5 Bahan alami untuk mengatasi keputihan

Advertisement
Keputihan seringkali terjadi pada wanita hampir setiap hari atau menjelang menstruasi atau pasca menstruasi. Bahan alami untuk mengatasi keputihan menjadi suatu cara semua wanita dalam mengalami keputihan. Keputihan merupakan infeksi miss v dan bagian luar genital yang disebabkan oleh jamur.

image by wikia.nocookie.net

Namun keputihan ini bersifat fisiologis dan patologis/penyakit. Keputihanpun mempunyai beberapa karakter dan ketika setiap keputihan berbeda berarti menandakan kondisi kesehatan reproduksi wanita. Jika keputihan keluar saat terjadinya rangsangan, emosional, dan rasa lelah maka keputihan tersebut bersifat fisiologis. Namun, jika keputihan datang disertai bau yang tidak sedap, rasa gatal, kekuningan dan keluar secara berlebihan maka bersifat patologis (penyakit).

Faktor Penyebab Keputihan

Penderita keputihan biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: hamil, berat badan berlebihan, usia subur, kencing manis, penyakit kelamin, penggunaan pil KB yang berlebihan, memakai celana ketat dan menggunakan pembilas miss v yang sering dijual di pasaran. Produk pembilas miss v bisanya berdampak pada PH miss v wanita. Maka berhati-hatilah menggunakan produk dan hindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan keputihan yang terjadi akibat patologis (penyakit).

Pada saat mengalami keputihan maka dianjurkan untuk menjaga kebersihan celana dalam dan luar yang dipakai, rajin mengganti pembalut, dan rajin membersihkannya serta minum ramuan dari bahan alami yang dapat meminimalisir keputihan yang terjadi.

Cara Mengobati Keputihan dengan Bahan Alami

Cara mengobati keputihan secara alami yaitu dapat menggunakan ramuan-ramuan tradisional seperti tumbuh-tumbuhan yang tidak mempunyai efek samping pada tubuh atau organ vital. Karena letak mahkota emas wanita berada pada organ vital yang ia punya. Biasanya, ramuan-ramuan tradisional ini dapat di racik dengan mudah. Berikut bahan alami untuk mengatasi keputihan :

1. Biji Fenugreek

Biji fenugreek dapat digunakan untuk mengobbati keputihan. Biji fenugreek inni dapat meningkatkan PH dalam miss v. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara meracik biji fenugreek ini dengan merendam satu sendok biji fenugreek dalam air hangat selama 24 jam, kemudian saring, dan tambahkan satu sendok maka, kemudian air diminum saat pagi sebelum makan.

2. Daun Sirih

Kita juga dapat menggunakan rebusan daun sirih sebagai pengobatan dan mencegah keputihan. Caranya dengan merendam daun sirih secukupnya selama satu atau dua jam. kemudian rendaman daun sirih tersebut digunakan untuk membersihkan miss v. Nah, biasanya bahan daun sirih ini sudah bisa di dapatkan di pasaran. Pilihlah kadar dengan PH yang tidak terlalu tinggi, agar tidak merusak ekosistem dalam miss v.

3. Kunyit

Kunyit mengandung bahan anti bakteri berbahaya yang dapat menyembuhkan keputihan abnormal. Kunyit yang digunakan adalah kunyit yang sudah berusia satu tahun. Cara meraciknya yaitu dengan mengambil dua rimpang kunyit. Satu genggam daun beluntas, satu genggaman buah asam dan satu potong gula aren. Bahan-bahan tersebut direbus dengan satu liter air sampai mendidih kemudian saringdan minum air sraingan tersebut satu gelas setiap hari.

4. Jus Kemangi dan Susu 

Jus kemangi dan susu dapat mengobati keputihan. Kemangi dipercaya sebagai tanaman obat yang dapat membantu mengatasi keputihan secara alami. Salah satu manfaat daun kemangi didapat karena mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan rongga serta mengubah kondisi PH miss v. Masalah PH yang tidak seimbang terjadi saat pra atau pasca menstruasi. Kita bisa mencoba merendam beberapa daun kemangi dan dicampurkan dengan satu gelas susu rendah lemak. Gunakan metode ini selama satu atau dua minggu setelah terapi.

5. Bawang Putih

Manfaat bawang putih sudah dipercaya sejak dulu. Ambillah satu siung bawang putih, kemudian kupas kulitnya dan potong menjadi dua bagian. Sebelum tidur pada malam hari, letakkan potongan bawang putih tersebut di atas miss v sampai pagi. Satu siung bawang putih dapat menyembuhkan infeksi atau bakteri akibat jamur dalam miss v.

Bahan alami untuk mengatasi keputihan tersebut dapat kita coba sebagai ramuan wanita tradisional untuk menyelamatkan mahkotanya dari penyakit atau bakteri.

Share this