10 Manfaat bawang putih dan kandungan nutrisinya

Advertisement
Bawang putih adalah salah satu jenis rempah paling umum di gunakan di berbagai resep masakan masyarakat dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Bawang Putih selalu menjadi bahan penting disetiap makanan, itu karena aromanya yang harum dan dimanfaatkan sebagai penyedap. 

image by publicdomainpicture.com

Ada salah satu ciri khas dari Bawang Putih yang menonjol, yaitu memiliki bau yang menyengat dan tajam. Beberapa orang tidak masalah dengan aroma dari tanaman ini, tapi ada sebagian orang juga merasa terganggu dengan aromanya. Meski begitu, ternyata Bawang Putih tidak boleh di remehkan begitu saja hanya sebagai bumbu masakan, karena tanaman ini bisa  dibilang adalah tanaman ajaib, karena mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh Manusia.

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan yang berasal dari alam selalu memiliki manfaat dan  khasiat masing-masing di dalam tubuh, begitu juga dengan Bawang putih. Kali ini kami akan membahas apa saja manfaat dari Bawang Putih bagi kesehatan tubuh Manusia. Namun sebelumnya, akan di ulas kandungan senyawa apa saja yang terkandung di dalam Bawang Putih itu sendiri sehingga membuatnya istimewa.

1. Memiliki Senyawa Allicin

Sejak dahulu tanaman Bawang putih sudah dikenal sebagai bahan campuran obat tradisional di berbagai  peradaban manusia, salah satunya di Mesir Kuno. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa Allicin yang ada di setiap siung Bawang putih.

Allicin sendiri adalah salah satu komponen/zat alami yang terdapat dalam bawang putih dengan dosis paling besar. Allicin ini ialah zat anti bakter ampuh yang dapat menjadi pertahanan diri dari bawang putih agar tidak terserang penyakit maupun bakteri.

Telah dilakukan banyak riset terkait senyawa Allicin pada bawang putih, dan telah diketahui bahwa senyawa Allicin dapat menjadi faktor penting bagi tercapainya tubuh jasmani yang lebih sehat. Berikut ini beberapa manfaat dari Allicin:

  • Menurunkan berat badan 
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi 
  • Antioksidan 
  • Anti bakteri

Faktanya, senyawa sulfur atau disebut Allicin yang ada pada bawang putih inilah sehingga bawang putih mengeluarkan bau atau aroma menyengat. Jadi, sebenarnya aroma tersebut menyimpan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

2. Diallyl Sulfida (Zat Anti Kanker)

Penyakit kanker adalah salah satu dari macam penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Kanker menjadi momok menakutkan bagi  setiap  individu di dunia karena sifatnya yang sukar di ketahui dan diobati. Namun,  penelitian terbaru telah membuktikan bahwa ternyata zat yang ada dalam Bawang putih dapat  berguna dalam menangkal pertumbuhan kanker dalam tubuh. Tentu ini adalah suatu penemuan yang berharga di bidnag kesehatan, apalagi saat ini semakin tinggi saja pengidap penyakit kanker dan belum di  ketahui cara menanganinya.

Bawang putih memiliki kandungan zat yang disebut diallyl sulfide. Zat inilah yang menjadi agen anti kanker di tubuh Manusia. Para ahli menyebutkan bahwa mereka menemukan kandungan dially sulfide tersebut dapat menghambat pertumbuhan PhIP yang ialah bentuk lain dari amina heterosiklik (HCA) yaitu zat aktif penyebab kanker payudara pada wanita. Diallyl sulfide mengubah PhIP menjadi karsinogen, yang artinya kanker akan sulit berkembang.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan bawang putih sebgai bumbu masakan setiap hari, meski aromanya tidak begitu Anda sukai.

3. Kaya Nutrisi

Bukan hanya melulu yang aromanya berguna dalam masakan, tapi ternyata bawang putih mempunyai kandungan banyak sekali nutrisi penting bagi tubuh. Tanaman tinggi akan vitamin C dan kalsium juga zat besi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan list kandungan vitamin dan nutrisi dari  Bawang putih (per 136 gr) dibawah ini:

  • Vitamin C; dapat melengkapi 71 % kebutuhan harian 
  • Kalsium; dapat  melengkapi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; dapat melengkapi 13 % kebutuhan harian 
  • Karbohidrat (45 gr); melengkapi 15 % kebutuhan harian 
  • Serat (3 g); melengkapi 11 % kebutuhan harian.

