Makanan sehat dan nutrisi untuk tumbuh kembang anak

Advertisement
Makanan merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan pertumbuhan anak. Memilih makanan yang mengandung tinggi nutrisi termasuk protein, vitamin, mineral dan karbohidrat kompleks bisa membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Pada dasarnya kebutuhan nutrisi anak-anak sama dengan orang dewasa, akan tetapi biasanya mereka membutuhkan energi yang lebih, karena pada masa tersebut mereka lebih aktif.
Makanan sehat untuk anak
image by pixabay.com

Nutrisi yang dibutuhkan selama tumbuh kembang anak

Protein: Protein adalah blok bangunan tubuh yang sangat diperlukan untuk perkembangan tulang, gigi, kuku, otot, otak dan sistem saraf. Protein mengandung asam amino, dimana delapan diantaranya dianggap penting dan harus berasal dari makanan. Anak-anak membutuhkan protein setiap hari tetapi tidak boleh melebihi 25 persen dari makanan atau snack yang mereka konsumsi. Kelebihan protein dapat melemahkan tulang dan meningkatkan tekanan pada ginjal.

Lemak: Meskipun kita sering menganggap lemak buruk untuk kesehatan, tetapi tidak bisa dipungkiri jika nutrisi ini sangat diperlukan dalam semua tahap kehidupan terutama bagi anak-anak. Lemak diperlukan dalam perkembangan otak yang optimal, komunikasi saraf dan transportasi hormon. Meskipun demikian, asupan lemak harian harus tetap dikontrol jangan sampai berlebih.

Karbohidrat: Karbohidrat menyediakan energi bagi tubuh untuk bisa beraktivitas fisik. Pada periode anak-anak mereka biasanya suka mengkonsumsi makanan manis karena kebutuhan karbohidrat dari gula masih sangat tinggi. Pada masa ini selera anak pada makanan manis akan semakin banyak seiring meningkatnya pertumbuhan fisik dan aktivitas mereka. Ketika pertumbuhan melambat, selera makan mereka juga akan mengalami penurunan sehingga akan mengurangi konsumsi makanan ringan. Untuk menyiasati hal ini sang ibu harus pandai memilih makanan yang bisa menyediakan energi bagi anak terutama yang berasal dari karbohidrat kompleks dan buah.

Vitamin dan Mineral: Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral setiap hari memainkan peran penting dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak. Menurut sebuah studi pada tahun 2010 lalu yang diterbitkan dalam Journal of Pediatric Endocrinology and Metabolism, vitamin dan mineral merupakan nutrisi kunci yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Beberapa kelompok mineral yang sangat baik untuk anak adalah zat besi, dan kalsium sedangkan untuk kelompok vitamin diantaranya vitamin A, C dan D.

Makanan sehat untuk anak

1. Ikan: Protein adalah nutrisi utama yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak. Jadi pastikan anak anda mendapatkan kecukupan dari nutrisi ini. Makanan sumber protein yang cukup baik diantaranya adalah ikan salmon, herring, tuna dan sarden. Ikan selain mengandung tinggi protein juga menyediakan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak.

2. Susu: Manfaat susu sudah banyak dikenal oleh masyarakat kita, karena minuman ini cukup populer sebagai sumber kalsium. Pada masa anak-anak kebutuhan kalsium memang cukup tinggi sehingga mereka membutuhkan makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu. Susu juga menyediakan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium, hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Belum lagi susu juga menyediakan beberapa vitamin, protein dan mineral penting lainnya yang tentunya juga sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

3. Buah-buahan: Buah-buahan menjadi komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Buah mengandung banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan. Buah-buahan seperti markisa, jeruk, jambu biji, dan beberapa keluarga berry sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak karena mengandung Vitamin C. Sedangkan Buah naga, pepaya, dan apel sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung tinggi vitamin A. Buah juga menyediakan serat dan beberapa mineral yang juga diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

4. Sayuran: Sayuran kadang kurang diminati anak-anak karena dianggap memiliki rasa yang tidak lezat. Sayuran pada umumnya memang memiliki rasa hambar dan kurang disukai orang terutama anak-anak, ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Padahal kita tahu jika sayuran sangat baik untuk kesehatan terutama berkat kandungan antioksidannya. Sayuran juga menyediakan tinggi vitamin, mieneral, serat dan hampir tidak memiliki kandungan kolesterol.
loading...

