15 Manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan

Minyak jarak memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit wajah. Minyak jarak sering ditambahkan ke berbagai produk sabun, kosmetik, minyak pijat, dan obat-obatan karena memiliki banyak manfaat. Sebagian besar manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan didapat karena adanya kandungan asam lemak tak jenuh.
Manfaat minyak jarak
image by stylecraze.com

Minyak jarak dapat digunakan secara internal maupun eksternal. Penggunaan minyak ini dapat memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan juga mengobati berbagai macam penyakit seperti Parkinson, multiple sclerosis, rambut rontok, cerebral palsy, rematik dan radang sendi. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat minyak jarak bisa anda baca dalam artikel berikut ini:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat memainkan peran penting dalam melindungi tubuh Anda terhadap serangan penyakit. Untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh anda bisa mengkonsumsi minyak jarak secara rutin dengan dosis yang tepat. Penggunaan minyak jarak bermanfaat meningkatkan produksi sel darah putih, dimana hal ini sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi, and juga bisa menerapkan minyak jarak pada luka.  24 jam setelah penggunaan minyak jarak ini biasanya tubuh akan mengalami peningkatan produksi sel darah putih.

2. Menghilangkan tahi lalat dan kutil

Minyak jarak dianggap sebagai obat alami yang cukup efektif untuk menghilangkan tahi lalat dan kutil. Untuk melakukannya anda hanya perlu menggosok minyak jarak di daerah kulit yang terdapat kutil atau tahi lalat selama beberapa menit.

3. Membantu proses persalinan

Asam risinoleat yang ditemukan dalam minyak jarak memiliki kemampuan merangsang kontraksi pada wanita hamil, hal ini bisa dimanfaatkan oleh wanita yang sudah memasuki waktu melahirkan. Namun, sebelum menggunakan minyak jarak untuk kepentingan persalinan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah efek samping.

4. Mengurangi alergi

Apakah anda memiliki pengalaman dengan alergi? Konsumsi minyak jarak dapat mengurangi gejala alergi dan demam, dimana ini merupakan salah satu manfaat minyak jarak yang cukup mengagumkan. Minyak jarak memiliki sifat anti-alergi yang sangat baik digunakan bagi mereka yang mengalami alergi.

5. Membantu mengatasi kurap

Kurap adalah infeksi jamur kulit yang dapat diobati dengan obat anti-infeksi. Minyak jarak mengandung asam undercylenic yang memiliki kemampuan dalam mengobati infeksi jamur kulit seperti kurap.

6. Membantu mengatasi sembelit

Manfaat minyak jarak yang selanjutnya adalah membantu mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Minyak jarak memiliki sifat pencahar yang kuat sehingga membuatnya menjadi obat alami yang efektif untuk sembelit. Untuk memanfaatkan minyak jarak dalam mengobati sembelit anda bisa mengkonsumsi satu sendok teh minyak jarak di pagi hari. Wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi minyak jarak karena dikhwatirkan akan membahayakan kondisi kehamilannya karena minyak jarak dapat merangsang kontraksi.

7. Mengobati nyeri otot secara alami

Salah satu manfaat minyak jarak yang patut anda perhitungkan adalah kemampuannya dalam nyeri. Minyak jarak tidak hanya meredakan nyeri arthritis tetapi juga meredakan nyeri otot. Hal ini dikarenakan minyak jarak memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi cairan dalam tubuh. Minyak jarak dianggap sebagai minyak pijat yang ideal yang mampu meredakan nyeri. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menambahkannya dengan minyak peppermint.

8. Membantu mengatasi insomnia

Kurang tidur sering menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Mendapatkan istirahat yang cukup melalui tidur nyenyak tanpa gangguan selama minimal 7 jam sehari sangat penting untuk meningkatkan kesehatan anda. Penggunaan minyak jarak dapat membantu mempermudah tidur anda.

