magnesium yang dibutuhkan perhari.
air kelapa hijau
Image by commons.wikimedia.org air kelapa hijau

Elektrolit dalam air kelapa hijau sangat penting untuk mempertahankan volume darah, kesehatan jantung, dan juga mencegah dehidrasi. Mempertahankan keseimbangan elektrolit dapat membantu mengurangi kelelahan, stres, dan membantu relaksasi otot.

Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah: Sebuah studi pada tahun 2005 lalu menemukan bahwa ketika peserta penelitian diberi air kelapa hijau selama dua minggu, mengalami tekanan darah sistolik 71% lebih rendah dan tekanan darah diastolik mereka turun hingga 29% dibandingkan mereka yang minum air putih. Kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa membuat banyak peneltian yang ingin melihat lebih jauh mengenai manfaat air kelapa untuk pasien hipertensi. Seperti yang sudah kita ketahui jika kalium memiliki kemampuan mengontrol detak jantung sehingga akan membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol: Sebuah studi tahun 2006 juga menemukan bahwa tikus yang diberikan air kelapa hijau memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung. Air kelapa membantu menurunkan kadar kolesterol total trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL), khususnya kolesterol yang ditemukan dalam hati. Selain itu, air kelapa juga membantu tikus pulih lebih cepat saat mereka mengalami serangan jantung. Para peneliti percaya bahwa manfaat tersebut didapat dari kandungan beberapa mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium di dalam air kelapa hijau, dimana semua elektrolit tersebut berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Detoksifikasi tubuh: Tubuh kita memiliki kemampuan alami yang luar biasa dalam detoksifikasi sendiri, jika tersedia nutrisi yang dibutuhkan seperti air kelapa hijau. Kelebihan racun dalam tubuh dapat mengganggu organ hati dan ginjal sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Asupan cairan yang cukup sekitar 8-10 gelas per hari, dapat membantu mencegah dehidrasi dan mempertahankan kemampuan detoksifikasi alami tubuh.

4. Menghilangkan parasit tubuh: Campuran air kelapa hijau dan minyak zaitun disinyalir dapat menghilangkan parasit dan cacing dari usus, meskipun hanya ada sedikit penelitian ilmiah mengenai proses ini atau kemanjuran air kelapa hijau untuk membersihkan tubuh secara umum. Sebelum menerapkan campuran tadi, ada baiknya anda pergi ke dokter untuk mengkonfirmasi apakah masalah kesehatan yang anda alami terkait dengan parasit atau tidak, hal ini dapat membantu tingkat keefektifan air kelapa hijau dalam membersihkan tubuh dari parasit tersebut.

5. Membuat anda tetap terhidrasi: Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana kandungan cairan di dalam tubuh kita berkurang. Air kelapa hijau mengandung berbagai macam mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, mangan dan fosfor. Mineral tersebut berperan sebagai elektrolit alami yang mampu menyeimbangkan cairan tubuh dan membantu mencegah dehidrasi, menurut the Texas Department of State Health Services. Air kelapa hijau bisa dijadikan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang paska olahraga atau aktivitas fisik yang berat.

6. Efek rileksasi: Beberapa elektrolit yang ditemukan dalam air kelapa hijau, khususnya kalsium dan magnesium, dapat membantu meringankan stres dan ketegangan otot. Banyak dari kita kekurangan mineral penting sehingga membuat manajemen stres menjadi lebih sulit. Selain mempertahankan kekuatan gigi dan tulang, kalsium dalam air kelapa hijau juga membantu relaksasi otot polos. Asupan kalsium yang cukup dapat membantu rileksasi otot, termasuk otot jantung  sehingga akan mengurangi risiko serangan jantung.  Sedangkan magnesium telah dijuluki sebagai relaksasi mineral. Hal ini dikarenakan Fungsi utama magnesium adalah pada sistem saraf parasimpatis, bagian dari sistem saraf yang membuat kita rileks. Bukan hanya itu magnesium juga membantu pembentukan serotonin (hormon yang bertanggung jawab mengatur suasan hati).

7. Anti septik alami: Meskipun penelitian ini perlu dikaji lebih mendalam, namun ada bukti bahwa air kelapa diketahui dapat digunakan sebagai antiseptik alami dan mungkin juga berguna untuk transfusi darah saat keadaan darurat karena steril dan memiliki sifat mirip dengan plasma manusia. Selama perang dunia II berlangsung air kelapa digunakan untuk mengobati tentara yang terluka di pulau-pulau Pasifik. Hal ini mungkin tidak terlepas dari kemampuan antiseptik yang dimiliki air kelapa hijau.

8. Meningkatkan imunitas: Ada banyak nutrisi penting yang ditemukan dalam air kelapa hijau termasuk berbagai macam jenis vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kandungan nutrisinya tersebut Air kelapa hijau diyakini memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat mengurangi serangan penyakit. Sifat antiseptik yang dimiliki air kelapa hijau mungkin juga berperan besar dalam membantu pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

9. Mendukung penurunan berat badan: Mungkin manfaat air kelapa hijau tidak secara langsung terkait dengan penurunan berat badan. Tetapi sifat-sifat yang dimilikinya lah yang mendukung tubuh untuk menurunkan berat badan dengan aman. Nutrisi dalam air kelapa dapat meningkatkan kesehatan pencernaan yang merupakan bagian penting dari tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga akan mengurangi keinginan ngemil. Air kelapa juga meningkatkan metabolisme dengan dosis elektrolit yang tepat. Metabolisme yang tepat juga sangat dibutuhkan dalam menjaga kestabilan berat badan.

10. Mabuk kendaraan: Saat mabuk kendaraan seseorang akan kehilangan banyak cairan tubuh sehingga akan membuat mereka lemas. Karena kandungan elektrolitnya air kelapa hijau bisa dengan cepat menggantikan cairan tubuh tersebut dengan aman, tidak seperti minuman energi yang memiliki efek samping. Jika cairan tubuh bisa tercukupi dari air kelapa maka energi pun bisa pulih kembali.

11. Baik untuk ibu hamil: Karena air kelapa merupakan elektrolit alami jadi sangat baik untuk wanita hamil dalam rangka memenuhi kebutuhan cairan tubuh mereka. The Institute of Medicine merekomendasikan seorang ibu hami minum sekitar 3 liter air setiap hari. Hal ini bisa dipenuhi dari air putih dan sebagiannya dari air kelapa hijau. Selain itu air kelapa hijau juga memiliki efek rileksasi yang itu sangat dibutuhkan selama kehamilan dimana wanita hamil sangat rentan terhadap stres karena perubahan hormonal.