Share this

7 Manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh

Advertisement
Buah manggis adalah buah yang berasal dari daerah tropis Asia tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan di beberapa daerah Afrika. Buah ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa manis sedikit asam. Buah manggis mengandung tinggi air sehingga sangat menyegarkan.
gambar buah manggis segar
image by wikimedia.org, buah manggis

Buah manggis mengandung mineral dan vitamin seperti Vitamin B1, C, niasin, kalsium, serat, protein, dan nutrisi lainnya yang sangat menguntungkan untuk kesehatan. Buah manggis juga mengandung beberapa senyawa menakjubkan yang menawarkan berbagai macam manfaat untuk pencegahan penyakit. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa buah manggis memiliki xanthones yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Selengkapnya mengenai manfaat buah manggis bisa anda baca pada ulasan berikut:

1. Mencegah penyakit jantung: Penyakit jantung merupakan penyakit serius yang sangat berbahaya. Tanda-tanda penyakit jantug sangat sulit dideteksi sehingga banyak orang yang tiba-tiba meninggal karena penyakit ini sebelum melakukan penanganan. Tidak ada obat tunggal yang dapat secara efisien mengobati penyakit jantug kecuali dengan mengkonsumsi berbagai macam obat untuk mengontrol tanda-tanda dan gejala yang berbeda. Tetapi anda boleh sedikit bernafas lega karena ternyata dalam buah manggis menyimpan manfaat yang mengarah langsung ke pencegahan penyakit jantung termasuk faktor yang mempengaruhi peningkatkan penyakit ini. Selain itu buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat yang membantu metabolisme karbohidrat dan protein. Nutrisi tersebut sangat membantu mengurangi tekanan darah dan mengatur denyut jantung.

2. Mencegah kanker: Phytoceuticals yang ditemukan pada buah manggis diakui cukup mumpuni dalam menghancurkan sel-sel kanker, sekaligus mencegahnya tumbuh kembali. Suplemen dari buah dan kulit manggis sering ditemukan di berbagai toko herbal sebagai obat. Selain suplemen mengkonsumsi buah manggis secara langsung juga bisa membantu anda terhindar dari penyakit kanker berkat kandungan antioksidan penting di dalamnya.

3. Tinggi antioksidan: Buah manggis mengandung berbagai macam antioksidan penting yang berguna menangkal efek merugikan radikal bebas. Manggis mengandung lebih dari 40 senyawa biologis aktif yang disebut sebagai Xanthone. Beberapa contoh Xanthone adalah Alpha-mangostin yang merupakan antioksidan untuk melawan komponen tumor. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa manggis mengandung banyak antioksidan. Xanthone melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada sel. Radikal bebas adalah penyebab banyak penyakit berbahaya seperti knaker dan serangan jantung. Selain itu, manggis juga mengandung tinggi vitamin C yang juga merupakan antioksidan kuat. Vitamin C bermanfaat meningkatka sistem kekebalan tubuh sehingga membuatnya bisa bertahan dari serangan penyakit berbahaya termasuk serangan virus.

4. Meningkatkan kesehatan mata: Mata merupakan organ yang sangat penting bagi manusia sehingga menjaga kesehatannya menjadi suatu keharusan. Kesehatan mata sering terganggu akibat beberapa masalah termasuk radikal bebas. Karena buah manggis kaya akan antioksidan maka buah ini dapat membantu mencegah beberapa penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Mencegah penyakit otak: Ada berbagai macam penyakit yang dapat mempengaruhi otak termasuk Alzheimer, Parkinson, dan stroke. Sebagian besar penyakit di atas dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah manggis. Karena kandungan antioksidannya tersebut buah manggis bukan hanya dapat melindungi fungsi otak tetapi juga membantu mencegah penurunan mental seperti stres dan depresi.

