Wednesday, January 25, 2017

6 Manfaat daun ketumbar bagi kesehatan

Advertisement
Masih banyak orang yang belum mengetahui banyaknya manfaat daun ketumbar untuk kesehatan. Khasiat daun ketumbar sendiri tak lain dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Manfaat daun ketumbar
image by pixabay.com

Daun ketumbar sendiri umumnya digunakan ke dalam aneka masakan, baik masakan tradisional maupun modern. Rempah-rempah daun ketumbar ini memang banyak terdapat di kawasan Asia, terutama di Indonesia.

Tentang Ketumbar

Ketumbar merupakan ramuan dari Mediterania. Biasanya di Asia sendiri dinamakan juga daun ketumbar. Rempah-rempah ini berasal dari family Apiaceae dengan genus Coriandrum. Tanaman yang satu ini abadi serta membutuhkan kekeringan di tanah subur yang dikombinasikan iklim dari musim panas untuk dapat berkembang. Tanaman ini memiliki ketinggian hingga 1-2 meter yang berwarna hijau gelap, berdaun lembut dan berbulu. Ketumbar sendiri merupakan salah satu jenis tanaman rempah paling penting untuk dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan tubuh, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Manfaat Daun Ketumbar Bagi Tubuh

Di bawah ini terdapat sejumlah manfaat daun ketumbar untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Mengatasi Peradangan Kulit

Daun ketumbar mengandung senyawa Cineole, sebagai salah satu jenis dari 11 senyawa minyak essensial beserta asam linoleat. Dimana kedua zat tersebut mempunyai sifat antiartritik dan antirematik. Efek dan khasiat ketumbar juga bisa membantu meminimalisir peradangan pada kulit. Sebagai imbasnya, senyawa tersebut bisa memperbaiki ketidaknyamanan pada kulit, dan bisa meningkatkan penampilan kulit.

2. Sebagai Anti Kanker

Manfaat daun ketumbar, yaitu sebagai obat herbal yang berperan sebagai tanaman anti kanker. Daun ketumbar memiliki kandungan antioksidan, seperti halnya beta karoten, asam caffeic, vitamin C dan E, quercetin, ferulic, dan kaempferold yang sangat baik untuk membunuh sel-sel kanker. Selain itu, zat tersebut juga sangat ampuh untuk menekan dan menurunkan terjadinya risiko stress secara oksidatif di dalam sel-sel karsinogenik.

3. Mengatasi Diare

Berbagai kandungan dari minyak essensial yang terdapat pada ketumbar, seperti Linalool dan Borneol bisa membantu system pencernaan, dapat meningkatkan fungsi pada perut dan organ jantung. Disamping itu, kedua zat tadi juga dapat mengurangi diare secara efektif. Dimana hal tersebut bisa membantu menyembuhkan diare. Adapun hal tersebut dikarenakan senyawa Borneol, Cineole, Alfa pinene, Limonene, dan beta phelandrene, dimana berfungsi juga sebagai anti bakteri.

4. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Manfaat daun ketumbar juga terdapat pada zat besi yang terkandung pada daun ketumbar. Dimana zat besi tersebut bisa membantu pasien penderita anemia. Kandungan besi yang rendah dalam darah bisa mengakibatkan jantung berdebar, sesak nafas, penurunan dari fungsi kognitif dan kelelahan ekstrim. Selain itu, zat besi pada daun ketumbar berfungsi meningkatkan kekuatan, meningkatkan kesehatan pada tulang dan meningkatkan energi.

5. Menyehatkan Mata

Ketumbar mengandung antioksidan dan betakarotin begitu tinggi, sehingga menjadikannya sebagai salah satu obat herbal terbaik. Daun ketumbar bisa membantu meringankan permasalahan pada mata serta memperbaiki fungsi penglihatan. Disamping itu, zat tersebut juga bisa menjaga kemampuan pada penglihatan mata akibat peningkatan usia, misalnya katarak dan degenerasi macula.

6. Mengatasi Sariawan

Manfaat daun ketumbar karena di dalamnya mengandung senyawa minyak esensial, yakni sebagai antiseptic paling baik. Disamping itu, komponen yang lainnya mempunyai efek antimikroba serta efek untuk menyembuhkan bisul mulut dan luka. Mereka bisa membantu mempercepat penyembuhan luka serta menyegarkan nafas. Walaupun secara umum diaplikasikan pada produk-produk yang utama, daun ketumbar umumnya dimanfaatkan sebagai senyawa antiseptic alami sebagai pasta gigi.
loading...