12. Kesehatan kulit: Selain dikonsumsi, manfaat air kelapa hijau juga bisa didapat saat diterapkan langsung pada kulit. Menggunakan air kelapa untuk mencuci wajah bisa membantu anda mendapatkan kulit bersinar dan dan halus secara alami. Air kelapa juga kaya kan vitamin dan mineral penting yang bisa digunakan sebagai pelembab alami kulit. Ini bisa membantu mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab umum jerawat.

13. Kesehatan rambut: Banyak artikel yang sudah membahas mengenai manfaat minyak kelapa untuk rambut, tapi tahukah anda jika air kelapa hijau juga memiliki manfaat juga untuk kecantikan rambut anda? Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika air kelapa hijau merupakan sumber nutrisi penting yang bukan hanya dibutuhkan oleh bagian dalam tubuh tetapi juga bagian luar seperti rambut. Untuk mendapatkan rambut sehat dan kuat anda bisa menerapkan air kelapa hijau langsung ke rambut dan kulit kepala sambil memijatnya perlahan. Melakukan cara tersebut secara rutin akan meningkatkan kepadatan rambut dan memperkuat folikel rambut sehingga mencegahnya dari kerusakan.

14. Penambah energi tubuh: Jika anda membutuhkan minuman energi alami, air kelapa hijau bisa menjadi pilihan sempurna. Kandungan nutrisinya yang lengkap dari vitamin dan mineral menjadikan air kelapa hijau bisa memberikan energi yang anda butuhkan. Selain itu, air kelapa juga bisa menyeimbangkan cairan tubuh yang ini juga berkontribusi besar terhadap peningkatan energi anda.

15. Keracunan makanan: Dalam beberapa kasus air kelapa bisa membantu menetralisir racun, tetapi tentunya ini hanya sebagai pertolongan pertama bukan sebagai obat utama. Seperti yang diungkap oleh Hieronymus Budi Santoso seorang penulis buku-buku teknologi tepat guna air kelapa hijau terutama yang masih muda memiliki zat tertentu yang bersifat antiracun. Selain itu karena air kelapa juga memiliki efek rehidrasi akan membantu tubuh pulih pasca keracunan.

Perhatian: Sebenarnya tidak ada efek samping berarti dari air kelapa hijau, tetapi bagi orang yang memiliki reaksi alergi kacang sebaiknya menghindari minuman ini, karena dikhawatirkan akan mengalami alergi yang sama. Selebihnya air kelapa hijau sangat baik bagi kesehatan entah itu untuk anak-anak, orang tua, ataupun ibu hamil.

Share this

8 Manfaat mengagumkan daun jambu biji

Pohon jambu biji bisa tumbuh di seluruh kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan, Karibia dan beberapa negara Asia Termasuk Indonesia. Selain buahnya daun jambu biji ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk obat dan pencegahan penyakit. Daun jambu biji diperkaya dengan antioksidan, agen antibakteri, agen anti-inflamasi, tanin yang kesemuanya sangat menguntungkan bagi kesehatan. untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat daun jambu biji, mari simak ulasan berikut:
daun jambu biji
image by pixabay.com, daun jambu biji

1. Mengobati diare: Manfaat daun jambu biji yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu karena jambu biji sering digunakan sebagai bahan utama obat diare. Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam the Journal of Smooth Muscle Research, peneliti berusaha menguji sifat antidiare yang dimiliki daun jambu biji pada tikus. Dalam penelitian tersebut para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji mampu mengurangi frekuensi buang air besar, dan meringankan diare pada tikus.

2. Mencegah diabetes: Manfaat daun jambu biji yang mengagumkan datang dari kemampuannya mencegah salah satu penyakit serius yaitu diabetes. Menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal Nutrition and Metabolism Para penulis penelitian menggunakan teh daun jambu biji, yang telah disetujui sebagai salah satu makanan kesehatan yang sekarang tersedia secara komersial di Jepang. Dr. Revathi Sundaramurthy, seorang dokter untuk iCliniq.com, mendukung penggunaan daun jambu biji untuk penderita diabetes.

3. Kesehatan sistem kardiovaskular: Penggunaan daun jambu biji sebagai makanan atau minuman mungkin kurang begitu umum di Indonesia, tetapi beberapa negara mulai bereksperimen dalam membuat minuman dengan daun jambu biji karena dianggap memiliki manfaat yang mumpuni bagi kesehatan. Salah satunya teh dari daun jambu biji. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology Daun jambu biji memiliki senyawa yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan mengontrol denyut jantung.

4. Mencegah kanker: Kanker adalah penyakit yang sangat mematikan di Dunia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja di segala usia. Gaya hidup kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan atau minuman berpengawet, merokok, dan juga polusi udara menjadi beberapa penyebabnya. Meskipun penyakit ini mematikan tetapi ada banyak tumbuhan yang ternyata dapat mencegah penyakit kanker seperti halnya daun jambu biji. Penelitian menemukan jika minyak daun jambu biji telah terbukti lebih efektif daripada obat-obatan modern dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker. Selain daunnya jambu biji sendiri juga mengandung tinggi antioksidan yang juga bisa mencegah penyakit kanker.

5. Menurunkan kolesterol:  Mengkonsumsi daun jambu biji secara teratur dalam bentuk teh atau lainnya dapat membantu mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida tanpa efek samping, menurut hasil sebuah studi dari Nutrition and Metabolism pada tahun 2010 lalu. Buah jambu juga cukup efektif dalam menurunkan kolesterol karena buah ini sangat tinggi serat dan hanya memiliki 0,2 gram lemak jenuh, menurut USDA.

6. Menurunkan berat badan: Daun jambu biji memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat menghambat pati yang kompleks dari konversi menjadi gula. Biasanya, gula dimetabolisme oleh hati di mana hal ini akan berubah menjadi lemak, dan kemudian disekresikan ke dalam darah. Hal ini lah yang menjadi penyebab kenaikan berat badan.

7. Kesehatan kulit: Jerawat dan flek hitam sangat mengganggu penampilan kulit sehingga perlu dihilangkan. Daun jambu biji bisa dijadikan sebagai obat yang efektif untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam di kulit wajah karena  mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

8. Mengatasi rambut rontok: Daun jambu biji menawarkan bantuan yang menakjubkan untuk melawan rambut rontok. Saat diterapkan lasngsung di kullit kepala daun jambu biji bisa menghentikan kerontokan rambut. Carnya: Rebus daun jambu biji dan biarkan dingin pada suhu kamar. Pijatkan secara perlahan ke kulit kepala mengurangi rambut rontok.

