11 Manfaat teh hitam dan kandungan nutrisi di dalamnya

Advertisement
Manfaat teh hitam paling efektif. Teh merupakan minuman yang sangat familiar untuk masyarakat Indonesia khususnya. Dimana minuman yang umumnya dihidangkan ketika menjamu tamu ini, ternyata mempunyai banyak jenis, salah satunya adalah teh hitam.

Manfaat teh hitam
image by wikimedia.org

Teh hitam merupakan salah satu jenis the bernama Camellia Sinensis. Bila teh hijau mengharuskan daun teh dikeringkan dengan segera lalu dilanjutkan oleh proses kukus tak membutuhkan waktu lama sesudah dipetik. Namun untuk dapat menghasilkan jenis the htiam, maka daun teh dibiarkan hingga berwarna cokelat terlebih dulu lewat proses oksidasi yang sempurna, sampai menghasilkan warna dan rasa yang khas.

Kandungan dan Manfaat Dari Teh Hitam

Teh hitam dari 3 jenis daun the pucuk berjenis Camelia Sinesis dengan varietas Assamica memiliki kandungan zat antibiotic polifenol tinggi. Zat katekijn pada teh hitam, biasa disebut sebagai bless tea ini adalah zat unik sebab berbeda dibandingkan katekin yang lainnya yang ada dalam tanaman lain. Kandungan katekin yang ada pada bless tea ini bermanfaat sebagai zat antioksidan kuat, anti mutasi gen, anti radiasi, anti tumor, menghambat tumbuhnya sel-sel kanker, anti kolesterol tinggi, anti diabetes, anti hipertensi dan lain sebagainya.

Bless tea pun mengandung sejumlah vitamin penting, diantaranya vitamin B1, vitamin B2, flavonoid, kafein, vitamin E, C, dan K. Terlebih lagi, bless tea tadi mengandung fluoride, beta carotene, zat besi, selenium, mangan, kalium, dan zink.

Khasiat Teh Hitam Untuk Tubuh

Ada sejumlah manfaat teh hitam yang perlu diketahui, baik bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh. Manfaat tersebut diantaranya :

1. Mengatasi Terjadinya Infeksi Jamur dan Bakteri 

Ekstrak the begitu efektif untuk terapi berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Dengan meminum the hitam, Anda bisa membantu mengatasi infeksi bakteri dan jamur yang ada dalam tubuh.

2. Mencegah Obesitas

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang mengenai teh hitam, menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi teh hitam bisa membantu proses penurunan berat badan. Hal tersebut terkait dengan kandungan yang terdapat di dalamnya yang mampu melancarkan system metabolism tubuh. Selain itu, kandungan senyawa katekin polifenol pada teh hitam bisa meningkatkan proses thermogenesis (yakni laju pembakaran kalori) serta menghambat aktivitas dari liposis pada lipase gastrik beserta lipase pancreas, dengan begitu pencernaan lemak pun mampu dihambat serta tak bisa diserap usus halus.

3. Antibodi Paling Ampuh

Teh hitam mengandung antioksidan sangat tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memecah virus yang ada pada tubuh manusia. Selain itu, teh hitam tersebut dapat dijadikan obat untuk beberapa penyakit, diantaranya iritasi, kanker, diare, pneumonia dan infeksi kulit.

4. Obat Anti Kanker

Manfaat teh hitam berikutnya adalah sebagai obat anti kanker. Kandungan yang terdapat pada teh hitam yang bisa melindungi tubuh terhadap beragam penyakit, salah satunya kanker. Adapun kanker yang bisa diobati menggunakan teh hitam ini, diantaranya kanker prostat, kanker paru hingga kanker payudara. Teh hitam mengandung antioksidan EGCG (epigalokatekin galat) yang berfungsi menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh. Dengan mengonsumsi bless tea secara rutin, maka Anda bisa menekan tumbunya sel kanker pada tubuh.

5. Menenangkan Syaraf

Dengan mengonsumsi teh hitam teratur sesuai dosis, terbukti bisa menenangkan system syaraf pada tubuh Anda. Sehingga setiap Anda mengonsumsi teh hitam, tubuh pun senantiasa lebih segar, berstamina dan lebih bersemangat saat beraktivitas. Tak hanya itu saja, the hitam juga mempunyai peranan penting untuk menjaga hubungan dari tiap syaraf utamanya dalam pusat otak, dengan begitu hal tersebut bisa meningkatkan konsentrasi saat belajar maupun bekerja.

6. Menunjang Sistem Peredaran Darah

Teh hitam juga bisa mendukung system peredaran darah dan system syaraf agar bekerja lebih maksimal. Dimana hal tersebut bisa membantu siapa saja yang mempunyai masalah pola tidur tidak teratur, seperti insomnia. Disamping itu, kandungan pada teh hitam telah terbukti dapat menenangkan pencernaan, dengan begitu Anda pun bisa lebih nyenyak tidur tanpa gangguan.

7. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi teh hitam rutin, 1-2 cangkir tiap harinya bisa menurunkan kolesterol dalma darah sampai 46%. Bila dosisnya ditambah hingga 4 cangkir secara rutin, dengan begitu presentase mengeliminasi kolesterol dalam darah dapat mencapai 68% menurut penelitian.

8. Meringankan Kinerja Jantung

Manfaat teh hitam juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Teh hitam mengandung senyawa yang dapat membersihkan bagian pembuluh darah terhadap plak dari lemak jahat, dengan begitu aliran darah pun semakin lancar. Imbasnya, kerja jantung menjadi lebih ringan.

9. Menetralkan tekanan Darah

Mengonsumsi teh hitam juga bisa menetralkan tekanan darah seseorang, dengan kecenderungan memiliki hipertensi. Manfaat ini dapat diperoleh bila diminum dengan teratur.

10. Membantu Pernafasan

Dengan mengonsumsi teh hitam, dapat merilekskan semua persyarafan maupun system otot dalam tubuh, sehingga hal tersebut bisa sedikit meringankan penyakit asma yang diderita. Bila Anda tengah mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya mengonsumsi seduhan dari teh hitam untuk melegakan tenggorokan. Manfaat teh hitam juga dapat dirasakan dengan melindungi mikroorganisme yang berbahaya yang dapat mengancam paru-paru seperti halnya yang terjadi dalam gejala pneumonia.

11. Membantu Sistem Pencernaan Tubuh

Mengonsumsi seduhan dari teh hitam, bisa meredakan terjadinya diare dengan cepat, sebab kandungan dalam teh hitam mampu mendorong keluar segala mikroorganisme yang menyebabkan diare.

Sebagai tambahan, teh hitam tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja melainkan juga bagi perawatan kecantikan. Salah satunya yaitu bisa mengatasi lingkaran hitam pada mata dikarenakan kurang tidur atau kelelahan. Caranya yaitu, sebelum tidur kompres mata Anda menggunakan kantung the hitam. Sebelum digunakan, kantung the disimpan di lemari es terlebih dulu agar kantung teh masih tetap dingin ketika digunakan. Semua manfaat teh hitam di atas, bisa didapatkan asalkan dosis penggunaan teh hitam tidak berlebihan dan sewajarnya.

Share this