6. Menjaga kesehatan kulit: Manfaat buah manggis yang satu ini mungkin sangat disukai wanita. Yup, apalagi jika bukan untuk kesehatan kulit.  Semua wanita pasti menginginkan kulit sehat yang terbebas dari jerawat. Untuk mendapatkannya seorang wanita kadang harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan yang harganya tentu tidak murah. Tetapi denga memanfaatkan buah manggis ternyata kita bisa mendapatkan keuntungan untuk kulit kita. Dengan menggunakan antioksidan dari buah manggis maka kita akan membantu melindungi kulit dari kerusakan termasuk jerawat. Vitamin C dalam buah manggis juga mampu mencegah penuaan sekaligus membantu mencerahkan kulit secara alami.

7. Sumber energi: Buah manggis memiliki rasa manis dan kandungan airnya cukup tinggi. Hal ini dapat mencegah dehidrasi sekaligus meningkatkan energi tubuh secara alami. Buah manggis juga mengandung sejumlah karbohidrat alami yang menyediakan energi instan. Tidak seperti minuman berenergi yang memiliki efek samping, buah manggis sangat aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, buah manggis juga mengandung riboflavin yang dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang akan digunakan dalam meningkatkan energi tubuh.
loading...

Share this

Manfaat infused water lemon bagi kesehatan tubuh

Advertisement
Jika anda membutuhkan minuman yang memiliki banyak manfaat sebagai pengganti minuman bersoda atau teh manis Infused water bisa menjadi pilihan tepat.
Dalam beberapa tahun terakhir banyak penelitian yang mulai melihat pentingnya hidrasi bagi kesehatan tubuh kita. Penelitian telah membuktikan bahwa hidrasi memiliki efek positif dalam meningkatkan konsentrasi dan produktivitas seseorang. Dehidrasi dapat menjadi faktor utama beberapa penyakit termasuk yang ringan sampai berat seperti sakit kepala, masalah pencernaan, diabetes, obesitas dan nyeri sendi. Mengkonsumsi air putih pada umumnya dapat membantu anda tetap terhidrasi sehingga akan membantu dalam penurunan berat badan dan mempertahankan tingkat energi.
Manfaat infused water
image by flickr.com, infused water

Tetapi mengapa Infused water menjadi begitu spesial, padahal air itu sendiri sudah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? Jawabannya sederhana, air dan buah sama-sama dibutuhkan dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh sehingga mencampurkan keduanya bisa memberikan manfaat ganda. Dengan menambahkan buah-buahan ke dalam air maka akan meningkatkan kandungan nutrisi dalam air itu sendiri termasuk berbagai macam vitamin penting. Manfaat infused water tergantung buah yang digunakan, contoh buah yang sering dipakai dalam infused water adalah apel, lemon, mentimun dan nanas. Nah,,kali ini kita akan melihat manfaat apa saja yang dimiliki infused water dari buah lemon, untuk mengetahuinya mari simak ulasan berikut:

1. Menyeimbangkan Ph tubuh: Infused water dari lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung Asam sitrat. Senyawa yang ditemukan dalam buah lemon ini dapat membantu mempertahankan keseimbangan pH tubuh. Setiap sel dalam tubuh Anda terdiri dari sebagian besar air. Makanan seperti daging merah, produk susu dan gula cenderung membuat tubuh Anda lebih asam. Namun, asam sitrat yang ditemukan dalam lemon membantu mempertahankan keseimbangan pH tubuh dalam kisaran yang ideal, yang pada gilirannya akan membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Menjaga kesehatan ginjal: Asam sitrat yang terkandung dalam lemon membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ penting yang berguna dalam menjaga hidrasi yang tepat, mengatur tekanan darah dan pembuangan limbah dari tubuh. Jika ginjal ini bermasalah maka tidak akan dapat melakukan tugasnya dengan baik. Asam sitrat dalam lemon berguna mencegah kristalisasi yang disebabkan oleh limbah produk kalsium oksalat dan asam urat yang mengkristal.