Share this

14 Manfaat buah markisa untuk ibu hamil dan kecantikan

Buah markisa adalah buah yang sering ditemukan di negara-negara tropis dan sub tropis. Buah ini berbentuk seperti telur dengan kulit keriput. Daging buah berwarna hijau dengan aroma yang unik. Rasa buah markisa berbeda-beda tergantung jenisnya, tetapi umumnya memiliki rasa asam manis. Buah markisa sering dibuat menjadi jus yang sangat segar saat diminum pada cuaca panas. Selain menyegarkan manfaat buah markisa juga sangat banyak bagi kesehatan dan pencegahan penyakit sehingga anda patut mencobanya.
Gambar buah markisa ungu terbelah
image by commons.wikimedia.org, buah markisa ungu

Beberapa jenis buah markisa

Markisa ungu: Jenis ini merupakan buah markisa yang paling banyak dijumpai. Markisa ungu memiliki panjang sekitar 4-9 cm dengan diameter sekitar 4 sampai 7 sentimeter. Markisa ungu memiliki pericarp (lapisan dinding buah) pecah dan bubur kuning darkish yang menempati 35 sampai 50% dari berat buah ini. Markisa ungu berasal dari Brazil, Argentina dan Paraguay.

Markisa kuning: Markisa kuning lebih terlihat energik dibandingkan dengan ungu, karena memiliki warna cerah. Buah ini memiliki permukaan kuning halus. Pericarp mereka ketat dan memiliki ukuran lebih besar dengan panjang 6 sampai 12 cm dan diameter 4 sampai 7 sentimeter. Mereka relatif kurang gurih dan sedikit lebih asam.

Markisa manis: Juga dikenal sebagai granadilla manis, buah ini banyak ditemukan di Meksiko, Bolivia dan Venezuela. Markisa jenis memiliki bentuk bulat seperti telur dengan panjang 5-9 cm dan diameter 4 sampai 7 sentimeter. Kulit markisa manis lebih kaku renyah dan kulit pelindung biji di dalamnya berwarna putih.

Manfaat buah markisa untuk ibu hamil

1. Meningkatkan imunitas: Wanita hamil sangat rentan terhadap virus dan juga penyakit terkait melemahnya sistem imun karena pertahanan tubuh mereka sangat lemah dikala hamil. Untuk itu wanita hamil membutuhkan lebih banyak makanan yang mengandung tinggi vitamin C seperti halnya buah markisa.

2. Mengurangi nyeri punggung:  Vitamin C selain digunakan tubuh untuk meningkatkan sistem imun juga sangat penting dalam memproduksi kolagen. Kolagen umumnya dikenal sebagai salah satu bahan produk kecantikan, tetapi manfaat kolagen bukan hanya itu, pasalnya kolagen juga merupakan komponen untuk membuat tulang rawan. Nyeri punggung saat hamil bisa diminimalisir dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dari buah markisa.

3. Menjaga kekuatan tulang: Ada banyak mineral penting yang ditemukan dalam buah markisa seperti magnesium, tembaga dan juga fosfor. Kesemuanya sangat penting untuk mendukung kekuatan tulang anda. Saat hamil seorang wanita sangat rentan mengalami pengeroposan tulang karena nutrisi mereka harus dibagi dengan bayi dalam kandungan. Belum lagi masalah seperti nyeri punggung juga bisa diatasi jika kita mencukupi kebutuhan nutrisi tulang. Jadi, Tunggu apa lagi, masukkan buah markisa ke dalam menu kehamilan anda.

4. Mencegah stres: Perubahan hormon selama kehamilan membuat sang ibu mendapatkan banyak masalah termasuk stres. Jika tidak ditangani dengan benar stres kronis bisa membahayakan kehamilan. Untungnya salah satu manfaat buah markisa yaitu mengurangi tingkat stres. Buah markisa mengandung alkaloid yang memberikan efek menenangkan sehingga sangat membantu mengatasi berbagai macam gangguan mental termasuk stres.

5. Menjaga kesehatan pencernaan: Seperti halnya buah pada umumnya markisa juga mengandung serat yang itu artinya sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda. Serat dalam buah markisa berguna meningkatkan pencernaan sehingga akan mencegah sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil.

6. Tinggi zat besi: Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Buah markisa adalah makanan yang mengandung tinggi zat besi sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Kebutuhan zat besi selama kehamilan meningkat tajam, jika hal ini tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi seperti buah markisa, maka dikhawatirkan ibu hamil akan mengalami anemia. Anemia pada tingkat ringan mungkin tidak akan menimbulkan masalah, tetapi jika sudah masuk tahap kronis bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

7. Meningkatkan pertumbuhan janin: Buah markisa diperkaya dengan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Untuk itu, dengan rutin mengkonsumsi buah markisa akan memastikan janin mendapatkan tambahan nutrisi sehat.

8. Kaya antioksidan: Antioksidan adalah lawan dari radikal bebas. Kekurangan indeks antioksidan dalam tubuh bisa memudahkan beberapa penyakit hinggap di tubuh seseorang tidak terkecuali ibu hamil, dimana sistem imun mereka sangat lemah. Vitamin C dan A dalam buah markisa bertindak sebagai antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

9. Mencegah insomnia: Stres dan insomnia menjadi dua masalah yang sangat erat kaitannya. Karena buah markisa memiliki efek menenangkan berarti buah ini juga sangat baik untuk mengurangi insomnia. Perubahan hormon pada ibu hamil masih mendominasi masalah seperti insomnia tersebut. Menikmati buah markisa di pagi hari bisa menjadi pilihan menarik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

10. Menurunkan tekanan darah: Dalam buah markisa mengandung banyak jenis mineral penting seperti kalium. Kalium berguna melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kalium dalam buah markisa juga bermanfaat menormalkan detak jantung sehingga akan membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular ibu hamil. Meskipun banyak wanita hamil dengan tekanan darah tinggi memiliki bayi yang sehat tanpa masalah serius, tekanan darah tinggi bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Wanita hamil yang mengalami tekanan darah tinggi lebih mungkin memiliki komplikasi tertentu selama kehamilan dibandingkan mereka dengan tekanan darah normal.

Manfaat buah markisa untuk kecantikan

11. Kesehatan mata: Mata merupakan salah satu simbol kecantikan bagi wanita, maka tidak heran menjaga kesehatannya menjadi suatu keharusan. Karena buah markisa sangat tinggi vitamin A, dimana satu porsi menyediakan sekitar 43% dari kebutuhan vitamin A harian, jadi buah ini sangat baik untuk meningkatan penglihatan anda. Selain itu, antioksidan dalam buah markisa juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula (menurunnya fungsi retina mata).

12. Menurunkan berat badan: Hampir semua wanita menginginkan tubuh yang ramping, tidak terkecuali anda pastinya. Buah markisa bisa dijadikan sebagai menu diet sehat karena sangat rendah kalori dan tinggi serat. Serat sangat baik untuk diet karena membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

13. Kesehatan kulit: 100 gram buah markisa memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen. Kekurangan kolagen dpat mempercepat keriput, sehingga mencukupi kebutuhan vitamin C dari buah markisa bisa membantu menunda penuaan kulit. Tidak hanya itu, buah markisa juga merupakan sumber vitamin A, yang mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kulit.

