5 Manfaat mengagumkan buah ciplukan

Advertisement
Ciplukan atau ceplukan adalah nama sejenis buah kecil yang tumbuh liar. ciplukan jenis badak Physalis peruviana dibudidayakan orang di Amerika Selatan, Australia dan Selandia baru. Buah ciplukan disukai orang karena rasanya yang manis, warna buahnya kekuningan jika sudah matang. ciplukan dikenal dengan berbagai nama seperti ciplukan (Jawa), cecenet atau cecendet (Sunda), nyurnyuran (Madura), dan kapok-kapokan (dalam bahasa bali).

buah ciplukan
image by wikimedia.org

Buah ciplukan mengandung zat kimia yang berguna bagi tubuh di antaranya adalah sitrun, fianin, fisalin, withangulatin A, asam malat, asam palmitat, alkaloid, tannin, kriptoxanthin, cholrogenic acid, polifenol, vitamin C dan gula.

Meskipun tanaman ciplukan tergolong jenis tanaman liar dengan tinggi berkisar antara 1 meter, tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Secara garis besar tanaman ciplukan memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki fungsi anti bakteri, anti inflamasi, analgesic, imunosupresan, anti oksidan, sitotoksik, anti virus penelitian di Jepang membuktikan kemampuan ciplukan dan menjad anti virus Hapes simplek-I, campak dan polio virus-I, menetralkan racun, anti hiperglikemik dan imunostimulan
Berikut beberapa manfaat buah ciplukan bagi kesehatan beserta cara pengolahannya menjadi obat:

1. Kemampuan melawan kanker

Kandungan steroid pada buah ciplukan dapat digunakan untuk meningkatkan sistem imun sehingga dapat melawan sel kanker. Beberapa studi ilmiah menyatakan ciplukan ternyata menunjukkan sitotoksisitas yang cukup besar terhadap sel kanker dalam uji laboratorium. ciplukan juga dapat menurunkan ukuran tumor pada sel yang diuji.

2. Mengobati sakit paru-paru

ciplukan juga bisa mengobati penyakit paru-paru dengan memanfaatkan semua bagian tanamannya. Caranya rebus bagian tanaman dengan 5 gelas air sampai mendidih, saring dan minumlah tiga kali sehari secara rutin.

3. Obat diabetes

Untuk obat diabetes bahan yang diperlukan adalah semua bagian tanaman ciplukan. Bagian pohon dicuci bersih dan direbus hingga air rebusan menjadi sepertiga dari semula. Air rebusan lalu diminum sekali dalam satu hari.

4. Gusi berdarah

Untuk mengatasi gusi yang mudah berdarah caranya cukup mudah dengan memakan 30 buah ciplukan segar setiap hari. Memang akan ada efek  pahit di dalam buah ciplukan tapi tidak usah khawatir memang seperti itu rasanya.

5. Obat Epilepis atau ayan

Dengan mengkonsumsi 8-10 buah ciplukan setiap hari dapat juga meredakan epilepis juga sebagai treatment untuk menekan munculnya gejala epilepis

Buah ciplukan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena itu harga di pasaran buah ciplukan kering ini cukup mahal sekitar Rp.500.000 untuk satu kilonya. Harga yang sepadan dengan manfaat yang dapat diperoleh namun untuk yang tidak punya uang jangan sedih karena ciplukan dapat ditemukan tumbuh liar di kebun, tegalan, sawah yang megering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.
loading...

Share this