Tips yang harus Anda lakukan sebelum membuat sebuah toko online


Seiring semakin pesatnya perkembangan teknologi berjualan melalui dunia maya atau menggunakan toko online menjadi sangat digemari. Selain sangat mudah, menggunakan toko online juga relatif minim biaya dibandingkan harus membuka lapak. Selain itu, berjualan secara online juga tidak membuang banyak waktu karena Anda tidak harus selalu menunggu toko anda. Cukup dengan meninggalkan nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi dan jika ada pembeli yang ingin membeli barang anda maka dia tinggal menghubungi nomor tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat sebuah toko online ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukannya, berikut diantaranya:

1. Pertama siapkan domain Anda terlebih dahulu

Sebelum anda membuat website atau blog untuk jualan hal yang harus anda lakukan adalah menentukan nama domain terlebih dahulu. Nama domain ini biasanya mewakili dari apa yang Anda jual. Misalnya saja jika hendak berjualan baju maka kata baju harus masuk dalam nama domain yang akan anda buat. Jadi Anda bisa membuat domain bajumurah.com, jualbajumurah.com dan sejenisnya. Pemilihan nama domain ini selain bertujuan untuk mempermudah pengunjung dalam memahami tema dari situs Anda juga akan memberikan nilai lebih tersendiri di mesin pencari.

Selain itu, pilih domain murah tapi tidak murahan, maksudnya adalah anda jangan membeli domain yang memiliki ekstensi seperti xyz, .biz, dan ekstensi lainnya yang kurang begitu terkenal. Domain tersebut memang memiliki harga murah tetapi terkadang orang hanya mengenali beberapa domain yang sudah tenar seperti misalnya .com, .net, co.id, dan .id. Jadi yang saya maksud dengan domain murah adalah Anda harus membeli domain di tempat pembelian domain yang memang menyediakan harga miring tetapi dengan kualitas yang baik.

2. Pilih penyedia layanan hosting yang bisa diandalkan

Web hosting adalah sebuah jasa penyewaan server dan aplikasi/softwarenya untuk keperluan web server. Jadi secara definisi bisa dikatakan web hosting merupakan sebuah tempat atau layanan untuk keperluan web server. Jadi memilih tempat penyedia layanan hosting yang baik sangat diperlukan sekali. Salah satu tempat yang cukup baik untuk menyewa web hosting adalah niagahoster. Selain bisa diandalkan di niagahoster juga memiliki pelayanan yang memuaskan.

3. Pilih jasa penyedia hosting Indonesia

Kenapa penyedia layanan hosting harus dari Indonesia? Sebenarnya ada banyak alasan, diantaranya adalah hosting Indonesia biasanya memiliki kemudahan dalam hal berkomunikasi dengan pihak costumer service. Jika anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik mungkin tidak begitu masalah, Akan tetapi jika bahasa Inggris Anda pas-pasan pastinya akan sangat kesulitan sekali jika memilih jasa penyedia hosting dari luar. 
Komunikasi yang baik antara kita dan jasa penyedia hosting sangat penting sekali karena untuk mempermudah dalam menangani setiap masalah yang ada. Selain itu, belajarlah untuk mencintai produk dalam negeri karena dengan membeli atau menyewa hosting dari dalam negeri maka Anda akan membantu pertumbuhan perekonomian dalam negeri. 

4. Pilih ekstensi domain ID 

Sebenarnya hal ini bukan sesuatu yang mutlak akan tetapi sangat direkomendasikan Jika anda ingin membangun sebuah toko online. Ekstensi domain secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli anda. Misalnya saja .co.id dimana ekstensi ini menjadi salah satu yang paling populer untuk berjualan. Karena untuk membeli domain berekstensi .co.id anda harus mempersiapkan KTP, NPWP, dan juga SIUP. Syarat-syarat yang diberikan tersebut akan membuat toko online anda lebih terpercaya karena dianggap memiliki dokumen-dokumen yang lengkap. 

5. Pilih CMS yang populer 

Salah satu CMS yang paling populer adalah WordPress. Kenapa harus menggunakan WordPress dan bukan yang lain?. Hal ini dikarenakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah WordPress . Jadi dengan demikian anda akan lebih mudah dalam menemukan berbagai macam fasilitas seperti plugin yang disediakan oleh para Developer. Selain itu, dengan memilih CMS yang populer maka anda akan menemukan banyak tutorial yang akan membantu dalam membangun toko online anda, atau mengatasi masalah jika terdapat kendala.

6. Pilih tema yang menarik 

Pemilihan tema yang menarik sangat penting sekali karena tema bukan hanya sekedar keindahan saja akan tetapi juga mewakili kredibilitas situs. Tema yang terlihat profesional akan membuat situs Anda dianggap dikelola dengan baik atau profesional pula. Selain itu, pilih tema yang fast loading atau tidak lola karena hal ini tentunya akan membuat pengunjung anda tidak nyaman.

Share this