14. Meningkatkan pertumbuhan rambut: Selain kulit, rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang sering menimbulkan masalah bagi wanita. Markisa mengandung semua nutrisi penting untuk menjaga siklus pertumbuhan rambut yang sehat. Buah markisa mengandung tinggi zat besi yang berguna meningkatkan kekuatan rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

Share this

9 makanan untuk mengurangi nyeri sendi

Nyeri sendi umumnya dialami oleh orang lanjut usai atau sekitar 40 sampai 50 tahun ke atas. Tetapi Menurut survei The Centers for Disease Control and Prevention AS, 30% dari orang dewasa di atas 18 dilaporkan mengalami nyeri sendi.

Meskipun ada banyak penyebab, nyeri sendi sering merupakan hasil dari arthritis, istilah umum yang mencakup lebih dari 100 kondisi yang menyebabkan nyeri sendi, kekakuan, dan peradangan. Sedangkan pada usia muda nyeri sendi sering didapat akibat cedera olahraga, seperti robek ligamen.
makanan untuk nyeri sendi
Gambar: makanan untuk nyeri sendi

Ada jenis Obat-obatan tertentu yang dapat memperlambat perkembangan kerusakan sendi dan peradangan yang umumnya diresepkan untuk mengurangi rasa sakit. Namun, para peneliti telah menemukan bahwa makanan tertentu ternyata secara alami memiliki sifat anti-inflamasi. Beberapa makanan tersebut diantaranya:

1. Minyak zaitun: Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai obat tradisional di berbagai peradaban Kuno. Minyak zaitun ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri sendi karena mengandung lubricin. Lubricin adalah protein yang berguna meningkatkan kemampuan cairan sinovial untuk melindungi tulang rawan di sekitarnya dan berfungsi sebagai pelumas alami. Pastikan untuk memilih minyak zaitun extra virgin karena memiliki kualitas terbaik.

2. Ikan salmon: Jika minyak zaitun meringankan nyeri sendi dengan memberikan pelumas alami. Ikan salmon membantu dengan cara meningkatkan kepadatan tulang. Ikan salmon merupakan makanan sumber kalsium dan vitamin D sehingga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang anda. Ikan yang memiliki daging merah muda ini juga dikenal kaya akan asam lemak omega-3 yang penting sebagai agen anti-inflamasi.

3. Paprika merah: Salah satu nutrisi yang tidak boleh anda lupakan untuk mengurangi nyeri sendi adalah vitamin C. Vitamin jenis ini digunakan oleh tubuh untuk membuat kolagen. Jika anda berfikir kalau kolagen hanya untuk kecantikan kulit maka anda salah. Pasalnya kolagen juga diperlukan untuk membentuk tendon, ligamen, dan tulang rawan. Sehingga dengan menambahkan makanan kaya vitamin C seperti paprika merah akan membantu anda terhindar dari masalah nyeri sendi.

4. Buah ceri: Manfaat buah ceri sangat banyak sekali untuk pencegahan penyakit termasuk mengurangi risiko Osteoarthritis. Penelitian menunjukkan jika rutin mengkonsumsi buah ceri dapat mengurangi rsa nyeri yang diakibatkan oleh Osteoarthritis. Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa yang disebut anthocyanin dalam buah ceri. Senyawa inilah yang bertanggung jawab dalam membuat warna sehingga buah ceri memiliki warna merah. Senyawa ini juga ditemukan dalam beberapa buah termasuk blueberry dan buah delima. Anthocyanin memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga sangat baik untuk membantu meringankan gejala nyeri sendi yang disebabkan oleh cedera atau arthritis.

5. Sayur kale: Kale adalah sayuran yang memiliki warna hijau, itu artinya sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda. Kale memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk meringankan nyeri sendi anda termasuk kalsium dan Vitamin C. Keduanya sudah sama-sama kita ketahui dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Belum lagi, kale juga merupakan sumber antioksidan penting sehingga bisa memberikan perlindungan tambahan.

6. Kedelai: Tubuh selalu berusaha untuk mempertahankan cairan sinovial pada tingkat normal. Namun saat anda terluka maka tingkat cairan akan turun. Kedelai adalah makanan sehat untuk sendi karena mengandung estrogen, yang pada gilirannya mempengaruhi produksi asam hyaluronic satu komponen kunci dari cairan sinovial.

7. Buah apel: Apel merupakan makanan penting bagi kesehatan sendi karena dua alasan utama. Yang pertama apel adalah sumber quercetin, antioksidan penting yang juga digunakan dalam pembentukan kolagen. Apel merah memiliki kadar quercetin yang lebih tinggi dibandingkan apel hijau. Mengkonsumsi apel bersama dengan kulitnya bisa membantu anda mendapatkan nutrisi tambahan. Alasan kedua adalah apel merupakan sumber magnesium, salah satu nutrisi yang mampu mempromosikan pembentukan asam hyaluronic.

8. Bawang putih: Untuk melindungi sendi, anda juga bisa menggunakan bawang putih karena mereka memiliki senyawa organosulfur di dalamnya. Untuk memproduksi kolagen juga membutuhkan sejumlah besar sulfur; sehingga meningkatkan asupan bawang putih juga bisa menjadi cara untuk meringankan nyeri sendi anda.

9. Telur: Telur membantu menghasilkan kulit tulang rawan yang mengelilingi cairan sehingga dapat meringankan nyeri sendi. Selain itu telur juga mengandung sejumlah omega-3, yang juga bisa memberikan perlindungan kepada sendi anda. Perlu diingat jika telur juga mengandung kolesterol sehingga anda harus menjaga asupan makanan ini.