3. Tinggi vitamin C: Buah lemon tergolong sebagai buah yang mengandung tinggi vitamin C, hal ini ditandai dengan rasa asam yang dimilikinya. Vitamin C sangat berguna sekali dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat pertahanan tubuh lebih kuat dalam menghalau penyakit. Selain itu Vitamin C juga dapat membantu dalam produksi kolagen, protein penting yang ditemukan dalam tubuh. Kolagen diperlukan untuk penyembuhan luka dimana dia banyak ditemukan dalam tulang, gigi, tendon dan pembuluh darah.

4. Detoksifikasi tubuh: Salah satu manfaat utama dari infused water adalah membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan campuran air dan antioksidan penting yang terdapat dalam buah menjadi komponen penting dalam detoksifikasi tubuh. Bukan hanya itu, campuran keduanya juga bisa membantu anda menurunkan berat badan karena air dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang menjadi faktor penting dalam penurunan berat badan.

Demikian tadi beberapa manfaat infused water dai buah lemon bagi kesehatan tubuh kita, sebenarnya secara umum kita akan mendapatkan manfaat yang sama jika mengkonsumsi buah lemon dan air secara terpisah tetapi infused water menjadi pilihan menarik karena dirasa cukup praktis untuk mendapatkan manfaat dari keduanya.
loading...

Share this

8 Manfaat buah jambu air bagi kesehatan

Advertisement
Jambu air sering dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga karena memiliki kandungan air cukup tinggi. Buah ini berasal dari negara dengan iklim tropis seperti halnya negara kita Indonesia. Dalam bahasa inggris jambu air disebut rose apple  meskipun secara bentuk tidak menyerupai buah apel. Jambu air merupakan buah populer di kalangan anak-anak di daerah tropis, menurut Purdue University. Buah ini menyediakan tinggi nutrisi seperti tiamin, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, kalium dan sulfur. Jambu air juga mengandung serat, rendah lemak dan kalori, dengan 56 kalori per 100g dari bagian yang dapat dimakan.
buah jambu air
image by flickr.com, buah jambu air

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

1. Mengontrol diabetes: Jambosine adalah jenis alkaloid yang ditemukan dalam akar jambu air. Senyawa ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam memblokir atau mengatur konversi pati menjadi gula. Ini bisa menjadi indikasi yang sangat bagus bagi penderita diabetes bahkan bagi mereka yang yang berisiko mengalami diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung untuk mengetahui efek jambosine untuk meringankan penyakit diabetes.

2. Mencegah kanker: Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi vitamin, serat, dan mineral seperti sayuran dan buah termasuk jambu air akan memberikan perlindungan langsung dalam melawan serangan kanker payudara. Selain itu, penelitian terbaru juga menunjukkan mengurangi asupan lemak dari makanan dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Kita tahu jika jambu air merupakan makanan yang sangat rendah lemak seperti halnya kebanyakan jenis buah lainnya.

3. Detoksifikasi tubuh: Sudah sejak ratusan tahun yang lalu, jambu air telah digunakan sebagai zat diuretik yang membantu membersihkan hati dan toksisitas ginjal. Kedua organ tersebut memang paling sering terkontaminasi oleh racun dan zat kimia dari luar tubuh. Sehingga membersihkan keduanya merupakan cara terbaik untuk mengurangi pencemaran di dalam tubuh secara keseluruhan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan: Komponen aktif dan stabil dalam jambu air telah dipuji karena memiliki efek antimikroba dan anti-jamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa karena sifatnya tersebut jambu air dapat melindungi kulit dari berbagai jenis infeksi sekaligus meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit akibat infeksi. Melemahnya sistem imun tubuh membuat tubuh lebih mudah terserang berbagai macam penyakit termasuk flu.

5. Menurunkan kolesterol: Jambu air mengandung tinggi sarat dengan tambahan vitamin C, kedua nutrisi ini yang telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian tunggal, 125 peserta penelitian mengalami penurunan tingkat kolesterol hingga 19% setelah mengkonsumsi jambu air hanya dalam waktu 1 minggu. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi mereka yang sedang memiliki masalah dengan kolesterol.

6. Mencegah penyakit alzheimer: Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus jambu air bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus dalam penelitian yang diberi makan jambu air telah menunjukkan peningkatan neurotransmitter asetilkolin.

