Manfaat buah pepaya untuk kecantikan

Advertisement
Manfaat buah pepaya untuk kecantikan mungkin belum banyak diketahui. Karena selama ini buah pepaya hanya dikenal bermanfaat melancarkan Buang air besar dan baik untuk sistem pencernaan. Adapun sebenarnya, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman tropis yang berasal dari kawasan Amerika Serikat ini. Termasuk manfaat untuk kecantikan. Hal ini karena kayanya kandungan nutrisi bermanfaat buah pepaya.

Manfaat buah pepaya
image by wikimedia.org

Dalam buah pepaya ukuran sedang terkandung kurang lebih 30 gram karbohidrat, 5 gram serat, 18 gram gula, 2 gram protein, dan 120 kalori. Selain itu, juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, kalsium, beta karoten, dan mineral lain. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya sendiri begitu kaya yang mana dapat memenuhi 224% kebutuhan harian Anda.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Dengan kandungan nutrisinya yang begitu lengkap, banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari buah pepaya. Adapun berikut beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan yang perlu Anda tahu:

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kandungan vitamin A dan papain dalam buah pepaya bermanfaat untuk eksfoliasi. Sehingga kulit kusam karena timbunan sel kulit mati bisa diatasi. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda cukup menghaluskan buah pepaya lalu mencampurnya dengan sedikit susu. Aplikasikan sebagai masker wajar. Selain itu, Anda bisa pula menggunakannya sebagai scrub tubuh dengan mencampur pepaya halus, madu, dan minyak zaitun. Kandungan AHA atau Alpha Hidroxy Acid dalam buah pepaya juga akan membantu menghilangkan sel kulit mati secara tuntas agar kulit Anda lebih halus, lembut, dan terhindar dari kulit kasar.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam buah pepaya efektif melindungi kulit wajah. Terutama dari paparan radikal bebas yang berisiko membuat kulit wajah kering, keriput, atau penuaan dini lain. Agar kulit Anda tetap awet muda haluskan buah pepaya seperempat bagian. Gunakan buah pepaya yang sudah halus sebagai masker. Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan sampai kering lalu bilas bersih menggunakan air hangat. Perawatan rutin 2 kali seminggu dapat membantu Anda menghindari dan mencegah penuaan dini.

3. Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat buah pepaya untuk kecantikan lainnya yaitu mengencangkan kulit wajah. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan alami tersebut mampu menjaga sel dari paparan radikal bebas sehingga kekenyalan kulit akan tetap terjaga. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa mencampur buah pepaya yang sudah dihaluskan dengan tepung beras dan madu. Aplikasikan sebagai masker. Biarkan sampai kering lalu bilas bersih. Perawatan rutin 3 kali seminggu dapat memberi hasil optimal.

4. Merawat Kulit Kepala

Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, buah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan rambut Anda. Buah pepaya dengan kandungan vitamin dan mineralnya dapat membantu Anda membersihkan kotoran dari kulit kepala dan rambut. Selain itu, nutrisi buah pepaya juga akan menutrisi kulit kepala agar tidak berketombe atau kering. Buah kepala yang dihaluskan bisa langsung diusap ke kulit kepala. Lanjutkan perawatan dengan bilas bersih sampai tidak ada sisa buah yang menempel. Dengan cara ini manfaat buah pepaya untuk kecantikan akan membantu merawat kulit kepala Anda.

Share this