Share this

10 Manfaat biji labu untuk kesehatan anda

Jenis biji-bijian seperti labu bisa menjadi salah satu sumber nutrisi penting karena menyediakan beragam mineral dan senyawa menguntungkan lainnya. Labu berasal dari Amerika Tengah dan Utara. Bijinya telah digunakan oleh penduduk asli Amerika selama berabad-abad untuk mendukung kesehatan kandung kemih dan pencernaan. Satu porsi biji labu menyediakan berbagai macam mineral penting seperti magnesium, zinc, kalium, dan zat besi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai menu sehat harian.
biji labu
Image by pixabay.com, biji labu

Salah satu cara yang paling mudah untuk menikmati biji labu adalah dengan memanggang mereka dalam oven dan mengkonsumsinya sebagai camilan. Tapi ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menyajikan biji labu seperti menambahkannya ke dalam beberapa makanan. Seperempat cangkir biji labu memiliki sekitar 180 kalori sehingga anda harus waspada jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Salah satu manfaat biji labu datang dari antioksidan yang dikandungnya. Antioksidan merupakan sumber potensial dari fenol yang telah diketahui dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, protein dalam biji labu tampaknya memiliki potensi antihiperglikemik. Satu studi menunjukkan adanya dampak positif pada keseimbangan kadar gula darah sebagai akibat dari protein bioaktif. Selengkapnya mari simak 10 manfaat biji labu untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mencegah kanker: Antioksidan adalah salah satu senyawa menguntungkan yang ditemukan dalam biji labu, termasuk senyawa fenolik yang bermanfaat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan yang dihasilkan secara alami oleh proses metabolisme tubuh dan juga dari luar yang berasal dari lingkungan termasuk polusi. Radikal bebas dapat merusak sel-sel normal sehingga bisa menimbulkan kanker dan penyakit lainnya. Karena memiliki sifat antioksidan biji labu sangat berguna dalam mencegah kanker.

2. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular: Ada banyak senyawa menguntungkan dalam biji labu yang sangat berguna bagi kesehatan, Pitosterol salah satu diantaranya. Senyawa ini secara langsung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, biji labu juga mengandung sejumlah mineral penting termasuk tembaga, dimana mineral ini bermanfaat meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga pengiriman oksigen ke seluruh bagian tubuh bisa  dilakukan dengan optimal. Belum lagi, biji labu juga rendah sodium  sehingga benar-benar membantu meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular anda.

3. Anti-inflamasi: Biji labu memiliki efek anti-inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengobati arthritis, terutama osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Sifat sifat anti-inflamasi ini akan meredakan rasa nyeri sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi. Dalam penelitian tahun 1995 yang diterbitkan dalam Journal Pharmacology Research, minyak biji labu ditemukan sama efektifnya dengan indometasin (obat anti-inflamasi) dalam mengobati arthritis pada tikus yang diinduksi dengan arthritis, tetapi tanpa efek samping. Untuk mengurangi peradangan terkait dengan arthritis, minyak biji labu bisa digunakan untuk memijat daerah yang mengalami nyeri dua kali sehari selama 10 menit.

4. Mencegah osteoporosis: Biji labu mengandung banyak mineral seperti magnesium, yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sebuah studi pada tahun 2005 lalu yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society menemukan bahwa adanya hubungan yang kuat antara tercukupinya asupan magnesium dan tingkat kepadatan mineral tulang. Selain itu, biji labu kaya akan fosfor dan seng, yang juga berguna mencegah osteoporosis. Mineral ini juga mengurangi risiko patah tulang. Mengkonsumsi ¼ cangkir biji labu setiap hari dapat mengurangi kerapuhan tulang yang merupakan gejala umum osteoporosis.

5. Menjaga kesehatan prostat: Sudah sejak lama biji labu dianggap sebagai makanan menguntungkan untuk kesehatan pria. Hal ini tidak terlepas dari kandungan zinc di dalamnya. Penelitian telah menemukan bahwa biji labu memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesehatan prostat serta mengurangi pembesaran prostat yang umumnya dialami oleh pria di atas usia 50 tahun.

6. Mencegah pendarahan: Biji labu mengandung tinggi vitamin K yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah pendarahan. Secara alami Vitamin K membantu merangsang pembentukan gumpalan darah setelah terjadi luka atau cidera. Sehingga dengan memenuhi kebutuhan vitamin K akan membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

7. Kaya asam lemak omega-3: Omega-3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan. Omega-3 sering dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung dan kesehatan sistem kardiovaskular secara keseluruhan. Asam lemak ini juga bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak, sehingga sering disebut sebagai nutrisi utama untuk otak. Pada umumnya omega-3 sering ditemukan pada produk laut seperti ikan salmon dan sarden. Tetapi karena ikan laut tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus karena dianggap tercemar oleh merkuri, maka biji labu bisa dijadikan alternativ sehat.

8. Anti-parasit: Biji labu memiliki sifat antiparasit yang membantu menghilangkan cacing pita, cacing kremi, dan parasit berbahaya lainnya dalam usus. Sebenarnya biji labu tidak benar-benar membunuh cacing tapi hanya melumpuhkan mereka, sehingga mencegah cacing dan parasit berpegangan pada dinding usus selama buang air besar. Mengunyah biji labu dengan perut kosong setiap hari selama beberapa minggu diyakini cukup efektif menyingkirkan cacing di usus. Untuk membuat pengobatan lebih maksimal pastikan anda juga minum banyak air putih.

9. Meningkatkan sistem imun: Karena biji labu merupakan makanan yang mengandung tinggi zinc, maka itu artinya biji labu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, biji labu juga mengandung berbagai macam antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tidak berhenti sampai di situ, biji labu juga mengandung selenium, yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan pemulihan.

10. Meningkatkan kualitas tidur: Biji labu mengandung sejumlah tryptophan, asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin dan kemudian ke melatonin. Keduanya dapat membantu mempromosikan hormon tidur sehingga anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, zinc dalam  biji labu juga membantu otak dalam mengkonversi tryptophan menjadi serotonin (hormon bahagia).

Share this

9 Manfaat senam pilates bagi kesehatan tubuh dan mental

Pilates adalah suatu latihan kebugaran yang sangat populer karena memberikan latihan unik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk peningkatan kekuatan tulang dan otot, keseimbangan, postur, konsentrasi, daya tahan, serta meningkatkan kapasitas paru-paru.

Mengenal senam pilates

Senam pilates Awalnya dikembangkan oleh Joseph Pilates dipengaruhi oleh budaya Timur dengan pendekatan kesehatan dari Barat. Pilates adalah sistem yang menggabungkan banyak dari jenis olahraga dengan fokus untuk memperkuat hubungan antara pikiran dan tubuh. Ide sentral dari filsafat latihan ini adalah hubungan antara tubuh dan pikiran. Latihan-latihan ini sering  menggunakan beberapa peralatan seperti matras, Bola resistensi, dan bagi anda yang ingin latihan di rumah bisa menggunakan DVD sebagai panduan. Khusus untuk ibu hamil sebaiknya langsung datang ke praktisi pilates yang profesional untuk menghindari salah gerakan.

gerakan senam pilates
image by wikipedia.org, senam pilates

Manfaat senam pilates

1. Meningkatkan kelenturan tubuh: Ini adalah salah satu alasan kuat kenapa senam pilates disukai kalangan wanita. Gerakan terkontrol yang menjadi ciri khas senam Pilates dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Rutin melakukan senam pilates akan membuat otot-otot tubuh dapat beradaptasi sehingga dapat meregangkan otot-otot yang pada gilirannya akan meningkatkan jangkauan gerak di sendi.