7. Menjaga kesehatan kulit: Vitamin C yang terdapat dalam jambu air berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat melindungi sel-sel sehat dari kerusakan oksidatif. Jambu air juga melindungi kulit terhadap infeksi bakteri dan jamur sehingga membuatnya lebih sehat. Vitamin C juga akan meningkatkan kesehatan gusi dan gigi sekaligus menjaga kesehatan mata dari kerusakan.

8. Baik untuk ibu hamil: Selain tinggi serat yang dapat melancarkan pencernaan ibu hamil, jambu air juga menyediakan vitamin A dimana dalam keadaan hamil wanita membutuhan tambahan nutrisi ini. Seorang wanita hamil membutuhkan tambahan vitamin A 3500 Si. Dengan demikian, mengkonsumsi jambu air dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A harian ibu hamil. Belum lagi kandungan airnya yang tinggi juga dapat mencegah dehidrasi pada ibu hamil saat mengalami morning sickness.
loading...

Share this

Kandungan nutrisi dan manfaat lobster

Advertisement
Lobster adalah jenis seafood besar dengan tampilan seperti udang yang masih dalam keluarga Nephropidae. Lobster dapat ditemukan di semua samudra, spesies ini hidup pada bebatuan, pasir, atau dasar berlumpur dari garis pantai. Mereka umumnya dikonsumsi dalam bentuk sup, direbus dan dipanggang. Lobster adalah salah satu makanan yang paling digemari karena rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang melimpah. Lobster mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang penting untuk kesehatan kita.
gambar lobster di piring
image by flickr.com, gambar lobster

Manfaat dan kandungan nutrisi lobster

Pada umumnya lobster bukan makanan sumber kalsium yang mudah didapat karena jenis seafood ini mungkin hanya dikonsumsi sesekali saja bukan sebagai menu harian. Meskipun demikian Lobster menyediakan beberapa mineral penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Setiap porsi lobster dengan ukuran 6 ons mengandung 140 miligram kalsium dan 274 miligram fosfor. Jumlah tesebut memenuhi 14 persen kebutuhan kalsium dan 39 persen kebutuhan fosfor harian anda. Kedua mineral tersebut sangat penting untuk membentuk komponen hidroksiapatit padat, mineral kuat yang banyak ditemukan dalam tulang kita. Kalsium juga mendukung kesehatan saraf, sedangkan fosfor ikut andil dalam memelihara membran sel.

Daging lobster sangat bermanfaat bagi kesehatan berkat kandungan nutrisinya. Lobster memiliki kandungan lemak yang relatif rendah dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dua alasan ini membuat lobster menjadi pilihan terbaik untuk atlet dan mereka yang memiliki aktivitas ekstra. Pada umumnya lobster  lebih rendah kolesterol dibandingkan jenis seafood lain, Oleh karena itu, daging lobster cukup aman dikonsumsi. Meskipun demikian anda tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Lobster juga mengandung asam lemak Omega-3, yang membantu menurunkan tekanan darah, mencegah serangan jantung dan sangat baik untuk otak jika dikonsumsi dalam jumlah tepat.

Lobster diperkaya dengan kandungan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh untuk bisa berfungsi secara normal seperti fosfor, selenium, tembaga, zinc, kalium, dan vitamin B12. Selenium yang terkandung dalam lobster membantu sistem kekebalan tubuh dan kelenjar tiroid. Sedangkan kandungan tembaga dalam lobster dapat mencegah penyakit tulang dan jaringan. Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan saraf dan sel-sel darah merah. Fosfor berkontribusi besar untuk fungsi ginjal yang tepat dan mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh radang sendi. Zinc mempromosikan peningkatan aktivitas otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menyediakan sistem reproduksi yang sehat, sedangkan Kalium berkontribusi untuk meningkatkan fungsi jantung.

