7 Manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh

Advertisement
Manfaat jeruk bali memang sangat banyak, tidak hanya berguna untuk kecantikan, namun juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Jeruk bali merupakan salah satu jenis jeruk yang mempunyai ukaran lebih besar, jika dibandingkan dengan jeruk lainnya.

Manfaat jeruk bali
image by wikimedia.org

Ukuran buah jeruk bali ini sebesar buah melon atau semangka dengan bentuk yang bulat. Jeruk bali memiliki isi dengan warna yang berbeda-beda seperti, coklat, merah, hijau maupun putih. Buah yang tumbuh di kawasan asia ini, sangat popular di setiap kalangan masyarakat.  Jeruk bali kaya akan kandungan vitamin C yang sangat diperlukan oleh badan. Agar anda tidak salah dalam memahami khasiat dan manfaat dari jeruk bali, maka disini akan dibahas beberapan manfaat jeruk bali bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Di dalam jeruk bali terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak , tidak hanya itu saja jeruk bali juga memiliki kandungan kalium. Kalium di dalam jeruk bali berguna untuk menangkal dan mencegah pertumbuhan sel kanker. dengan adanya antioksidan dan kalium di dalam jeruk bali, akan sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga bisa mencegah penyakit kanker pada tubuh.

2. Menurunkan kolesterol di dalam tubuh

Jeruk bali mempunyai kandungan senyawa yang disebut pectin. Senyawa penctin yang terdapat di dalam jeruk bali ini, dipercaya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan menurunkan kolesterol dari dalam tubuh, maka tubuh akan terhindar dari penyakit kronis, karena biasanya penyakit kronis diakibatkan oleh berat badan bertambah atau kegemukan.

3. Mencegah penyakit jantung

Jeruk bali memang memiliki kandungan pectin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Namun tidak hanya itu saja, pectin yang terdapat di dalam jeruk bali juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan terjaganya kesehatan jantung, maka anda akan terhindar dari kemungkinan terjadinya serangan jantung yang sangat berbahaya bagi tubuh, dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, agar jantung anda tetap terlindungi dan sehat, anda harus mengonsumsi jeruk bali ini secara teratur dan rutin.

4. Membersihkan sel darah merah

Manfaat jeruk bali tidak hanya untuk meningkatkan sel darah merah saja. Namun juga bisa mencegah gejala penyakit anemia, serta membersihkan sel darah merah. Karena di dalam jeruk bali terdapat kandungan zat aktif yang sangat efektif untuk bisa membersihkan sel darah merah yang ada di dalam tubuh.

5. Mencegah sariawan

Salah satu manfaat jeruk bali yang sudah banyak di ketahui oleh setiap orang adalah mampu mencegah sariawan. Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat menyembuhkan sariawan dan menjaga mulut tetap sehat. Biasanya segala macam infeksi yang ada di mulut dan sariawan muncul karena kurangnya vitamin C.

6. Mencegah hipertensi

Hipertensi merupakan suatu penyakit yang muncul karena tekanan darah yang sangat tinggi. Bagi anda yang menderita hipertensi, jika mengonsumsi jeruk bali akan membuat tubuh anda kuat untuk dapat melawan penyakit hipertensi. Karena di dalam jeruk bali juga terdapat kandungan gizi sehingga mampu mengontrol tekanan darah serta dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh anda.

7. Sebagai anti bakteri

Manfaan jeruk bali lainnya adalah membunuh dan membuang bakteri jahat yang ada di dalam tubuh. Kandungan anti bakteri yang ada dalam jeruk bali mampu menjaga tubuh tetap sehat, dan terhindar dari kuman dan bakteri jahat.
loading...

Share this