Thursday, January 5, 2017

12 manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan

Advertisement
Manfaat daun bawang ternyata cukup lengkap. Biasanya bumbu masakan dengan nama latin Allium fistulosum ini ditambahkan dalam variasi hidangan khas Indonesia. Mulai dari gorengan, telur dadar, martabak, soto, dan lainnya. Penambahan daun bawang dalam makanan cukup ampuh menambah aroma makanan semakin nikmat.

Manfaat daun bawang
image by wikimedia.org

Siapa sangka bila daun bawang tidak hanya menambah nikmat hidangan, tetapi juga kaya akan manfaat. Baik manfaat kesehatan ataupun kecantikan. Karena itulah di awal sekilas disebutkan manfaat dari daun bawang lengkap.

Kira-kira apa yang membuat daun bawang bermanfaat? Jawabannya tidak lain karena kandungan senyawa dalam daun bawang. Dari hasil uji kandungan diketahui terdapat karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, dan asam folat dalam daun bawang. Lebih dari itu, tanaman yang termasuk famili Alliaceae ini juga rendah kalori. Sehingga kebiasaan mengonsumsi makanan dengan tambahan daun bawang bisa dibilang adalah kebiasaan baik. Hal ini kembali lagi karena adanya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan. Jadi semakin penasaran dengan manfaat kesehatan dan kecantikan daun bawang bukan?

Manfaat Daun Bawang untuk kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

 
Mata merupakan panca indera dengan fungsi vital. Karenanya menjaga kesehatan mata adalah keharusan dan sekaligus kebutuhan. Wortel dan tomat menjadi sumber makanan sehat yang diyakini baik untuk kesehatan mata. Selain itu, ternyata daun bawang juga memiliki khasiat yang sama. Dimana terdapat kandungan pro vitamin A sebanyak 24 mikrogram dalam setiap satu batang bawang. Jumlah tersebut sudah dapat memenuhi 3,4% dari total asupan vitamin A yang dibutuhkan wanita dan 2,6% yang dibutuhkan pria.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat daun bawang berikutnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dalam daun bawang digadang-gadang mampu membantu menjaga tulang Anda tetap sehat. Kalsium itulah yang bertugas menjaga kesehatan tulang supaya tetap sehat dan terhindar dari risiko osteoporosis.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Dengan kandungan antioksidan tinggi berupa kemferfol dan quercetin di dalamnya, daun bawang bermanfaat meningkatkan imun tubuh. Kedua zat tersebut akan bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Sehingga tubuh akan lebih siap menangkal serangan penyakit seperti flu, pilek, dan demam. Sifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur juga akan membantu tubuh menghadapi serangan agar terbebas dari infeksi.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Adanya serat dalam daun bawang memberi manfaat menyehatkan bagi sistem pencernaan. Dimana kandungan serat daun bawang akan membantu proses penyerapan zat-zat gizi sekaligus mengatasi masalah susah BAB atau sembelit.

5. Mencegah Anemia

Kandungan daun bawang membantu produksi sel darah merah. Sehingga manfaat daun bawang yang tak kalah penting yaitu mencegah anemia atau kekurangan darah.
Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Bagi wanita hamil dianjurkan pula mengonsumsi daun bawang. Karena kandungan asam folat tinggi daun bawang merupakan asupan penting guna mengoptimalkan perkembangan janin dan kecerdasan otaknya. Sebaliknya wanita hamil yang kekurangan asupan asam folat berisiko pada keguguran atau akan lebih sering merasa lelah.

6. Menekan Risiko Diabetes

Manfaat kesehatan daun bawang lainnya yaitu menekan risiko diabetes. Hal ini berkat adanya kandungan phyto kimia berupa alil disulfida dan allium dalam daun bawang. Kedua zat alami tersebut ampuh meningkatkan metabolisme glukosa sekaligus menekan degradasi insulin tubuh.

7. Menyehatkan Jantung

Adanya kandungan senyawa cycloalliin dalam daun bawang mencegah terjadinya penggumpalan darah. Senyawa tersebut akan mengencerkan darah sekaligus menekan risiko aterosklerosis. Sehingga jantung akan tetap sehat. Selain itu kandungan kalium dalam daun bawang juga membantu mengatur kadar cairan tubuh agar fungsi jantung tetap prima.

Manfaat Kecantikan Daun Bawang

8. Mengusir Jerawat Membandel

 
Manfaat daun bawang bagi kecantikan yang pertama adalah mengusir jerawat. Zat allicin dalam daun bawang bersifat anti bakteri. Bila daun bawang diaplikasikan sebagai masker, zat tersebut ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat. Masker daun bawang cukup mudah dibuat. Anda hanya perlu memotong sejumlah daun bawang lalu menumbukknya. Selain daunnya anda juga bisa menggunakan manfaat bawang putih untuk membantu mengatasi masalah jerawat anda.

9. Meremajakan Kulit

Kandungan vitamin C daun bawang berperan dalam hal ini. Dimana vitamin C akan mencegah terjadinya pigmentaasi kulit dan mengangkat sel kulit mati agar kulit Anda tetap sehat dan terlihat awet muda.

10. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan antioksidan dalam daun bawang mampu menangkal paparan radikal bebas. Sehingga Anda tidak perlu takut dengan gejala penuaan dini seperti kulit keriput, bergaris, atau lainnya.

11. Menyegarkan Tubuh dan Kulit

Manfaat ini berkaitan dengan kualitas tidur. Bila Anda memiliki tidur berkualitas, maka Anda bisa bangun dalam kondisi tubuh yang segar. Kulit Anda pun merasakan kesegaran yang sama. Adapun mengonsumsi daun bawang diyakini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, mengendalikan homosistein, dan mencegah depresi. Sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang segar di esok harinya.

12. Menyehatkan Rambut

Rambut kering, bercabang, dan rusak sudah seperti masalah klasik. Kerusakan rambut ternyata bisa diatasi dengan memanfaatkan daun bawang. Caranya Anda bisa membuat ramuan daun bawang yang dicampur dengan minyak zaitun. Ambil satu genggam daun bawang yang sudah dipotong kecil-kecil. Rebus kurang lebih 30 menit dalam 1 gelas air. Tiriskan lalu celupkan dalam air es, biarkan 2 menit. Haluskan daun bawang tersebut lalu campur dengan setengah cangkir minyak zaitun. Ramuan bisa diaplikasikan sebagai masker rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit sembari tutup dengan handuk hangat atau shower cap. Bilas bersih rambut Anda. Perawatan rutin 2 kali seminggu membuka lebar kesempatan Anda mendapat manfaat daun bawang bagi kecantikan rambut.
loading...