Sunday, January 22, 2017

Manfaat Kayu Cendana bagi Kehidupan Manusia

Advertisement
Manfaat kayu cendana. Kayu cendana adalah sejenis kayu yang begitu terkenal yang memiliki aroma begitu khas. Cendana sendiri sebenarnya tumbuhan parasite, dimana hidup pada pohon inangnya, supaya tetap tumbuh dan hidup. Kayu cendana memiliki aroma wangi yang khas, sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Jadi wajar bila kayu cendana mempunyai nilai jual tinggi.

Kayu Cendana
image by flickr.com

Penggunaan Kayu Cendana

Kayu cendana bisa dibilang sangat langka. Kayu cendana berkualitas baik, umumnya bisa menyimpan wangi hingga berabad-abad. Di negara Indonesia sendiri, cendana biasa dijumpai di Provinsi Nusa Tenggara Timur, terlebih di Pulau Timor. Namun, saat ini kayu cendana bisa ditemukan juga di area pulau jawa. Kayu dengan warna kuning seperti belerang tersebut mempunyai banyak manfaat. Dimana salah satunya, dimanfaatkan sebagai tasbih, dikenal juga sebagai tasbih cendana.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan kayu cendana memiliki khasiat bisa mengilangkan berbagai masalah seperti gelisah, kecemasan serta menghilangkan stress. Selain itu, masih ada banyak kegunaan dan manfaat lainnya pada kayu cendana, seperti bahan dasar furniture dan bahan dasar kerajinan tangan. Kayu cendana juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami, sebagai minyak wangi yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat Kayu Cendana Untuk Kehidupan Manusia

Ada berbagai macam manfaat kayu cendana yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan manusia, diantaranya :

1. Untuk Kecantikan

Selain digunakan untuk wewangian, kayu cendana bermanfaat untuk kecantikan. Adapun manfaatnya yaitu untuk mencegah timbulnya jerawat, mengatasi minyak berlebih di wajah dan menghilangkan flek hitam di wajah.

2. Mengendalikan Depresi dan Stress

Kayu cendana bermanfaat untuk mengendalikan depresi dan stress. Hal tersebut disebabkan minyak cendana memiliki efek sebagai anti depresan untuk meminimalisir serta mengatasi depresi dan cemas.

3. Sebagai Antiseptik

Kayu cendana juga memiliki manfaat sebagai anti mikroba atau antiseptic. Hal tersebut berarti bahwa kayu cendana bisa berkhasiat bagi ketahanan tubuh untuk menghalau bakteri maupun kuman penyebab penyakit.

4. Bahan Baku Obat Herbal

Manfaat kayu cendana berikutnya yaitu bisa dijadikan sebagai bahan baku obat herbal. Umumnya bagian pohon cendana yang diaplikasikan untuk obat herbal, yaitu diambil kulit kayu dan minyak pohon cendana tersebut. Adapun khasiat obat tradisional pohon cendana, yaitu sebagai anti peradangan, bisa dijadikan pembersih saat menstruasi dan mencegah terjadinya disentri. Pengolahan bahan baku daun cendana pun sangat mudah, dengan memblender kulit dari kayu cendana sampai halus lalu mengonsumsi air hasil dari saringan bubuk kayu cendana tadi.

5. Sebagai Lambang Prestise

Tak bisa dipungkiri, melalui kualitas kayu tinggi beserta proses budidaya cukup sulit, maka harga dari kayu cendana dibanderol sangat tinggi. Sehingga hal tersebut akan berakibat pada peralatan yang menggunakan bahan baku kayu cendana. Harga kerajinan, meubel, harga peralatan dari kayu cendana menjadi lebih tinggi. Hal tersebut menjadikan berbagai peralatan yang menggunakan bahan baku kayu cendana berkesan mahal dan mewah, serta bisa meningkatkan prestise.

6. Melancarkan Buang Air Kencil

Minyak yang berasal dari pohon cendana pun dapat membantu melancarkan proses buang air kecil. Dimana minyak cendana bisa menekan rasa nyeri saat melakukan ekskresi atau buang air kecil. Dengan begitu, kayu cendana sangat berguna untuk penderita gangguan buang air kecil.

7. Bahan Dasar Kerajinan Tangan

Disamping sebagai bahan dasar meubel atau furniture, kahu cendana pun dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan tangan beserta hiasan, diantaranya ukiran dan keris. Manfaat kayu cendana ini tentu membuat pohon cendana sangat diperlukan.
loading...