2. Meningkatkan fungsi kognitif: Istilah lain untuk pola latihan Pilates adalah "gerakan sadar", gerakan terfokus ini dapat meningkatkan retensi memori dan kinerja kognitif. Studi kognitif yang dilakukan setelah gerakan jenis olahraga sadar seperti pilates dapat membantu meningkatkan fungsi otak lebih baik dari pada latihan aerobik.

3. Meringankan stres: Gerakan dalam pilates membutuhkan fokus dan konsentrasi sehingga akan membantu anda menjadi lebih rileks. Selain itu gerakan terstruktur tersebut juga dapat membantu detoksifikasi tubuh dan mengembalikan keseimbangan kadar hormon stres. Ini adalah salah satu kunci penting untuk mengatasi stres.

4. Meningkatkan kesehatan pernapasan: Pilates merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk kesehatan pernapasan anda. Hal ini diyakini dapat membantu membersihkan paru-paru dari polusi. Latihan pernapasan dalam senam pilates sangat penting untuk meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga sangat baik bagi penderita asma.

5. Menyeimbangkan kekuatan otot: Desain unik dari latihan Pilates membutuhkan praktisi untuk menggunakan seluruh tubuh mereka dengan cara simetris. Tidak seperti latihan otot pada umumnya, yang sering mengekspos kekuatan bagian tubuh tertentu saja. Pilates adalah latihan yang menggunakan banyak bagian tubuh sehingga membuat kekuatan otot-otot tubuh terbangun dengan konsisten.

6. Menurunkan berat badan: Anda jangan salah, meskipun gerakan senam pilates terlihat lembut, tetapi gerakan dalam senam pilates cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Pilates secara langsung dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh pada tingkat optimal.

7. Keseimbangan tubuh: Bagian tubuh yang banyak mendapatkan latihan dalam senam pilates adalah perut, punggung, dan panggul. Selain berguna membakar lemak pada bagian ini, latihan pilates juga akan membantu kekuatan otot panggul sekaligus kekuatan punggung.  Hal ini akan sangat berguna dalam menjaga keseimbangan tubuh.

8. Mengurangi nyeri punggung: Nyeri punggung sebagian besar dihasilkan dari postur tubuh yang salah dan gaya hidup tidak sehat. Seperti yang sudah kita ketahui jika senam pilates sangat membantu keseimbangan otot sehingga sangat baik untuk meringankan gejala nyeri anda. Pilates juga membentangkan otot-otot yang akan membantu kekuatan punggung. Menjaga keseimbangan adalah faktor utama untuk meringankan sakit punggung.

9. Cocok untuk ibu hamil: Pilates merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Pilates melatih tubuh menjadi lebih kuat, fleksibel dan seimbang yang pada gilirannya akan membantu mengatasi nyeri punggung saat hamil. Serangkaian gerakan dalam senam pilates membantu meningkatkan kekuatan dan koordinasi. Latihan pernapasan dan relaksasi juga sangat penting dalam mengendalikan stres yang sering dialami oleh ibu hamil.

Share this

12 Manfaat biji rami untuk kecantikan kulit dan rambut

Kita sudah banyak mendengar mengenai manfaat biji rami bagi kesehatan terutama karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Biji rami memiliki dua jenis coklat dan emas, keduanya memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan dan juga kecantikan secara umum. Apa yang membuat biji rami memiliki banyak manfaat  adalah karena kandungan asam lemak Omega 3, yang merupakan asam lemak esensial yang diklaim dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi otak. Tapi apakah Anda tahu bahwa biji rami juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut anda?
Gambar Jenis biji rami cokelat dan emas
Gambar: Jenis biji rami cokelat dan emas

Manfaat biji rami untuk kecantikan

1. Melembabkan kulit: Asam lemak esensial yang ditemukan dalam biji rami dapat membantu menjaga kelembaban kulit secara alami sehingga membuatnya terlihat halus. Menurut Dr Jeffrey Benabio (seorang dokter kulit) hal ini disebabkan biji rami bermanfaat meningkatkan produksi minyak alami tubuh, yang diperlukan untuk menjaga kulit Anda lembut. Mengaplikasikan minyak biji rami secara langsung dapat melindungi dan melembabkan kulit secara alami. Manfaat minyak biji rami untuk melembabkan kulit ini dilakukan dengan dua cara . Pertama, air terkunci ke dalam kulit ketika Anda menerapkan minyak biji rami langsung ke kulit. Kedua, biji rami akan mencegah hilangnya air melalui kulit. Meningkatkan kelembaban kulit secara alami dapat mengurangi keriput yang menjadi penyebab utama penuaan.

2. Mencegah kulit kering: Dengan menjaga tingkat kelembaban kulit maka biji rami akan membantu mencegah kulit kering yang sering menimbulkan berbagai macam masalah. Efek pelembab dari biji rami dapat secara langsung mencegah kulit kusam. Kulit kering adalah prekursor berbagai kondisi kulit seperti psoriasis, eksim dan tanda-tanda penuaan. Karena kemampuannya ini maka tidak heran jika minyak biji rami sering ditemukan dalam berbagai macam produk perawatan kulit.

3. Mencegah kanker kulit: Antioksidan adalah senyawa penting yang bertanggung jawab menangkal efek buruk radikal bebas termasuk pada kulit. Senyawa ini ditemukan dalam biji rami dan beberapa jenis buah dan sayuran hijau. Rendahnya tingkat antioksidan dalam tubuh dapat menjadi masalah besar bagi kesehatan. Salah satunya adalah tidak terkendalinya oksidasi dari radikal bebas sehingga dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, seperti kanker kulit. Oleh sebab itu National Institute of Health menyatakan bahwa menggunakan minyak biji rami dapat melindungi diri sekaligus memperbaiki kulit dari kerusakan akibat sinar ultra-violet.

4. Mengurangi iritasi kulit: Salah satu manfaat minyak biji rami adalah bahwa mereka memiliki sifat anti-inflamasi. Itu artinya minyak biji rami dapat mencegah berbagai macam iritasi kulit termasuk peradangan jaringan, ruam dan kemerahan. Selain itu kandungan Asam lemak omega-3 dalam biji rami juga dikenal dapat meningkatkan kecepatan proses penyembuhan kulit.

5. Mencegah jerawat: Selain menerapkannya secara langsung ke kulit mengkonsumsi biji rami juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan termasuk mencegah timbulnya jerawat. Kita tahu jika jerawat merupakan masalah klasik banyak anak muda di Indonesia. Penyebab jerawat sangat banyak sekali seperti bakteri, kotoran, dan juga kulit berminyak. Dengan mengkonsumsi biji rami akan membantu mengontrol produksi sebum, zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar kulit, sehingga pada gilirannya akan mencegah timbulnya jerawat. Mengkonsumsi 1 sampai 2 sendok makan biji rami giling setiap hari dapat menjadi solusi sehat bagi kulit anda.

