8 Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan

Advertisement
Manfaat daun sambiloto juga banyak diaplikasikan untuk berbagai macam pengobatan herbal. Sambiloto merupakan tanaman dengan nama ilmiah Andrographis Paniculata Ness. Dimana tumbuhan ini adalah tumbuhan berkhasiat sebagai obat herbal yang berbentuk ternak tegak dengan ketinggian hingga 90 cm. Adapun asal mula tanaman tersebut berasal dari bagian Asia Tropica. Mulai dari India hingga meluas menuju bagian selatan di Siam, lalu ke timur hingga ke Semenanjung Malaya, kemudian ditemukan di pulau Jawa.

Manfaat daun sambiloto
image by wikimedia.org


Tentang Tanaman Sambiloto

Sambiloto merupakan sejenis tumbuhan liar dengan mempunyai banyak khasiat, yakni bisa mengobati berbagai penyakit. Disebabkan sebagai tumbuhan liar, tanaman sambiloto juga bisa dijumpai di berbagai tempat seperti tepi sungai, kebun, lahan kosong yang bersifat lembab, hingga pekarangan rumah. Daun sambiloto sendiri memiliki kandungan flavonoid dan lactone. Dimana lactone didapatkan dari bagian daun beserta cabangnya, dengan masing-masing memiliki kandungan 14 deoxy n, andropraholide, homoandrographolide dan 12 didehydroandrographolide. Ada pula kandungan aldehid, keton, alkane, damar dan asam kersik.

Sementara flavonoid sendiri umumnya didapatkan pada bagian akar, diantaranya andrgrafin, polimetoksiflavon, mono-0-metilwithin, 4-dimetiler, apigenin-7, dan pan ikulin. Ciri-ciri dari tanaman ini mempunyai daun tunggal yang bertangkai pendek, dengan letak berhadapan secara silang, memiliki pangkal runcing, berbentuk lanset, mempunyai tepi rata, bagian ujung meruncing dengan permukaan atas berwarna hijau tua.

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Dengan kandungan senyawa baik yang dimilikinya, berikut beberapa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan :

1. Mengatasi Tifoid

Daun sambiloto bermanfaat untuk mengobati tifoid. Adapun caranya yaitu dengan mengambil daun sambiloto yang masih segar sekitar 10-15 lembar. Lalu rebus ke dalam 2 gelas air sampai tersisa hingga 1 gelas saja. Sesudah dingin, lalu disaring dan tambahkan dengan madu asli seperlunya saja. Selanjutnya dapat diminum secara langsung. Untuk hasil yang maksimal dapat melakukannya selama 3 kali dalam sehari.

2. Menormalkan Hipertensi

Manfaat daun sambiloto lainnya yaitu untuk menormalkan tekanan darah. Sambiloto mengandung senyawa kalium yang bisa berperan sebagai penormal tekanan darah. Berdasarkan hasil penelitian farmakologi yang menunjukkan bahwa hasil rebusan dari daun sambiloto sekitar 10% untuk takaran sebanyak 0,3 ml/kg bobot badan bisa memberikan penurunan pada kadar gula dalam darah sebanding pemberian suspense dari glibenclamid.

3. Menurunkan Demam dan Meredakan Sakit Tenggorokan Akibat Tonsilitis

Pada beberapa penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa dengan dosis tinggi penggunaan daun sambiloto sekitar 6 gram per harinya akan berkhasiat sama seperti khasiat acetaminophen atau parasetamol untuk menurunkan demam serta meminimalisir sakit di tenggorokan sesudah 3-7 hari masa pengobatan.

4. Mengurangi Gejala Radang Usus

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengonumsi ekstrak daun sambiloto di tiap harinya hingga 8 minggu bisa meminimalisir gejala radang usus, dengan khasiat yang sama seperti pengobatan modern dengan Mesalamine.

5. Mengatasi Radang Paru

Manfaat daun sambiloto berikutnya adalah dapat mengobati dan mengatasi radang pada paru. Caranya ambil daun sambiloto kering sebanyak 9-15 gram. Kemudian rebus pada 3 gelas air sampai tersisa air rebusannya 1 gelas. Kemudian sesudah dingin dapat disaring. Selanjutnya air rebusan tadi dapat diminum 2 kali sehari, dengan masing-masing takaran ½ gelas.

6. Mengatasi Disentri

Untuk mengatasi disentri menggunakan daun sambiloto, siapkan terlebih dulu 500 gram herba krokot yang masih segar kemudian diuapkan hingga 3-4 menit, sesudah itu tumbuk lalu peras. Kemudian air perasannya ditambahkan oleh bubuk kering dari daun sambiloto sekitar 10 gram sembari diaduk sampai tercampur merata. Kemudian campuran tersebut dapat diminum 3 kali sehari untuk masing-masing 1/3 bagian.

7. Mengatasi TB Paru

Untuk mengatasi TB Paru, siapkan terlebih dulu daun samboloto kering lalu giling hingga berbentuk serbuk. Selanjutnya tambahkan dengan madu asli seperlunya lalu aduk sampai merata dan dibentuk pil berdiameter ½ cm. Pil tersebut lalu diminum dengan air matang 2-3 kali tiap harinya. Untuk 1 kali minum bisa menggunakan 15-30 pil.

8. Mengatasi sakit Gigi

Manfaat daun sambiloto selanjutnya yaitu mengatasi sakit gigi. Caranya yaitu dengan menyiapkan 9-15 daun sambiloto lalu rebus ke dalam 3 gelas air sampai tersisa satu gelasnya saja. Sesudah dingin lalu disaring, selanjutnya minum sekitar 2 kali dalam sehari untuk masing-masing sebanyak ½ gelas.

Share this