8 Manfaat daun pandan untuk kesehatan dan kecantikan

Advertisement
Manfaat daun pandan bagi kesehatan dan kecantikan. Daun pandan merupakan bagian dari tumbuhan pandan wangi, sebagai anggota genus dari screwpine yang berasal dari Asia Tenggara. Dimana tanaman tersebut mempunyai cluster semak secara abadi yang berbentuk seperti kipas panjang, memiliki daun sempit menghasilkan bau kuat ketika layu.

Manfaat daun pandan
image by wikimedia.org

Tanaman daun pandan yang segar hanya mempunyai aroma sedikit. Khasiat dari daun pandan, secara historis sudah banyak dimanfaatkan dalam masak memasak, bahkan untuk kegunaan tumah tangga.

Tentang Daun Pandan Wangi

Pandan wangi mempunyai nama ilmiah Pandanus amaryllifolius Roxb, termasuk family dari Pandanaceae. Dimana tanaman tersebut umumnya berhabitat di rawa-rawa, maupun di area yang teduh dan lembab. Akan tetapi, dikarenakan manfaatnya begitu besar untuk kehidupan manusia, daun pandan pun telah banyak dibudidayakan di area pekarangan rumah. Perkembangbiakan daun pandan ini juga dilakukan dengan memisahkan bagian tunas baru pada rumpunnya yang telah tumbuh di bagian akar-akar.

Manfaat daun pandan wangi bagi kehidupan manusia yaitu sebagai pewarna alami pada makanan sekaligus juga sebagai pewangi. Daun pandan juga menimbulkan wangi yang begitu khas. Untuk itu, umumnya dimanfaatkan pada pembuatan minuman dan kue. Tak hanya dijadikan pewangi dan pengawet, daun pandan wangi juga seringkali digunakan sebagai obat herbal. Seperti diantaranya untuk mengatasi pegal linu, reumatik, lemah saraf dan gelisah.

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Adapun manfaat daun pandan bagi kesehatan, diantaranya :

1. Menormalkan Tekanan Darah

Tidak jauh beda dengan manfaat daun salam, daun pandan juga berkhasiat untuk menurunkan hipertensi, sampai tekanan darah menjadi normal. Untuk Anda yang memiliki hipertensi, tak ada salahnya mencoba obat herbal daun pandan ini. Cara pengolahannya pun sangat mudah, cukup dengan mengambil beberapa helai daun pandan lalu rebus ke dalam 3 air gelas sampai tersisa hingga 2 gelas. Kemudian saring airnya, dan minum ramuan herbal tersebut 2 kali sehari tiap pagi hingga sore hari.

2. Mengatasi Pegal Linu

Bagi Anda yang mengalami pegal-pegal di badan, bisa juga memanfaatkan daun pandan wangi. Cara pengolahannya yaitu sediakan sebanyak 5 helai daun pandan yang masih segar bersama 20 lembar daun serai. Kemudian cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan dengan 1 sdm minyak gandaputa dan kayu putih, lalu aduk sampai merata. Aplikasikan ramuan tadi untuk mengurut dan menggosok tubuh yang pegal atau sakit.

3. Mengobati Reumatik

Daun pandan pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati reumatik yang diderita. Meskipun umumnya menyerang orang-orang di usia senja, namun tak menutup kemungkinan reumatik bisa menyerang orang di usia 40 tahun. Untuk menggunakan manfaat daun pandan ini yaitu sangat mudah, cukup mengambil sebanyak 3 lembar daun pandan yang segar, kemudian cuci bersih dan potong-potong hingga beberapa bagian. Selanjutnya seduh pada ½ cangkir berisi minyak kelapa panas yang telah dididihkan sembari diaduk sampai merata. Sesudah dingin, aplikasikan menjadi obat gosok yang digosokkan ke area yang sakit.

4. Mengobati Gelisah

Daun pandan memiliki aroma yang bisa memberikan efek relaksasi untuk Anda. Bila Anda merasa gelisah atau sedang tertekan, tak ada salahnya mencoba mengatasi hal tersebut memakai daun pandan. Adapun caranya sangat gampang, cukup mengambil 2 helai daun pandan kemudian cuci bersih lalu iris tipis-tipis. Kemudian seduh menggunakan 1 gelas air yang mendidih. Sesudah dingin, airnya saring kemudian minum secara langsung. Lakukan selama 2-3 kali dalam sehari hingga merasa lebih tenang dan rileks.

5. Mengatasi Lemah Saraf

Untuk mengatasi lemah saraf menggunakan daun pandan, caranya ambil sebanyak 3 helai daun pandan wangi, kemudian cuci bersih dan potong-potong. Selanjutnya rebus ke dalam 3 gelas air sampai tersisa sebanyak 2 gelasnya saja. Sesudah dingin, ramuan tersebut minum sebanyak 2 kali sehari untuk tiap pagi juga sore hari, masing-masing sebanyak 1 gelas tiap Anda minum.

6. Mengobati Ketombe

Daun pandan juga berfungsi sebagai perawatan kecantikan, salah satunya mengobati ketombe. Untuk mengobati ketombe, caranya sangat mudah, yakni dengan menyediakan sebanyak 10 helai daun pandan lalu haluskan memakai blender, sesudah halus tambahkan dengan ½ cangkir air lalu aduk merata. Kemudian bilas ke seluruh area rambut beserta kulit kepala, diamkan hingga 30 menit sampai mengering. Sesudah kering, bilas rambut menggunakan air bersih. Lakukan menjelang mandi, hingga ketombe pada rambut pun hilang.

7. Menghitamkan Rambut

Manfaat daun pandan berikutnya yaitu dapat menghitamkan rambut secara alami. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan mengambil sebanyak 10 helai daun pandan lalu rebus menggunakan 1 liter air, dan tunggu hingga beberapa menit hingga airnya menjadi berwarna hijau. Setelah itu, angkat lalu diamkan hingga semalaman. Di keesokan harinya saat Anda hendak mandi, tambahkan perasan dari buah mengkudu terlebih dulu sekitar 4 buah mengkudu matang. Demi memperoleh hasil maksimal, aplikasikan ramuan tadi hingga 3 kali dalam seminggu dengan rutin.

8. Mengatasi Kerontokan Rambut

Jika Anda mengalami kerontokan pada rambut, bisa memanfaatkan daun pandan. Daun pandan berkhasiat mengobati kerontokan pada rambut. Untuk mendapatkan manfaat daun pandan ini juga sangat mudah, yakni dengan mengambil 2 lembar daun pandan, dicampurkan 1 genggam urang aring, 12 lembar daun waru yang masih muda dan segar, 10 kuntum dari bunga melat, 1 kuntum dari bunga mawar dan 7 lembar daun mangkokan. Bahan-bahan tadi dicuci lebih dulu hingga bersih, lalu masukkan pada panci. Kemudian tambahkan dengan ½ cangkir minyak wijen, minyak kemiri dan minyak kelapa. Setelah itu, rebus hingga mendidih kemudian saring dan ambil cairannya.

Share this