6. Meremajakan kulit: Anda bisa membuat ramuan sederhana untuk kulit dengan bubuk biji rami. Caranya adalah: Campur bubuk biji rami dengan yoghurt dan madu kemudian aduk hingga merata. Terapkan campuran tadi ke kulit anda sambil menggosokkan dengan lembut selama 10 menit. Setelah itu bilas seperti biasa. Scrub dari biji rami ini berguna mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit secara alami.

7. Mencegah ketombe: Masalah kulit kepala seperti ketombe sangat mengganggu terlebih karena rasa gatal dan tidak nyaman yang ditimbulkannya. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena kita bisa memanfaatkan sifat anti-inflamasi dari biji rami untuk mengurangi ketombe, eksim, dan kondisi kulit kepala lainnya. Biji rami berguna merangsang produksi sebum di kulit kepala, sehingga mencegah pengelupasan kulit kepala dan ketombe.

8. Menumbuhkan rambut: Biji rami salah satu makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 sehingga bermanfaat untuk menyehatkan folikel rambut. Dengan demikian akan membantu kekuatan rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan. Asam lemak omega-3 juga meningkatkan elastisitas rambut dan membuatnya tidak rentan terhadap kerusakan.

9. Mencegah rambut rontok: Alpha linolenat dalam biji rami mampu menghambat 5 alpha reductase, enzim yang mengubah testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT). DHT dapat menyusutkan folikel rambut, sehingga dapat mengakibatkan rambut rontok. ALA, asam linolenat dan asam oleat dalam biji rami biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengobati kebotakan pada laki-laki.

10. Mengurangi rambut kering: Biji rami adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3. Kekurangan nutrisi penting ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Menkonsumsi biji rami dapat membuat rambut lebih kuat dan terjaga kelembabannya.

11. Mengurangi minyak berlebih: Meskipun biji rami berguna memproduksi minyak secara alami bukan berarti biji rami dapat membuat kulit menjadi berminyak. Minyak yang dihasilkan oleh biji rami hanya sebagai pelembab alami kulit untuk mencegahnya dari kekeringan. Justru biji rami bermanfaat mengontrol minyak berlebih dengan cara menjaga kelembaban kulit.

12. Masker wajah: Setelah kita membaca mengenai manfaat biji rami untuk kecantikan di atas tentunya anda ingin tahu bagaimana membuat masker dari biji rami. Caranya cukup mudah yaitu pertama campur 2 sendok teh biji rami dan air secukupnya ke dalam mangkuk. Benih akan membengkak dan air akan berubah menjadi agar-agar. Terapkan campuran tadi ke wajah anda hingga kering, setelah itu bilas dengan air hangat.

Sebelum anda menggunakan segala sesuatu untuk diterapkan di wajah atau rambut anda lakukan tes patch terlebih dahulu. Dengan cara oleskan sedikit bahan yang anda gunakan sebagai perawatan kecantikan tersebut ke bagian dalam lengan dan tunggu beberapa jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. Meskipun belum ada informasi mengenai alergi biji rami saat diterapkan pada kulit tetapi hal ini tetap penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan biji rami

Meskipun manfaat biji rami untuk kesehatan dan kecantikan 
sangat banyak, tetapi anda tetap harus waspada dalam menggunakannya. Berikut beberapa efek samping biji rami:

Sifat pencahar: Seperti dicatat oleh National Institutes of Health (AS) Biji rami dapat memiliki sifat pencahar. Hal ini bisa mengakibatkan ketidaknyamanan perut, peningkatan jumlah buang air besar dan diare. NIH merekomendasikan orang dengan diare, sindrom iritasi usus, diverticulitis atau penyakit radang usus, termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, untuk tidak mengkonsumsi biji rami, tetapi mereka masih bisa menggunakannya untuk kulit dan rambut.

Untuk ibu hamil: Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi biji rami terlebih dahulu karena biji rami diketahui dapat bertindak seperti hormon estrogen. Beberapa pakar kesehatan khawatir jika hal ini dapat membahayakan kehamilan, meskipun sampai saat ini tidak ada bukti klinis yang  dapat mengkonfirmasi efek buruk biji rami bagi kehamilan. 


Alergi: Meskipun reaksi alergi terhadap biji rami sangat jarang, menurut UMHS (University of Michigan Health System), beberapa reaksi yang parah pernah dilaporkan. Gejala ini termasuk sakit perut, mual dan muntah. Bahkan sampai mengancam jiwa.

Share this

14 Top Makanan penurun asam urat tinggi

Penyakit asam urat disebabkan ketika kristal asam urat yang merupakan produk limbah alami dalam tubuh mulai terbentuk pada sendi, jelas Kate Di Prima, juru bicara di Dietitians Association of Australia. Makanan yang mengandung tinggi purin menghasilkan lebih banyak asam urat, jadi untuk mencegah penyakit ini anda bisa memulai denga menghindari makanan tersebut.
Makanan penurun asam urat
gambar: makanan penurun asam urat

Pantangan makanan penderita asam urat

Ada beberapa daftar makanan pantangan penderita asam urat seperti daging merah, jeroan, roti manis, dan saus. Beberapa jenis kerang dan ikan tertentu seperti herring, sarden, dan mackerel juga mengandung purin yang merupakan bahan kimia alami yang ditemukan pada sel mereka.

Sayangnya, sebagian makanan di atas merupakan ikan berminyak yang mengandung asam lemak omega-3, yang diketahui dapat mengurangi peradangan pada beberapa bentuk arthritis. Jadi ini mungkin sedikit membingungkan kita. Untuk menyiasatinya anda boleh mengkonsumsi makanan di atas tetapi dengan jumlah terbatas, sebagai gantinya pilihlah produk nabati sebagai penyeimbang nutrisi sekaligus untuk menurunkan kadar asam urat.

Makanan penurun asam urat

Mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu anda menurunkan asam urat yang disebut hyperuricemia. Tubuh memproduksi asam urat yang merupakan produk limbah selama pemecahan purin, yang ditemukan dalam banyak makanan. Kita secara alami biasanya menghilangkan asam urat melalui urin saat buang air kecil. Tingginya tingkat asam urat pada tubuh dapat menyebabkan batu ginjal, atau gagal ginjal.

