10 Manfaat teh melati untuk kesehatan dan kecantikan

Advertisement
Teh melati adalah teh herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan anda. Teh melati adalah salah satu teh yang sangat populer di Cina. Teh ini pertama kali digunakan di bawah Dinasti Song. Selama waktu itu, teh melati disajikan untuk royalti. Ini awalnya muncul di Persia. Sekarang, karena produk teh melati banyak diekspor ke negara-negara Barat dan seluruh negara di dunia, maka kepopuleran teh ini juga sangat mendunia.

Manfaat teh melati
Image by pixabay.com

Teh melati memiliki aroma yang unik dan rasa yang sangat menyenangkan; Oleh karena itu, banyak orang yang suka minum teh melati ini. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat teh melati untuk kesehatan dan juga kecantikan, mari simak ulasannya berikut ini:

1. Menjaga kesehatan kulit wajah

Teh melati merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk kesehatan anda saja melainkan juga untuk kecantikan kulit wajah.  Ada sekian banyak manfaat yang luar biasa dari teh melati untuk kulit. Hal Ini menjadi alasan kenapa kita menemukan sebagian produk kosmetik menggunakan teh melati sebagai bahan utamanya. Selain dibuat menjadi teh Minyak dari melati juga sangat bermanfaat dalam mengurangi jerawat, luka pada kulit, stretch mark dan bekas luka seperti bopeng. Hal ini dikarenakan minyak melati mengandung antibakteri, antivirus dan antiseptik. Keduanya baik minyak maupun teh melati sama-sama memiliki senyawa aktif seperti asam benzoat, benzil benzoat, dan benzaldehida. Oleh karena itu, keduanya bukan hanya dapat melembabkan etapi juga meningkatkan elastisitas kulit Anda.

2. Melawan bakteri jahat

Teh melati sangat baik dikonsumsi secara rutin karena teh melati memiliki kemampuan dalam melawan bakteri jahat secara efektif. Selain itu, minum teh melati juga akan membantu merangsang pembentukan bakteri baik dalam tubuh Anda, dimana pada gilirannya hal ini akan membantu melindungi usus dan menjaga kesehatan pencernaan anda. bakteri baik dalam usus memainkan peran penting dalam mencegah kondisi seperti bisul dan IBS.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Salah satu manfaat teh melati yang sangat luar biasa adalah membantu menjaga kesehatan jantung anda. Saat diminum secara teratur teh melati bisa membantu menurunkan lemak jahat dan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, teh melati juga mengandung katekin yang menghentikan oksidasi LDL. Oksidasi LDL merupakan salah satu penyebab paling sering penyakit jantung. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 lalu, menemukan bahwa mengkonsumsi teh melati secara rutin dapat mengurangi penyakit jantung.

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain menambah aktivitas fisik dan menjaga pola makan mengkonsumsi makanan rendah lemak sekaligus tinggi antioksidan seperti teh melati merupakan cara efektif. Kandungan antioksidan dalam teh melati terbukti memainkan peran penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Metabolisme yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam penyerapan nutrisi. Hal ini akan berdampak anda tidak akan mudah lapar karena nutrisi anda sudah tercukupi.

5. Mampu mengurangi stres

Stres adalah masalah yang dapat menimpa siapa saja, meskipun terlihat ringan stres dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serius seperti stroke dan serangan jantung. Menghirup aroma dari teh melati dapat membantu menenangkan saraf, sehingga akan memperbaiki mood dan menurunkan detak jantung pada orang yang mengalami stres. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum menyeruput teh melati dianjurkan anda mencium aromanya terlebih dahulu.

6. Mencegah kanker

Tidak ada obat yang efektif dan secara lengkap untuk mengobati penyakit kanker. Oleh karena itu, para ilmuwan dan dokter selau menyarankan kepada kita untuk melakukan pencegahan  dengan menerapkan pola hidup sehat. Untuk mencegah penyakit kanker anda bisa memulai dengan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti keluarga berry atau teh melati. Selain teh melati hampir semua jenis teh pada umumnya mengandung tinggi antioksidan. Para ilmuwan dan peneliti telah menemukan hubungan yang erat antara konsumsi teh melati dan penurunan risiko penyakti kanker. Antioksidan yang dikandung dalam teh melati dapat mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

7. Mencegah penuaan dini

Semua orang pada umumnya ingin terlihat muda lebih lama. Namun, radikal bebas dapat menjadi penyebab penuaan lebih cepat dari seharusnya. Jika anda mencari solusi makanan yang memiliki manfaat sebagai anti-penuaan yang efektif, Anda bisa memilih teh melati. Teh melati yang sarat akan kandungan antioksidan bisa berguna untuk mencegah kerusakan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Radikal bebas selain dapat mempercepat proses penuaan juga berkontribusi besar dalam meningkatkan risiko penyakit kanker dalam tubuh Anda. Untuk mendapatkan manfaat teh melati yang nyata anda bisa mengkonsumsinya secara rutin di pagi hari.

8. Membantu Mencegah flu 

Flu pada umumnya bukanlah penyakit berbahaya. Mereka memiliki gejala yang sama seperti sakit tenggorokan dan batuk. Flu secara umum disebabkan oleh virus dan bakteri. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah secara umum lebih rentan menderita flu. Banyak beristirahat dan mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter mungkin dapat meringankan gejala tidak nyaman penyakit. Meskipun flu dan pilek dapat disembuhkan, Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Karena jika tidak diobati, biasa saja flu dapat menyebabkan komplikasi fatal. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika teh melati memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus dimana keduanya sangat penting sekali untuk mencegah flu dan penyakit lain terkait penurunan daya tahan tubuh.

9. Membantu meringankan diabetes

Teh melati adalah obat alami untuk meringankan penyakit diabetes. Dalam sebuah penelitian menemukan setelah minum secangkir teh melati, pasien yang menderita diabetes dapat menemukan bantuan yang signifikan. Teh melati mampu membantu mengatur protein dalam tubuh. Bukan hanya itu teh melati juga efektif dalam mengurangi kadar glukosa dalam darah anda. Tingginya kadar glukosa dapat menyebabkan diabetes.

10. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Ada banyak manfaat yang luar biasa dari teh melati untuk kesehatan mulut. Diketahui jika teh melati dapat mencegah kerusakan pada gigi, menghilangkan plak gigi, penyakit gusi, dan mengurangi bau mulut. Senyawa yang hadir dalam teh melati memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri di mulut Anda dan menghentikan peradangan di sekita mulut. Minum teh melati dapat mengurangi keasaman saliva, menghilangkan plak dan mengontrol pertumbuhan bakteri di mulut Anda. Sehingga membuatnya menjadi obat yang baik untuk gigi berlubang. Untuk mencegah kerusakan gigi dan rongga, Anda dapat minum teh melati setiap hari atau menggunakannya untuk berkumur selama 3 menit.
loading...

Share this