Perhatian dan keamanan

Jenis seafood pada umumnya harus mendapatkan perhatian khusus terlebih karena mereka mengandung kolesterol dan natrium. Meskipun lobster menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan tetapi anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Setiap 6 ons lobster mengandung hingga 719 miligram natrium dan 216 miligram kolesterol. Jumlah tersebut mendekati ambang batas kebutuhan kolesterol dan natrium harian, dimana orang dewasa hanya boleh mendapatkan 2.300 miligram natrium dan 300 miligram kolesterol. Kedua nutrisi ini jika berlebih memiliki potensi untuk membahayakan sistem kardiovaskular Anda. Natrium dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda sudah menderita kolesterol tinggi atau penyakit jantung, Anda harus membatasi asupan kolesterol pada batas 200 miligram per hari, dan satu porsi lobster sudah melebihi ambang batas kebutuhan tersebut.
loading...

Share this

7 manfaat udang dan kandungan nutrisi di dalamnya

Advertisement
Udang adalah hewan bermata krustasea renang dengan ekor panjang yang sempit, dengan kumis panjang (antena), dan kaki ramping. Mereka dapat berenang maju dengan mengayuh menggunakan swimmerets di bagian bawah dari perut mereka. Berbeda dengan Kepiting dan lobster yang memiliki kaki kuat untuk berjalan, udang memiliki kaki rapuh tipis yang digunakan untuk bertengger. Udang adalah salah satu produk laut yang cukup menguntungkan karena menyediakan berbagai nutrisi penting bagi tubuh manusia.

gambar udang di mangkuk
image by pixabay.com, gambar udang

Kandungan nutrisi dalam udang

Seperti kebanyakan jenis seafood lainnya, udang merupakan sumber vitamin B yang melimpah. Satu porsi dengan berat 3-ons memenuhi 58 persen dari kebutuhan vitamin B-12 harian anda, 14 persen dari RDA (Recommended Dietary Allowance) niasin dan 12 persen dari RDA vitamin B-6. Vitamin ini penting dalam perkembangan sel darah merah, kesehatan saraf, perawatan kulit yang sehat, membakar lemak tubuh, metabolisme dan pencernaan. Tiga ons udang menyediakan 12 persen dari RDA vitamin E dan 8 persen dari RDA vitamin A. Vitamin E dan vitamin A memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, pemeliharaan penglihatan malam dan kesehatan sel dan membran yang membantu mencegah infeksi.

Udang juga menyediakan beberapa mineral penting yang dibutuhkan untuk berbagai macam fungsi organ penting. Tiga ons udang menyediakan 21 persen dari kebutuhan fosfor harian anda, 13 persen zinc, 7 persen magnesium dan 6 persen kalsium. Kesemuanya adalah mineral yang penting untuk fungsi saraf, kontraksi otot, pembekuan darah, fungsi kekebalan tubuh, regulasi glukosa, kesehatan reproduksi dan kesehatan tulang.

Manfaat udang bagi kesehatan

1. Sumber protein: Udang adalah makanan sumber protein yang cukup baik. Setiap 6-ons daging udang menyediakan sekitar 39 gram protein. Kebutuhan protein harian untuk wanita dewasa yaitu 46 gram sedangkan pria 56 gram. Protein dari sumber hewani sangat penting karena mengandung semua asam amino. Setiap sel dalam tubuh kita mengandung molekul protein dan asam amino, jadi dengan memenuhi kebutuhan protein akan memungkinkan sel-sel untuk menghasilkan protein baru yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan.

2. Mencegah kanker: Udang menyediakan sejumlah selenium yang sangat baik untuk pencegahan penyakit kanker. Kurangnya selenium dalam tubuh telah dikaitkan dengan tingginya risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat. Para peneliti di Institute of Food Research (IFR) mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium memiliki kemampuan 13 kali lebih kuat dalam melawan kanker. Jadi udang bisa anda kombinasikan dengan makanan kaya kaya sulforaphane seperti brokoli, kubis dan sayuran silangan lainnya.

3. Menjaga kekuatan rambut: Jika anda memiliki masalah rambut rontok, ada baiknya melihat apakah anda sedang mengalami defisit protein atau tidak. Protein adalah bagian penting dari setiap jaringan sel di dalam tubuh dan udang adalah sumber yang sangat baik dari protein. Kekurangan protein akan membuat kekuatan otot rambut menjadi melemah dan pada gilirannya akan membuatnya mudah rontok.