List di atas tentu sangat penting dan esensial bagi kebutuhan tubuh Anda, sehingga Bawang putih  tidak diragukan lagi sebagai tanaman kaya akan nutrisi. Selain itu, bawang putih nyatanya tidak memiliki kandungan lemak jenuh serta jumlah kalori yang sedikit.

Sungguh patut di pertimbangkan juga untuk memasukkan bawang putih dalam diet harian Anda agar berat badan tetap terjaga.

4. Memangkas Kolesterol Jahat (LDL)

Mungkin inilah kehebatan lain dari Bawang putih, yaitu dapat mengusir kolesterol Jahat dari tubuh Anda seketika!

Menurut penelitian yang sudah di lakukan, Bawang putih memiliki kemampuan dalam menurunkan tingkat atau kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah secara langsung. Persentase yang di peroleh dari penelitian itu adalah sebanyak 10-15% kolesterol jahat dapat di kurangi. Tetapi meskipun begitu, bawang putih tidak akan berefek terhadap kolersterol  baik (HDL) dalam darah, sehingga sangat aman di konsusmsi.

5. Zat Insulin


Bawang putih juga mengandung insulin, yaitu zat yang dapat mengurangi tingkat gula darah di tubuh. Jadi, bila Anda berpotensi mengidap penyakit diabetes,  maka bawang putih adalah salah satu bahan alami yang cocok  untuk dikonsumsi.  Meski begitu, ada baiknya jangan mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan agar tidak drop.

Itulah beberapa kandungan dan nutris penting yang ada di dalam Bawang Putih. Sampai sekarang bawang putih masih eksis sebagai bahan baku  obat dan bumbu masakan di penjuru dunia,  karena banyak manfaat yang bisa di dapat selain untuk memanjakan lidah Anda tapi  juga menunjang kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dari Bawang Putih:

6. Mengatasi jerawat

Dengan metode yang baik, ternyata bawang putih terbukti daapt menghilangkan jerawat di wajah Anda. Jerawat pada dasarnya timbul akibat adanya penumpukan kotoran di pori-pori kulit wajah, sehingga dapat lebih rentan menyimpan bakteri serta kotoran. Dengan sifatnya yang anti bakteri, bawang putih berfungsi sebagai pembersih wajah sekaligus menangkal bakteri penyebab jerawat dari wajah Anda.

Metode yang baik disini maksudnya adalah penggunaan dosis yang tepat dari bawang putih, karena bagaimanapun wajah adalah bagian yang cukup sensitif dari  tubuh, sehingga bila tidak berhati-hati, maka akan terjadi iritasi.

7. Meningkatkan kesehatan Jantung
Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal, bahwa bawang putih dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh sehingga pada akhirnya kerja jantung Anda semakin ringan dan menjamin kesehatannya. Cara konsumsi bawang putih bila ingin menyehatkan jantung ialah dengan memakannya langsung (1siung) secara mentah atau menumisnya dengan minyak zaitun atau mentega lalu dimakan.

8. Melawan Infeksi

Tidak diraguan lagi, adanya kandungan selenium, magnesium, flavonoid, allicin serta berbagai vitamin di dalam bawang putih, dapat berguna dalam mempercepat proses penyembuhan infeksi di luka. Bawang putih dapat menjaga luka Anda tetap bersih selama proses penyembuhan karena sifat anti bakteri nya.

9. Mengobati sakit tenggorokan

Bawang putih lagi-lagi dapat bermanfaat bila Anda sedang menderita sakit tenggorokan. Cukup mencampurkan bawang putih sedikit dalam minuman atau jus Anda, maka hal tersebut dapat  mempercepat penyembuhan. Selain itu, Anda dapat menambahkan madu dalam ramuan bawang putih Anda agar lebih nyaman tenggorokannya.

10. Menyembuhkan sakit gigi

 
Sifat anti-bakteri serta anesthetizing yang ada pada bawang putih terbukti mengurangi sakit yang disebabkan oleh bakteri di gigi Anda. Cara penerapannya ialah hanya dengan meletakkan bawang yang telah di potong-potong halus di sela-sela gigi berlubang Anda.
loading...

Share this