Sunday, February 12, 2017

9 Manfaat buah mentega untuk kesehatan

Advertisement
Buah mentega adalah sejenis buah kesemek. Tak hanya dikenal sebagai buah mentega, buah ini juga dinamakan sebagai buah bisbul, selain itu beberapa nama lainnya diantaranya marit, buah lemak, velvet apple dan kamagong. Ada banyak sekali nutrisi dan gizi yang terdapat pada buah mentega tersebut. Kandungan gizi tersebut diantaranya lemak, protein, serat, fosfor, kalsium, vitamin A, zat besi, vitamin C, riboflavin, dan tiamin.

buah mentega
image by wikimedia.org

Tentang Buah Mentega

Pohon buah mentega mempunyai banyak sekali manfaat untuk manusia, diantaranya sebagai pohon peneduh, dan seringkali dijumpai di area taman maupun pinggiran jalan raya. BUah mentega mempunyai diameter berukuran 12 cm, yang memiliki kulit buah berbulu halus dengan warna merah. Memiliki daging buah berwarna putih, cenderung kering, buah ini juga bertekstur sedikit keras. Dengan kandungan gizi yang dimilikinya, ternyata ada banyak sekali manfaat buah mentega yang belum banyak diketahui.

Manfaat Buah Mentega Untuk Tubuh

Beberapa manfaat dan khasiat buah mentega bagi tubuh, diantaranya :

1. Menjaga Kesehatan Sistem Cerna

Buah mentega mengandung serat cukup tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungan serat pada buah mentega, bisa membantu memperlancar sekaligus menjaga kesehatan system cerna, dengan begitu Anda pun bisa terhindar dari aneka macam gangguan penyakit yang berkaitan dengan system pencernaan. Seperti susah BAB, diare, radang lambung, radang usus, ambeien, dan wasir.

2. Menjaga Ketahanan Tubuh

Manfaat buah mentega berikutnya yaitu untuk menjaga serta meningkatkan daya imun tubuh. Adapun hal tersebut didapatkan dari aneka macam kandungan vitamin di dalam buah mentega, diantaranya vitamin A, vitamin C hingga berbagai macam mineral lainnya yang bisa membantu menjaga daya imun tubuh. Dengan begitu, manfaat ini sangat efektif mencegah berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya imun tubuh, seperti demam, dan influenza.

3. Mencegah Terjadinya Anemia

Buah mentega berkhasiat juga untuk mencegah berbagai gejala anemia (kekurangan darah). Zat besi pada buah mentega bisa membantu mencegah anemia di dalam tubuh.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat buah mentega ternyata juga berdampak baik bagi kesehatan jantung. Kandungan kalium yang banyak pada buah mentega bisa membantu peregangan pembuluh darah, menurunkan hipertensi dan mengurangi stress dalam system kardiovaskular. Selain itu, dengan kandungan serat pada buah mentega yang mellimpah juga dapat menurunkan kolesterol, dengan begitu bisa membantu meminimalisir risiko pembekuan darah, aterosklerosis, hingga serangan jantung. Dengan mengonsumsi buah mentega, maka kesehatan jantung pun bisa terjaga.

5. Menjaga Sirkulasi Darah

Zat besi dalam buah mentega memiliki zat besi melimpah, yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Kandungan zat besi pun dapat meningkatkan oksigenasi pada jaringan penting beserta kelompok otot, mempercepat penyembuhan jaringan sel, merangsang tumbuhnya rambut, serta meningkatkan efisiensi pada metabolism. Untuk Anda yang bermasalah dengan peredaran darah, tentu bisa mencoba mengonsumsi buah mentega.

6. Menyehatkan Pernafasan

Buah Mentega di Filiphina juga seringkali dimanfaatkan dalam meredakan sakit batuk, asma atau sesak dada. Dimana hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh kandungan vitamin beserta mineral yang tinggi di dalam buah  mentega, hal ini pulalah yang membuatnya berkontribusi besar terhadap peningkatan daya imun tubuh.

7. Menyehatkan Mata

Manfaat buah mentega berikutnya adalah untuk menyehatkan mata. Hal tersebut dikarenakan buah mentega mengandung vitamin A, sehingga sangat penting untuk menyehatkan mata serta bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang menyerang mata, baik katarak ataupun minus silindris.

8. Menyehatkan Kulit

Buah mentega pun mempunyai manfaat penting untuk perawatan kecantikan kulit. Hal tersebut dikarenakan kandungan berbagai macam vitamin pada buah mentega, berfungsi untuk menangkal paparan radikal bebas serta membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit. Selain itu juga sangat baik mencegah terjadinya penuaan dini. Buah mentega juga mencegah kekeringan pada kulit dan membantu mempertahankan elastisitas kulit.

9. Memperbaiki Kerusakan Sel Tubuh

Manfaat buah mentega berikutnya untuk memperbaiki sel tubuh yang telah rusak. Buah mentega mengandung sejumlah protein penting yang sangat baik bagi pertumbuhan sel-sel pada tubuh. Dimana protein tersebut sangat penting meregenerasi sekaligus memperbaiki terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh.
loading...