Tuesday, January 31, 2017

10 Manfaat daun pegagan bagi kesehatan

Advertisement
Manfaat daun pegagan sebagai obat herbal alami. Daun pegagan tak jarang diaplikasikan sebagai salah satu obat herbal yang ampuh mengobati berbagai macam penyakit, baik untuk penyakit ringan ataupun kronis.

Manfaat daun pegagan
image by wikimedia.org

Adapun beberapa jenis penyakit yang kerap kali bisa disembuhkan menggunakan daun pegagan yaitu kesuburan, kulit, kecerdasan otak, jerawat, perawatan kecantikan, hingga bagi ibu hamil. Tanaman pegagan umumnya dari Asia tropic yang tersebar ke berbagai wilayah di Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia.

Kandungan Daun Pegagan

Khasiat dan manfaat daun pegagan sendiri dikarenakan kehadiran dari kandungan senyawa kimia dalam pegagan. Adapun beberapa kandungan senyawa kimia tersebut, diantaranya Centelloside, Asiaticoside, Thankuniside, Carotenoids, Madecassoside, Isothankuniside, Brahmic Acid, Brahmoside, Madasiatic acid, Hydrocotylin, Meso inositol, Tanin, Vellarine hingga beberapa kandungan garam mineral, diantaranya magnesium, kalium, zat besi, kalium dan natrium. Dengan kandungan tersebut itulah, daun pegagan memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat daun pegagan, berikut beberapa khasiat yang bisa didapatkan jika kita memanfaatkan daun pegagan ini diantaranya :

1. Meminimalisir Kecemasan

Menurut penelitian yang dilakukan para peneliti di India, tentang efek daun pegagan itu sendiri mengungkapkan bahwa daun pegagan bisa mengurangi kecemasan atau depresi. Pihak peneliti mengumpulkan sebanyak 33 subjek tes, dengan diberikan 2 kapsul berisi 500 mg ekstra daun pegagan di tiap harinya hingga 60 hari periode uji. Peneliti pun mengamati para peserta tes dalam rentang periode penelitian lalu memberikan kuesionar di awal pengujian untuk diisi, sesudah 30 hari hingga di akhir pengujian.

Menurut pengamatan beserta tanggapan, para peneliti menemukan dimana daun pegagan dapat melengkapi gejala dengan signifikan untuk meminimalisir terjadinya kecemasan.

2. Untuk Mengobati Sakit Tipes

Untuk mengatasi sakit tipes, Anda bisa memanfaatkan daun pegagan. Caranya yaitu dengan menyiapkan ½ genggam dari daun jintan, 1 genggam dari daun pegagan hingga 5 batang tanaman tapak liman. Kemudian semua bahan tadi dicuci hingga bersih lalu dikukus agar diambil bagian airnya, kemudian ditambahkan 1 sdm madu kemudian diminum.  Hal tersebut berkhasiat mengobati tipes.

3. Mengatasi Sariawan, Masalah Usus dan Disentri

Manfaat daun pegagan juga sangat efektif untuk mengatasi disentri, sariawan hingga masalah usus. Jika Anda ingin mencoba menggunakan ramuan tersebut, caranya menyiapkan 1 rimpang kunyit, 2 genggam daun pegagan segar. 1 sdt rasuk angin, 9 butir ketumbar, dengan 110 cc air, kemudian ditumbuk lalu tambahkan air kemudian di saring. Lalu didihkan serta minum sebanyak 1 kali dalam sehari untuk dosis 100 cc hingga 7 hari.

4. Mengobati Demam dan Meningkatkan Nafsu Makan

Daun pegagan juga bermanfaat untuk menyembuhkan demam, dan meningkatkan nafsu makan. Adapun caranya yaitu dengan menyiapkan 5 gram daun pegagan kemudian diseduh memakai air secukupnya, lalu ditumbuk kemudian diperas menjadi pengganti minuman teh.

5. Mengobati Sakit Kepala

Ketika timbul sakit di kepala, Anda juga bisa memanfaatkan daun pegagan. Caranya yaitu dengan mempersiapkan 1 genggam dari daun pegagan, kemudian seujung sdm jintan lalu direbus ke dalam 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa ½ gelas saja, kemudian disaring lalu ditambah 1 sdm madu, setelah itu diminum secara rutin.

6. Mengatasi Asma Dengan Ampuh

Manfaat daun pegagan berikutnya yaitu dapat mengatasi sakit asma dan batuk. Cara pengolahannya, yaitu 2 genggam daun pegagan yang masih segar ditambahkan air secukupnya, kemudian ditumbuk lalu diperas agar diambil airnya, selanjutnya minum ¼ cangkir tiap 1 kali sehari.

7. Untuk Mengobati Sakit Ayan

Pada penderita ayan, bisa juga diobati menggunakan daun pegagan. Cara pengolahannya yaitu dengan mengambil gula aren dan daun pegagan yang kering secukupnya, setelah itu tumbuk halus lalu ambil 1 sdm kemudian dicampur gula aren seperlunya. Campuran kedua bahan tadi selanjutnya diseduh ke dalam 1 gelas air masak panas, kemudian disaring lalu diminum, kemudian diulangi teratur.

8. Sebagai Antioksidan

Para peneliti di Brasil telah mengevaluasi ekstrak dari air pegagan pada tingkat aktivitas sitotoksik dan antioksidan. Selain itu, mereka pun melihat pada isi ekstrak kedua flavonoid dan asam fenolat, serta senyawa nabati. Tim peneliti juga melaporkan, ekstrak daun pegagan telah menunjukkan sifat dari antioksidan yang begitu kuat saat pengujian. Selain itu, para peneliti mencatat ekstrak pegagan yang memamerkan kemampuan untuk membunuh sel-sel kanker, terutama pada kanker payudara.

9. Menambah stamina tubuh

Bagi anda yang sering loyo dan juga kurang semangat mungkin bisa menggunakan manfaat daun pegagan. Caranya: anda bisa menumbuk daun pegagan bersama kunyit hingga halus. Ambil airnya dengan cara diperas, Terakhir tambahkan  madu murni, ramuan siap diminum untuk membantu mendongkrak stamina anda.

10. Membantu megatasi susah buang air kecil

Daun pegagan ternyata bisa juga lo digunakan untuk melancarkan buang air kecil. Caranya cukup mudah, remas sekitar 30 gram daun pegagan segar kemudian tempelkan ke bagian sekitar pusar anda. Cara ini diyakini mampu membantu mengatasi masalah susah buang air kecil. Baca juga manfaat daun sirsak

Efek Samping Dari Daun Pegagan

Disamping manfaat daun pegagan, ternyata ada beberapa risiko atau efek samping yang diperoleh akibat penggunaan daun pegagan. Seperti pada wanita hamil dan menyusui. Daun pegagan umumnya aman untuk wanita hamil, terutama jika diterapkan pada kulit. Namun hindari meminum ramuan daun pegagan, sebab keamanan daun pegagan saat dikonsumsi wanita hamil masih belum diketahui dengan pasti. Selain itu, hindari pemakaiannya pada wanita menyusui. Efek samping lainnya, ada kekhawatiran daun pegagan juga bisa mengakibatkan kerusakan pada hati. Apalagi kemungkinan penderita hepatitis dikombinasikan konsumsinya bersama obat-obatan baik selama maupun sesudah operasi. Pada penderita hepatitis, sebaiknya berhenti memakai ramuan pegagan dengan minimal selama 2 minggu menjelang.
loading...