4. Meingkatkan kekuatan tulang: Udang diperkaya dengan dua mineral penting yang berguna menjaga kepadatan tulang yaitu kalsium dan fosfor. Keduanya bekerja sama dalam meningkatkan kekuatan tulang sehingga mencukupi kedua mineral tersebut dari udang bisa menjadi cara yang baik untuk mencegah osteoporosis.


5. Anti-depresan: Manfaat udang tidak jauh berbeda dengan beberapa jenis ikan karena sama-sama mengandung tinggi asam lemak omega-3. Penelitian menemukan jika omega-3 menawarkan perlindungan yang kuat terhadap depresi sekaligus membantu meningkatkan suasana hati pada peserta studi.

6. Kaya zinc: Zinc adalah mineral penting yang bermanfaat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Mengkonsumsi udang akan membantu anda memenuhi kebutuhan zinc harian karena udang merupakan sumber zinc yang sangat baik. Selain itu, zinc juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi selaput sel dari kerusakan oksidatif sekaligus menstabilkan struktur protein sel.

7. Sumber Vitamin B12: Vitamin B12 sangat diperlukan oleh tubuh untuk aktivitas sel saraf yang normal serta produksi sel darah merah yang membantu mencegah anemia. Hal ini juga diperlukan untuk membantu membuat DNA, bahan genetik dalam semua sel. Vitamin B12 dalam udang juga bermanfaat membantu sel-sel untuk metabolisme protein, karbohidrat dan lemak yang diperlukan untuk produksi hormon suasana hati. Bersama dengan asam folat nutrisi ini berfungsi mengontrol kadar homosistein untuk mengurangi peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, osteoporosis dan penyakit Alzheimer.

Mengkonsumsi udang juga memiliki beberapa efek negatif terutama untuk kesehatan jantung karena mereka juga mengandung sodium dan kolesterol. 6-ons daging udang mengandung 359 miligram kolesterol, yang lebih dari batas asupan harian. Udang juga mengandung 1.610 miligram sodium per porsi, atau 70 persen dari batas asupan sodium harian. Mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol secara rutin merupakan ancaman potensial bagi orang yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung. Sedangkan asupan sodium berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, yang akan menempatkan beban yang berlebihan pada pembuluh darah sehingga akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
loading...

Share this

10 manfaat kepiting dan kandungan nutrisi di dalamnya

Advertisement
Kepiting adalah hewan yang bisa ditemukan di laut atau perairan air tawar. Di berbagai negara kepiting menjadi salah satu makanan yang paling banyak digemari karena selain lezat juga menyediakan banyak manfaat untuk kesehatan. Kepiting bisa dimasak dengan berbagai cara termasuk dibuat kari, dikukus, direbus, dipanggang atau digoreng. Beberapa spesies, seperti kepiting soka, biasanya dimakan utuh.

Kandungan nutrisi kepiting

Kepiting adalah jenis seafood yang relatif rendah merkuri. Kita tahu jika merkuri merupakan zat kimia berbahaya yang banyak mencemari ikan dan produk laut lainnya. Karena kandungan merkurinya cukup rendah kepiting bisa dijadikan pilihan yang baik pengganti ikan laut. Kepiting juga merupakan sumber vitamin A, C dan vitamin B termasuk B12, dan mineral seperti zinc dan tembaga. Kandungan selenium dalam kepiting disinyalir juga dapat mencegah kanker berkat aktivitasnya sebagai antioksidan. Kepiting juga memiliki beberapa kromium, yang dianggap sebagai mineral yang berguna jika Anda memiliki resistensi insulin, karena dapat meningkatkan metabolisme gula darah.
gambar kepiting
image by pixabay.com, gambar kepiting

Daging kepiting memiliki banyak manfaat dari keberadaan asam lemak omega-3 di dalamnya. Omega-3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang merupakan lemak sehat. Bahkan, studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol buruk (LDL).