1. Buah ceri: Meskipun buah ini kecil tetapi memiliki manfaat yang sangat mengagumkan bagi kesehatan. Ceri diketahui merupakan salah makanan yang dapat menurunkan asam urat saat dikonsumsi secara teratur. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah penelitian pada tahun 2003 lalu yang menunjukkan bahwa  ceri dapat menurunkan kadar asam urat pada 10 wanita peserta studi. Penelitian ini  diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

2. Cuka sari apel: Cuka sari apel sering digunakan sebagai ramuan alami yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Selain dapat membantu meringankan nyeri sendi, cuka sari apel diketahui juga cukup efektif digunakan sebagai makanan penurun asam urat. Kandungan asam malat dalam cuka sari apel diduga membantu memecah dan mengeluarkan asam urat dari tubuh. Cuka sari apel juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.  Anda bisa membuat ramuan sederhana dengan cuka sari apel dan air untuk membantu menurunkan asam urat anda. Caranya adalah: tambahkan 1-3 sendok teh cuka sari apel organik yang tidak dipasteurisasi dengan delapan ons air. Minum campuran sari apel dua sampai tiga kali sehari untuk membantu mengontrol kadar asam urat anda.

3. Jus lemon: mencukupi kebutuhan Vitamin C sangat penting dalam usaha menurunkan asam urat. Jus lemon merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat. Lemon akan merangsang kalsium karbonat berformasi sehingga akan mengendalikan kadar asam urat. Asam sitrat dan vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi pada level yang lebih rendah. Konsumsi air yang dicampur dengan lemon sangat baik untuk membantu anda menurunkan asam urat secara alami. Minum campuran tadi setelah makan untuk mengantisipasi jika anda memiliki gangguan asam lambung.

4. Minyak zaitun: Manfaat minyak zaitun sudah melegenda, terlebih karena zaitun telah diabadikan di dalam Al-Qur’an. Minyak zaitun extra virgin dianggap sebagai alternatif yang baik untuk obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) dan zaitun adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat secara alami. Vitamin E dalam buah zaitun memiliki sifat antioksidan yang dianggap penting untuk mengontrol kadar asam urat. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam sayuran. Hindari penggunaan minyak zaitun sebagai minyak goreng terutama karena penderita asam urat harus selalu menghindari makanan yang digoreng.

5. Keluarga berries: Beberapa jenis berry termasuk blueberry, stroberi serta cranberry merupakan makanan tinggi antioksidan yang harus anda masukkan ke dalam menu sehat penurun asam urat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam the Iranian Red Crescent Medical Journal pada tahun 2012 lalu buah Berries ditampilkan sebagai makanan untuk menurunkan asam urat. Seperti ceri, buah berry kaya akan proanthocyanidins dan anthocyanin. Bioflavonoid ini membantu mencegah kerusakan kolagen dan peradangan.

6. Peterseli: Peterseli dan konstituen flavonol utama, quercetin dan kaempferol, juga dapat mengurangi kadar asam urat. Peterseli dapat bertindak seperti diuretik alami yang membantu tubuh mengeluarkan kelebihan asam urat. Sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan di Iran Journal of Pharmaceutical Research menemukan bahwa peterseli, quercetin, dan kaempferol mampu mengurangi kadar asam urat pada tikus hyperuricemic secara signifikan. Sebuah flavonoid tertentu dalam peterseli yang disebut apigenin diketahui juga dapat mengurangi kadar asam urat. Apigenin dapat menghambat enzim xantin oksidase, yang bertanggung jawab untuk konversi dari purin menjadi asam urat.

7. Kacang Brazil: Sebenarnya beberapa jenis kacang umumnya mengandung tinggi purin sehingga harus dihindari oleh penderita asam urat, tetapi kacang brazil masuk dalam pengecualian. Kacang brazil hanya mengandung 23 miligram purin per cangkir, dimana kebanyakan jenis kacang memiliki hingga 40 mg purin. Beberapa jenis kacang lainnya yang berguna menurunkan asam urat termasuk almond dan mete.

8. Kacang pinto: Jenis kacang-kacangan sering dipandang sebagai makanan sehat karena menyediakan nutrisi yang melimpah seperti vitamin, folat, mineral, dan serat. Mencukupi kebutuhan asam folat sangat penting dalam pengobatan asam urat, dan makanan tinggi folat dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Kacang pinto bisa menjadi pilihan yang bagus karena selain tinggi asam folat, pinto juga rendah purin (57 mg per cangkir). Beberapa jenis kacang-kacangan rendah purin lainnya yang merupakan sumber yang baik dari asam folat termasuk kacang lima.

9. Biji rami: Manfaat biji rami sebagai makanan penurun asam urat sebenarnya sudah tidak asing laig. Biji rami dan minyak biji rami merupakan sumber asam lemak esensial yang dapat membantu mengurangi peradangan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, peneliti dari Brazil menemukan bahwa biji rami bermanfaat mengurangi kadar asam urat yang lebih baik daripada minyak kedelai. Meskipun studi ini menggunakan tikus sebagai obyek penelitian, tetapi para peneliti meyakini jika hasilnya tidak jauh berbeda pada manusia.

10. Buah apel: Selain dibuat cuka buah apel juga bisa dikonsumsi secara langsung untuk menurunkan asam urat. Buah apel mengandung tinggi serat dan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan. Selain bisa dimakan secara langsung apel juga bisa dikreasikan menjadi beberapa makanan. Pastikan untuk selalu memilih apel organik agar kandungan nutrisinya bisa terjaga dengan baik.

11. Air putih: Air selalu menjadi bagian penting yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia, terlebih untuk menjaga kesehatan. Mencukupi kebutuhan air putih bisa menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit berbahaya termasuk jantung, diabetes, asam urat dan stroke. Air berguna mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk kelebihan asam urat. Minum setidaknya 8 gelas air setaip hari dapat membantu anda meringankan penyakit asam urat.

12. Wortel: Wortel adalah sayuran yang sangat padat akan nilai gizi. Betakaroten merupakan nutrisi yang paling terkenal dari wortel. Betakaroten bisa bertindak sebagai antioksidan kuat yang berguna menurunkan asam urat ke level sehat. Anda bisa menikmati wortel dalam bentuk jus atau mengkonsumsinya secara langsung.

13. Bawang merah: Bawang merah juga dapat membantu mengurangi asam urat. Maka tidak heran jika dalam sate biasanya terdapat bawang merah, mungkin hal tersebut bertujuan agar bawang merah mengurangi tingkat purin pada daging. Bawang merah bisa dikombinasikan dengan jus lemon sebagai ramuan penurun asam urat.

14. Jeruk: Seperti yang sudah kita ketahui jika meningkatkan asupan vitamin C juga sangat penting untuk menurunkan asam urat. Seperti halnya vitamin A dan E, vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang berguna mengontrol kadar asam urat anda. Belum lagi, jeruk juga mengandung serat dan air yang tentunya juga sangat berguna bagi penderita asam urat.

Share this