Tuesday, January 17, 2017

11 Manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh

Advertisement
Kopi merupakan sejenis minuman dari hasil pengolahan dan proses ekstraksi biji kopi yang telah dikeringkan lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk. Di Indonesia sendiri, minuman kopi merupakan minuman yang paling populer. Bahkan tak jarang di berbagai daerah yang ada di Indonesia, masyarakat biasa mengonsumsi minuman ini 2-3 kali dalam sehari. Umumnya kopi yang paling banyak digemari yaitu kopi hitam. Menikmati segelas kopi hangat bersama keluarga merupakan momen indah bagi setiap orang.

Manfaat kopi hitam
image by wikimedia.org

Kopi Hitam Tanpa Gula Memiliki Sejumlah Manfaat


Seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan kopi, kini banyak orang yang percaya bahwa kopi hitam memiliki banyak manfaat. Manfaat kopi hitam, bisa didapatkan jika Anda mengonsumsinya secara rutin tapi sesuai kadar yang dianjurkan bagi tubuh. Kopi hitam mengandung sejumlah asam klorogenat, kafein dan zat antioksidan, dimana zat ini sangat baik memelihara kesehatan tubuh.

Selain itu, khasiat mengonsumsi kopi hitam dengan tidak menggunakan campuran gula sendiri telah terbukti bahkan banyak diakui para ahli medis di dunia. Tak hanya itu saja, para peneliti pun menyetujui bahwa mengonsumsi kopi dengan rutin setiap hari untuk dosis tepat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Lalu, apa saja manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh? Ini dia ulasannya :

1. Sebagai Sumber Antioksidan Untuk Tubuh

Kopi hitam mengandung sejumlah nutrisi yang baik, salah satunya sebagai sumber antioksidan untuk tubuh. Pada kopi hitam tanpa gula memiliki kandungan magnesium dan kromium cukup tinggi. Dimana kedua zat tersebut berperan sebagai antioksidan penting bagi tubuh. Tak hanya itu saja, kedua zat tadi juga efektif memelihara system imun tubuh supaya tetap stabil.

2. Mencegah Depresi dan Stress

Tekanan tinggi di pekerjaan tak jarang membuat kita sering mengalami stress. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba mengonsumsu secangkir kopi hitam. Sebab kopi hitam bermanfaat untuk mengurangi stress yang terjadi dalam tubuh. Pasalnya kopi hitam mengandung sejumlah zat kafein, dimana zat tersebut sangat efektif membantu untuk menenangkan system syaraf pada otak kita. Dengan begitu, mampu meringankan kinerja syaraf berlebihan.

3. Mencegah Terjadinya Alzheimer

Alzheimer adalah sejenis penyakit yang gejalanya menyerang memori otak seseorang. Penderita Alzheimer ditandai dengan adanya memori yang hilang dalam otak. Tak heran jika penyakit ini banyak ditakuti manusia. Namun, menurut sebuah penelitian yangs udah dilakukan lembaga kesehatan di dunia Barat sendiri, menyebutkan bahwa seseorang yang gemar mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dengan rutin di tiap harinya, dengan kadar yang rendah dapat meminimalisir risiko penyakit Alzheimer. Manfaat kopi hitam yang satu ini bisa Anda dapatkan, asalkan meminum kopi hitam rutin dengan dosis yang diperbolehkan.

4. Meminimalisir Kerusakan Otak di Usia Senja

Kopi hitam tanpa gula juga bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya kerusakan otak pada usia senja, jika dikonsumsi rutin. Dengan mengonsumsi kopi hitam, membuat kinerja otak pun masih berfungsi baik meskipun usianya sudah lanjut.

5. Meminimalisir Risiko Diabetes

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda tentu harus mengonsumsi kopi hitam asli tanpa menggunakan gula. Hal tersebut dikarenakan rasa pahit pada kopi hitam ini begitu efektif meminimalisir kadar gula darah yang meningkat. Anda bisa mengonsumsi kopi hitam tanpa gula ini dengan teratur dan rutin dengan kadar yang rendah. Selain itu, menurut riset dan penelitian yang telah dilakukan pada kopi hitam, asam klorogenat yang terkandung didalamnya bermanfaat menaikkan kadar insulin, kadar insulin inilah yang berfungsi menghambat proses penyerapan gula berlebih dalam tubuh.

6. Mencegah Terjadinya Kanker

Penggunaan kopi hitam dengan dosis tepat secara rutin, dapat meminimalisir terjadinya risiko kanker dalam tubuh. Adapun hal tersebut dikarenakan kopi mengandung antioksidan tinggi, terutama pada kopi hitam tanpa mengandung gula. Selain itu, risiko penyakit kanker yang dapat diminimalisir memakai kopi hitam, yaitu untuk kanker hati dan kanker payudara.

7. Sebagai Minuman Rendah Kalori

Mengonsumsi kopi hitam tanpa memakai gula, bisa menjadi alternative yang tepat bagi Anda yang menjalankan program diet. Hal tersebut dikarenakan minuman kopi hitam tanpa gula merupakan minuman rendah kalori. Sehingga, minuman tersebut sangat menunjang program diet Anda.

8. Menyehatkan Jantung

Manfaat kopi hitam tanpa kandungan gula lainnya, yaitu menjaga organ jantung supaya tetap sehat. Meminum kopi hitam asli tanpa gula bisa membuat organ jantung lebih sehat, serta mencegah terjadinya serangan jantung.

9. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Jika Anda menginginkan tubuh sehat, tentu wajib memiliki sitem metabolisme tubuh yang baik. Lewat system metabolisme yang optimal tersebut, racun-racun di dalam tubuh pun keluar dengan mudah bersamaan proses metabolisme tubuh Anda. Untuk merangsang proses metabolisme optimal di dalam tubuh, yaitu dengan memanfaatkan kopi hitam tanpa gula. Lagi-lagi hal tersebut dikarenakan kandungan zat antioksidan yang terdapat pad akopi hitam. Dimana antioksidan tersebut berperan aktif untuk membantu jalannya metabolisme dalam tubuh.

10. Memaksimalkan Produktivitas Tubuh

Kopi hitam juga bermanfaat untuk memaksimalkan produktivitas tubuh. Semakin Anda rutin mengonsumsi kopi hitam terutama saat pagi hari, produktivitas tubuh pun semakin meningkat. Alhasil tubuh menjadi semakin sehat dan bugar.

11. Meningkatkan Konsentrasi

Kandungan kafein pada kopi hitam tanpa gula ini, juga memiliki fungsi untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Dengan mengonsumsi kopi hitam secara rutin lewat dosis yang tepat dan sesuai, menjadikan Anda lebih bersemangat dan berkonsentrasi di ruang kerja. Untuk itu, tak ada salahnya mengonsumsi kopi hitam dengan teratur untuk memperoleh manfaat kopi hitam tersebut.
loading...