Efek Samping Penggunaan Paracetamol Untuk Tubuh

Paracetamol merupakan sejenis obat-obatan yang tergolong ke dalam kategori pereda rasa nyeri atau analgesik. Obat yang satu ini digunakan sebagai pereda rasa nyeri, mulai dari sakit ringan sampai menengah. Paracetamol pun biasanya digunakan sebagai obat penurun demam.

Efek Samping Penggunaan Paracetamol
image by wikimedia.org

Paracetamol dianjutkan dikonsumsi dengan dosis 500 mg sampai 1 gram untuk 4-6 jam sekali. Obat ini menekan rasa sakit lewat meminimalisir produksi zat prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin sendiri merupakan unsur yang telah dilepaskan oleh tubuh sebagai sebuah reaksi terhadap sakit yang diderita. Paracetamol berperan menghalangi produksi dari prostaglandin, jadi tubuh tak terlalu focus terhadap rasa sakit.

Mengenai Obat Paracetamol

Sebelum mengonsumsi obat paracetamol, ada baiknya untuk mengetahui kegunaan dan efek samping paracetamol. Paracetamol bisa dikatakan sebagai jenis obat paling umum dijumpai di pasaran dan dapat dibeli di apotek. Adapun jenis paracetamol sendiri dapat berbentuk cairan, kapsul hingga tablet. Adapun indikasi utama dari paracetamol sendiri yakni digunakan sebagai analgesic atau obat penurun panas serta bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit untuk berbagai jenis rasa sakit, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyero otot pasca trauma, nyeri akibat pilek, nyeri pasca operasi dan sebagainya.

Kegunaan Paracetamol

Kegunaan dan efek samping paracetamol sangat penting diketahui, sebab bisa menekan efek samping yang tak diinginkan bagi para penggunanya. Sebelumnya, mari kita simak kegunaan paracetamol terlebih dulu di bawah ini :

1. Mempunyai Anti Peradangan Rendah

Walaupun tergolong sebagai analgesic karena kemampuannya yang mampu meredakan nyeri. Akan tetapi, paracetamol tak mempunyai kandungan peradangan dan anti inflamasi, dengan begitu paracetamol tak bisa digunakan untuk mengobati peradangan. Obat paracetamol merupakan sejenis obat berbahan kimia dengan kategori analgesic yang mempunyai banyak manfaatnya.

2. Obat Penurun Demam

Kegunaan paracetamol untuk tubuh yaitu memiliki kemampuan untuk menurunkan demam dan panas. Dimana hal tersebut begitu penting, sebab paracetamol bisa membantu menormalkan sekaligus menurunkan temperature pada tubuh bagi siapa pun yang mengalami demam atau panas. Anda bisa mengonsumsi beberapa obat dengan kandungan paracetamol sesuai dosis yang disarankan. Dengan begitu dapat membantu mengatasi demam dan menurunkan suhu tubuh.

3. Meredakan Migrain

Seperti halnya pusing dan sakit kepala, Anda bisa meredakan gejala sakit kepala sebelah atau migraine memakai obat-obatan dengan kandungan paracetamol. Umumnya migraine bisa terjadi untuk kondisi tertentu, tapi tetap bisa redakan dengan mengonsumsi salah satu obat-obatan yang mengandung paracetamol di dalamnya.

4. Bisa Meredakan Nyeri Pada Otot

Kegunaan paracetamol pun bisa membantu meredakan rasanya nyeri pada otot maupun di bagian tubuh yang lainnya. Adapun hal tersebut dikarenakan paracetamol mengandung beberapa kandungan baik lainnya yang dapat menahan dan menekan rasa sakit dalam tubuh.

5. Meredakan Pegal Linu

Paracetamol juga memiliki kandungan yang bisa membantu menekan rasa sakit atau pegal-pegal pada salah satu bagian tubuh. Akan tetapi, hal tersebut hanya sebagai efek tambahan saja. Jika Anda tengah merasakan nyeri atau pegal-pegal, sebaiknya tidak langsung mengonsumsi obat dengan kandungan paracetamol. Ada baiknya untuk diistirahatkan terlebih dulu.

Efek Samping Paracetamol Untuk Tubuh

Selain kegunaan paracetamol, efek samping penggunaan obat ini juga perlu diketahui. Ada beberapa efek samping yang didapatkan jika mengonsumsi paracetamol, diantaranya :

1. Iritasi Lambung

Disebabkan lambung telah teriritasi, umumnya ketika buang air kecil dibarengi keluarnya darah, atau bisa saja ketika BAB keluar darah. Hal tersebut umumnya disebabkan sering meminum paracetamol, dengan begitu lambung akan mengalami iritasi. Maka dari itu, sebaiknya gunakan obat paracetamol seperlunya saja, dengan jangka pendek.

2. Mengurangi Zat Antioksidan Pada Tubuh

Efek samping penggunaan paracetamol berikutnya yaitu bisa mengurangi zat antioksidan pada tubuh. Jadi jika Anda sering meminum paracetamol, antioksidan pada tubuh pun bisa berkurang. Sedangkan antioksidan berguna membantu tubuh melawan paparan radikal bebas. Disamping itu, paracetamol pun bisa menyebabkan stress di paru-paru.

3. Perubahan Warna Pada Kulit atau Mata

BIla warna mata atau kulit berubah berwarna kuning, hal tersebut berarti organ hati sudah mengalami kerusakan. Adapun hal tersebut sudah pasti diakibatkan pemakaian paracetamol yang digunakan untuk jangka panjang. BIla sudah terjadi, sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter, lalu jangan lupa meminta solusi terbaik. Selain itu, sebaiknya hentikan penggunaan paracetamol tersebut.

4. Mudah Kelelahan

Efek samping dari penggunaan paracetamol berikutnya yaitu mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah, speerti halnya ketika menjalankan aktivitas. Adapun efek dari mudah lelah tersebut disebabkan penggunaan paracetamol dikonsumsi dengan terus menerus, seperti untuk mengatasi demam, badan panas dan lain sebagainya. Demi mengatasi hal tersebut, sebaiknya kurangi konsumsi obat paracetamol, hindari menggunakan obat tersebut tiap hari.

Itulah beberapa kegunaan dan efek samping paracetamol bagi tubuh jika dikonsumsi pada jangka panjang. Untuk itu, konsumsi paracetamol dengan tepat sesuai dosis dan anjuran, selain itu hindari penggunaan obat tersebut dalam jangka panjang.

Share this