6 Manfaat daun jarak yang perlu anda ketahui

Advertisement
Manfaat daun jarak sebenarnya sudah begitu familiar bagi masyarakat Indonesia, terutama sebagai obat herbal. Untuk itu, tanaman ini banyak diincar masyarakat sebab dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Manfaat daun jarak
image by wikimedia.org

Dari dulu, tanaman ini memang telah menjadi rebutan dari para penjajah. Sebab tanaman jarak mempunyai manfaat menyeluruh, mulai dari bagian daun, buah hingga bijinya. Bahkan tak sedikit penelitian mengenai minyak jarak, dimana pasalnya bisa dijadikan sebagai salah satu bahan bakar alternatif.

Kandungan Pohon Jarak

Di bawah ini terdapat beberapa senyawa baik yang ada pada tanaman jarak, seperti akar, getah, batang, biji sampai daunnya :

  • Kandungan daun jarak, di dalamnya terdapat senyawa sitosterol, kaemfesterol, teraksrol, dan amirin.
  • Kandungan getah tanaman jarak, memiliki kandungan saponin dan flavonoid yang dilengkapi kandungan jatrophie bersifat anti jamur.
  • Biji tanaman jarak, sudah ditemukan berbagai kandungan beta glukanase, dengan aktivitas toksalbumin, antijamur, dan juga cucin yang tak hanya beraktivitas sebagai antijamur saja, melainkan kandungan senyawa tersebut pun bermanfaat untuk dijadikan senyawa antikanker.
  • Kulit batang pada jarak pagar, memiliki kandungan saponin, resin, malam dan tannin.
  • Ampas biji jarak hasil perasan minyaknya memiliki kandungan kalium, fosfat dan nitrogen.

Kandungan Daun Jarak

Tanaman jarak adalah sejenis tanaman yang akan berbuah di tiap tahunnya memiliki batang yang berbuku-buku dan berongga. Ukuran daun jarak ini memang tak begitu besar, cenderung sedang dengan warna hijau agak kekuningan tapi ada juga jenis yang warnanya merah. Tanaman jarak pun biasa disebut sebagai jarak pagar sebab suka ditanam di area pekarangan dengan ketinggian yang menyerupai tinggi dari pagar rumah.

Sama halnya dengan khasiat dari berbagai tumbuhan herbal lain, daun jarak juga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman jarak mempunyai kandungan senyawa yang penting di dalamnya, sehingga efektif untuk dijadikan obat herbal berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Jarak Sebagai Pengobatan

Tak hanya dikembangkan sebagai bahan bakar alternative, ternyata manfaat daun jarak juga sudah banyak diaplikasikan sebagai pengobatan herbal. Di bawah ini, terdapat beberapa khasiat dari daun jarak yang digunakan sebagai obat herbal :

1. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat daun jarak yang pertama yaitu untuk menyembuhkan sariawan. Caranya, pertama-tama bersihkan terlebih dulu sariawan di mulut dari air liur, agar getah pada tanaman jarak melekat baik, kemudian patahkan pada sisi batang bagian tanaman jarak, lalu teteskan getahnya ke sisi bagian sariawan yang luka. Kemudian diamkan sampai mengering sedikit, untuk pengobatan sariawan yang optimal lakukan berulang kali agar cepat sembuh.

2. Mengobati Susah BAB

Daun jarak sangat berguna melancarkan buang air besar. Untuk mengobati susah BAB manfaatkan daun jarak yang masih segar. Caranya ambil beberapa lembar daun jarak segar lalu kukus. Daun jarak tersebut bisa dimakan untuk dijadikan lalapan. Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif melancarkan BAB Anda.

3. Menurunkan Demam Pada Bayi

Daun jarak juga bermanfaat untuk menurunan demam pada bayi. Caranya ambil 2-3 lembar daun jarak bersih dan segar. Selanjutnya oleskan minyak goreng, kemudian panaskan daun tepat di atas api pada kompor selama 2 menit hingga panasnya secara merata. Lalu tempatkan daun di bagian punggung dan perut bayi supaya tak mudah lepas, bisa dipasangkan pula pada gurita bayi.

4. Mengatasi Kurap

Manfaat minyak jarak juga sangat baik untuk mengatasi kurap maupun permasalahan kulit lainnya. Asam undesilat sebagai senyawa aktif ditemukan pada minyak jarak, dimana senyawa tersebut bisa membantu mengatasi kurap. Adapun caranya, cuci terlebih dulu daun jarak ke dalam air lalu rendam pada minyak kelapa hingga beberapa jam lalu panaskan. Letakkan pada bagian atas kulit tertentu yang kurap lalu tutup menggunakan kain katun. Diamkan sampai semalaman, sebelum akhirnya dibuka. Anda bisa mengulangi cara tersebut hingga kulit sembuh.

5. Sebagai Obat Reumatik

Untuk mengobati reumatik, siapkan daun jarak yang segar dan tua. Kemudian cuci bersih lalu tumbuk halus dicampurkan dengan air seperlunya. Selanjutnya lumuri tubuh yang tengah terserang reumatik, maupun terkena gatal, eksim dan sebagainya. Bisa juga dengan cara dikompres, kemudian diamkan hingga beberapa jam kemudian ganti lagi dengan yang masih baru.

6. Memperbesar Bagian Alat Vital

Daun jarak tak hanya bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, tetapi juga dapat membesarkan alat vital pria. Caranya sangat mudah, ambil sebanyak 10 helai daun jarak lalu batangnya dengan campuran 1 buah jeruk nipis. Tumbuk keduanya sampai halus, kemudian lakukan pemijatan terlebih dulu pada penis atau alat vital pria memakai minyak zaitun sampai terasa hangat. Kemudian lakukan pemijatan menggunakan ramuan daun jarak tersebut. Untuk 1 ramuan dapat diaplikasikan untuk 3 kali pemijatan.

Efek Samping Tanaman Jarak

Selain manfaat daun jarak seperti yang sudah dijelaskan di atas, kita juga harus mengenali efek samping tanaman jarak. Efek saming paling utama pada tanaman jarak tersebut biasanya terdapat pada bagian minyaknya, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan hingga reaksi kulit. Minyak jarak kemudian dipecah usus kecil kemudian diubah sebagai asam risinoleat lalu bertperan sebagai iritan pada lapisan usus.

Share this