Manfaat kepiting bagi kesehatan

1. Mencegah anemia: Bagi anda yang mengalami kekurangan sel darah merah atau lebih dikenal dengan istilah anemia bisa mengkonsumsi kepiting. Kepiting merupakan sumber vitamin B12, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehingga akan mencegah anemia. Selain kepiting beberapa jenis seafood juga menyediakan vitamin ini termasuk udang.

2. Mencegah stres: Diantara kandungan mineral yang menguntungkan dalam kepiting adalah selenium. Selenium bekerja dengan antioksidan lain untuk membantu mencegah stres oksidatif. Selain itu, Dalam sebuah studi menemukan jika kurangnya asupan selenium dalam makanan dapat berkontribusi besar pada peradangan sendi. Setiap 100 gram kepiting memenuhi sekitar 50% kebutuhan selenium harian anda.

3. Fungsi saraf: Magnesium adalah salah satu mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga anda perlu mendapatkannya dari makanan seperti kepiting. Magnesium memiliki peran penting untuk mendukung kesehatan tubuh terutama sistem saraf. Beberapa fungsi magnesium diantaranya membantu meningkatkan fungsi saraf dan otot. Keduanya sangat penting untuk mengontrol tekanan darah.

4. Baik untuk ibu hamil: Jika anda mencoba untuk hamil nutrisi utama yang harus anda penuhi adalah asam folat. Asam folat berguna mencegah cacat tabung saraf pada bayi, sebuah kondisi yang mempengaruhi otak dan tulang belakang. Makanan sumber asam folat umumnya didominasi oleh sayur dan buah, tetapi beberapa seafood juga meyediakan nutrisi ini termasuk kepiting.

5. Jantung yang sehat: Kepiting merupakan sumber asam lemak omega-3. Studi mengungkapkan bahwa kurangnya asupan omega-3 dalam darah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Belum lagi, kepiting juga menyediakan magnesium yang juga berguna meningkatkan sistem kardiovaskular anda secara keseluruhan.

6. Kesehatan mulut: Bibir sakit, sariawan dan retak di sudut mulut adalah tanda-tanda dari kurangnya riboflavin dalam tubuh. Karena kepiting merupakan sumber riboflavin mengkonsumsi kepiting bisa membantu mencegah masalah kesehatan tersebut.

7. Menjaga kesehatan kulit: Salah satu nutrisi yang menguntungkan dalam kepiting yaitu zinc yang dapat membantu menghilangkan dan mencegah jerawat. Zinc dalam kepiting berguna mengontrol produksi minyak berlebih di kulit. Zinc juga mendukung pertumbuhan sel kulit yang sehat sekaligus membantu dalam penyembuhan masalah kulit lain seperti psoriasis, ketombe, ruam dan eksim. Selain itu zinc disebut-sebut juga merupakan mineral penting untuk meningkatkan kesehatan pria dewasa.

8. Menjaga kekuatan tulang: Dua mineral penting yaitu tembaga dan zinc bermanfaat meningkatkan penyerapan vitamin D, sedangkan vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium. Memaksimalkan penyerapan kalsium dapat menjadi indikasi bagus untuk kesehatan tulang anda.

9. Pembentukan otot: Kepiting merupakan makanan yang mengandung tinggi protein dimana nutrisi ini sangat penting untuk pembentukan otot. Dengan mencukupi kebutuhan protein beberapa bagian tubuh termasuk rambut dan kuku juga akan mendapatkan kembali kekuatan mereka, ini juga berguna mencegah rambut rontok.

10. Sumber niacin: Manfaat kepiting untuk menurunkan kolesterol selain didapat dari kandungan omega-3 nya juga didukung dari kehadiran niacin. Niacin merupakan kelompok vitamin B kompleks yang bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol buruk dan trigliserida, ini merupakan sarat utama untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Keamanan: Satu porsi daging kepiting atau sekitar 3-ons mengandung hingga 911 miligram sodium. Orang dewasa normal harus membatasi asupan natrium dikisaran 2.300 miligram per hari. Sedangkan untuk orang yang menderita atau berisiko tinggi terkena penyakit jantung tidak boleh melebihi 1.500 miligram natrium. Kelebihan natrium dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dengan demikian anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kepiting.
loading...

Share this