9. Membantu mencegah dan meringankan penyakit parkinson

Penyakit parkinson merupakan suatu gangguan yang terjadi pada sistem saraf, dimana penyakit ini sering dialami oleh lansia. Penderita penyakit Parkinson biasanya mengalami kesulitan saat bergerak dan bertindak. Penyakit Parkinson mempengaruhi gerakan dan membuat tubuh menjadi kaku. Penggunaan minyak jarak dapat mencegah sekaligus meringankan gejala penyakit Parkinson. Menurut beberapa penelitian, kandungan antioksidan dan asam lemak tak jenuh dalam minyak jarak bermanfaat melonggarkan kekakuan pada penderita penyakit parkinson.

10. Mencegah dan mengurangi Multiple sclerosis

Multiple sclerosis disebabkan oleh degenerasi dan peradangan myelin di sumsum tulang belakang dan otak. Penderita penyakit ini mengalami beberapa masalah pada kesehatan seperti kelelahan, kelemahan tubuh, usus, menurunnya visual dan masalah keseimbangan. Mereka biasanya juga menderita gangguan kognitif dan emosional. Minyak jarak mengandung sifat anti-inflamasi dan kaya akan asam lemak yang dapat membantu mencegah dan meringankan Multiple sclerosis.

11. Meringankan migrain (sakit kepala sebelah)

Migrain biasanya sangat mengganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan membuat kepala seperti berdenyut. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala semacam ini selama hidupnya. Selain rasa sakit yang cukup menyiksa migrain kadang juga dibarengi dengan muntah, mual, dan meningkatnya kepekaan terhadap suara dan cahaya. Penggunaan minyak jarak dapat mengurangi gejala migrain dengan meningkatkan sirkulasi sistem kekebalan tubuh.

12. Mengatasi gangguan menstruasi pada wanita

Manfaat minyak jarak sangat banyak sekali untuk kesehatan wanita. Misalnya, penggunaan minyak jarak efektif dalam mengobati dan mencegah gangguan menstruasi seperti perdarahan abnormal uterus, sindrom pramenstruasi, dismenore, dan gangguan dysphonia pramenstruasi. Masalah-masalah ini dapat disebabkan oleh hormon reproduksi, ketidakseimbangan hormon, estrogen, atau kondisi medis tertentu. Apapun penyebab gangguan menstruasi, minyak jarak adalah obat yang efektif untuk gangguan menstruasi yang berbeda. Minyak jarak membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh gangguan menstruasi. Selain itu, penggunaan kastor menghilangkan kista dan fibroid.

13. Melembabkan kulit wajah

Minyak jarak dapat digunakan sebagai pelembab kulit wajah alami yang aman tentunya. Ketika diterapkan langsung ke kulit wajah, minyak jarak dapat membantu menjaga kelembaban kulit secara alami. Ini adalah alasan mengapa minyak jarak sering ditambahkan ke banyak produk perawatan kulit saat ini.

14. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Penggunaan minyak jarak dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat rambut anda lebih tebal, Anda bisa menggunakan minyak jarak sebagai bahan perawatan. Terapkan minyak jarak ke kulit kepala anda secara perlahan sambil sedikit memijat, lakukan keramas seperti biasa untuk membersihkan sisa minyak jarak. Anda akan bisa merasakan manfaat penggunaan minyak jarak ini sekitar 2 minggu pemakaian.

15. Mengatasi ketombe pada rambut 

Minyak jarak adalah obat alami yang sangat menguntungkan untuk menyingkirkan ketombe dari kulit kepala anda. Minyak jarak secara alami memiliki sifat anti-bakteri dan anti jamur. Saat diterapkan ke kulit kepala minyak jarak membersihkan ketombe dan mencegahnya muncul kembali. Untuk hasil yang lebih baik, anda dapat mencampur minyak jarak dengan minyak zaitun dan jus lemon sebelum mengaplikasikannya. Setelah penerapan merata diamkan selama minimal 30 menit sebelum keramas. Penggunaan minyak jarak bukan hanya bermanfaat menghilangkan ketombe di kulit kepala tetapi juga membuatnya lebih sehat.

Share this